Serba-serbi Sepatu Berbahan Suede Ini Perlu Kamu Tahu! Biar Nggak Salah Kaprah

27 Januari 2018
|Dwi Ayu Silawati
2SHARES

Suede sebenarnya bahan yang berasal dari kulit hewan dari bagian tertentu yang lebih lembut dan memiliki tekstur lebih haus. Setelah melalui beragam proses, bahan ini sering ditemui dalam bentuk sepatu atau tas. Bahan ini mulai populer dalam bentuk sepatu di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Biasanya dalam bentuk sepatu model oxford, boots, loafers atau sepatu flat, bahkan beberapa high heels.

Namun, ternyata di balik eksotisme bahan ini, suede diliputi banyak mitos dan kontroversi. Untuk kamu yang sudah punya atau tertarik memiliki sepatu suede, simak beberapa fakta dan tips berikut!

1. Mitos bahwa sepatu suede tidak cocok untuk gaya santai

Banyak yang mengatakan bahwa sepatu suede lebih cocok untuk gaya formal, sebab warnanya yang biasanya terkesan agak pudar dan hanya berkutat di warna earthy seperti cokelat, abu, dan hijau tua. Biasanya suede juga digunakan untuk sepatu model formal, seperti oxford atau boots.

Namun, kini banyak sepatu suede dengan model santai seperti high heels, flat shoes, dan sneakers. Dilengkapi pula dengan warna yang lebih segar. 

2. Imbangi sepatu suede dengan warna outfit yang pas

Warna pastel pas untuk mengimbangi sepatu suede yang berwarna cokelat, hitam, biru gelap, atau abu-abu. Jangan gunakan sepatu suede hitam dengan kemeja biru navy. Coba padukan sepatu suede hitammu dengan kemeja biru pastel atau sebaliknya jika kemejamu gelap, padukan dengan sepatu suede berwarna cokelat terang. 

3. Membersihkan sepatu suede

Untuk membersihkan sepatu suede, kamu membutuhkan sikat yang lembut atau sikat khusus suede. Kamu juga bisa menggunakan kain flanel. Jika kamu ingin melakukan pembersihan total gunakan shampoo, sikat dengan perlahan dan bilas dengan air perlahan juga. Lap dengan handuk lembut. Biarkan kering secara alami, dan jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari apalagi dikeringkan dengan hairdryer. 

4. Mitos juga mengatakan sepatu suede akan langsung rusak jika terkena air hujan

Bahan suede memang tidak setangguh kulit dalam banyak hal, terutama masalah ketahanan air. Tetapi sebenarnya suede tidak selemah itu. Kamu bisa langsung mengeringkannya dengan menggunakan metode tradisional yaitu memenuhi bagian dalamnya dengan koran bekas, kemudian melapisi bagian luarnya dengan koran pula.

Biarkan selama semalam, lepas, kemudian biarkan mengering beberapa saat. Jangan biarkan sepatu suedemu yang basah begitu saja. 

5. Gunakan spray anti-air

Spray pelindung untuk suede juga dijual di pasaran. Benda ini ampuh membuat sepatu suedemu tahan lama dan tahan di segala musim. 

6. Sepatu suede nggak cuma buat kaum pria

Jika biasanya suede digunakan laki-laki, pasar sepatu suede sekarang telah merambah fashion wanita. Warna sepatu suede untuk wanita bahkan lebih beragam model dan warnanya. Lebih banyak warna-warna cerah seperti biru muda, pink, dan kuning. 

7. Salah kaprah bahwa perawatan sepatu suede lebih rumit dibandingkan sepatu kulit biasa

Sepatu suede ternyata lebih mudah dirawat, dia memang harus diusahakan tersimpan dalam keadaan kering, tetapi ia tidak perlu disemir secara rutin seperti sepatu kulit. 

Itu dia serba-serbi sepatu suede yang perlu kamu tahu sebelum membeli. Masih berminat untuk membeli dan merawatnya


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
2SHARES