Sering Bengong dan Hilang Fokus? Lakuin 5 Cara Ini Buat Tingkatkan Konsentrasimu

17 Maret 2018
|Muhammad Multazam

Menjaga pikiran supaya bisa tetap fokus itu sama pentingnya dengan menjaga semangat. Dua hal ini saling berkaitan satu sama lain. Di saat kita sedang semangat-semangatnya namun fokus teralihkan, hasilnya akan nihil. Begitu juga sebaliknya, saat sedang fokus-foskunya, namun tidak ada semangat juga akan nol besar.

Untuk menjaga konsentrasi, ada juga rumus yang harus kamu hafalkan. Tidak cuma diingat, tapi juga perlu dipraktikkan secara rutin. Cara gimana? Yuk langsung cari tahu, karena di bawah ini ada banyak bocorannya!

1. Jangan lupa istirahat dan tidur yang cukup

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa satu hal yang sangat berdapak untuk meningkatkan konsentrasi adalah dengan istirahat yang cukup. Jadi intinya adalah, apa pun kerjaannya, berikan reward kepada tubuhmu untuk beristirahat secukupnya. Tidak lain adalah supaya konsentrasi dan dan fokusmu bisa tetap terjaga.

2. Jadilah seorang perencana yang baik

Faktor lain yang bisa saja membuat fokus hilang adalah tidak adanya perencanaan waktu yang baik dan tertata. Entah itu rencana yang dibuat setiap jam, hari, atau bulanan. Ternyata hal ini penting juga, lho. Karena kalau kamu tidak bikin catatan seperti ini, hari-harimu akan terasa seperti hilang arah. Kalau hilang arah dan tidak ada pegangan, untuk konsentrasi saja susahnya minta ampun.

3. Lingkungan yang baik akan membuat fokusmu terjaga

Lingkungan yang kamu pilih untuk menghabiskan sebagian besar waktumu tiap hari juga memiliki peran penting untuk menjaga konsentrasi pikiranmu. Jika suasana sekitarmu sudah tidak kondusif, nggak heran kalau kamu akan kena imbasnya juga. Sebisa mungkin, buat pikiranmu tenang supaya nggak sulit untuk tetap berpikir dengan jernih.

4. Berolahragalah kapan pun kamu sempat

Faktor pendukung lain yang mampu meningkatkan fokus adalah olahraga. Dengan berolahraga secara teratur diyakini mampu untuk meningkatkan fokus dalam melakukan banyak hal. Oleh karena itu, mari kita menjadi pribadi yang rajin berolahraga.

5. Fokus dan konsentrasi juga perlu dilatih

Percaya atau tidak, fokus juga harus dilatih. Tetapkan jiwa anda untuk menjadi orang yang fokus dan mampu meningkatkan fokus. Satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak berlatih.

Berlatihlah dalam hal menjaga diri agar tetap dan bisa berada dalam keadaan fokus. Percayalah bahwa anda adalah orang yang fokus, dan fokus adalah milik anda.

Jika kamu pandai me-manage diri sendiri dengan baik, semua urusanmu pun bisa berjalan sesuai dengan harapan. Hilang fokus dan konsentrasi sudah tidak jadi kendala terberat dalam hidupmu lagi. Jangan lupa untuk dipraktikkan ya bocoran tips di atas. Biar kapal nggak oleng, kapten!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Multazam
"personal blog mltazam.com"
SHARES