Serem, Beredar Makeup Palsu Mengandung Kotoran Manusia. Cewek Wajib Waspada!

20 Mei 2018
|Faizah Pratama
1.9 KSHARES

Makeup menjadi salah satu produk yang paling diminati wanita. Itulah sebabnya barang ini termasuk yang paling sering dipalsukan terutama merek terkenal atau kosmetik yang sedang hits. Bulan April 2018 lalu, beredar makeup palsu yang menghebohkan masyarakat Los Angeles, Amerika Serikat. Bukan sekadar palsu, kosmetik tersebut mengandung bakteri, kotoran manusia, dan hewan.

Dilansir dari cnnindonesia.com, Kepolisian setempat menyita ribuan makeup palsu senilai 700 ribu dolar atau senilai 10 miliar. Ribuan makeup palsu itu diperoleh sari 21 toko di LA Fashion District. Merek yang dipalsukan merupakan merek terkenal, seperti Urban Decay, Kylie Cosmetics dan MAC. Peredaran kosmetik palsu ini terbongkar setelah para pemakainya mengalami ruam-ruam dan benjolan di wajahnya. Ternyata, kosmetik itu tercemar bakteri dan kotoran manusia karena diproduksi di tempat yang kumuh seperti garasi bahkan kamar mandi.

Memang melegakan karena kosmetik mengandung kotoran manusia itu baru ditemukan di Los Angeles saja. Namun, kita juga harus waspada. Sebab, peredaran makeup palsu di tanah air sudah semakin merajalela. Makeup palsu banyak dijual di toko maupun dijual secara online. Kemasannya dibuat sangat mirip dengan aslinya. Sampai-sampai, sulit dibedakan antara produk yang asli atau palsu.

Padahal, seringkali makeup palsu mengandung merkuri, pewarna tekstil, hingga cat tembok. Kalau memakainya, efek yang muncul tentu tidak main-main. Awalnya memang hanya gatal-gatal dan kulit kemerahan tetapi kalau pemakaian rutin bisa menyebabkan kanker dan gagal ginjal. Biar tidak tertipu kosmetik palsu, ketahui dahulu ciri-cirinya kosmetik palsu berikut ini.

Harga lebih murah, makeup yang dijual murah memang sangat menggiurkan tetapi justru perlu diwaspadai. Apalagi jika barang tersebut dijual jauh lebih murah dari harga umumnya. Kamu bisa mengecek terlebih dahulu di situs resmi produk itu untuk membandingkan harganya.

Selanjutnya, kamu perlu mengecek “kemasannya”. Jika kemasan rusak atau logo mereknya tidak sesuai dengan gambar kamu juga perlu meragukannya. Lihat juga tanggal kadaluarsa dan nomor seri BPOM-nya. Jika tidak tersedia, kemungkinan besar produk yang kamu beli adalah barang palsu.

Saat kemasannya dibuka, “aroma kosmetik” palsu sangat menyengat dan bisa membuat pusing. Warna dan teksturnya pun berbeda dengan yang tertera di iklan produk. Efek yang paling kentara adalah kulit menjadi kemerahan karena iritasi. Biar kamu terhindar dari kosmetik palsu, belilah di outlet kosmetik terpercaya. Kalau terpaksa membali lewat online, sebaiknya baca dahulu review produk dan tokonya.

Makanya, jangan asal membeli kosmetik mentang-mentang harganya murah. Kalau ternyata kosmetik yang kamu beli palsu, kamu yang akan merugi sendiri. Apalagi kalau kosmetiknya mengandung kotoran manusia dan ribuan bakteri. Serem banget, kan? Mau cantik malah apes!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
1.9 KSHARES