Selain Tempe dan Tahu, 7 Gorengan Enak Ini Cocok Buat Camilan Buka Puasa. Kriuk banget!

01 Juni 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Siapa di sini yang suka makan gorengan? Olahan ini memang menjadi makanan favorit bagi sejuta umat. Rasanya yang gurih dan nikmat bisa memanjakan lidah siapa pun yang melahapnya. Terlebih di bulan puasa ini, mungkin banyak dari kamu yang memilih gorengan sebagai camilan buka puasa. Sebab, rasanya yang renyah dianggap mampu mengembalikan selera makan setelah seharian penuh puasa.

Nah kalau kamu lagi berburu takjil, selain tempe, tahu maupun bakwan, beberapa menu gorengan ini patut kamu pilih untuk menu buka puasa. Apa saja? Kepo, yuk!

1. Martabak telur mini

Ini adalah versi kecil dari martabak besar. Bahan membuatnya juga sama, yakni berbahan dasar telur dengan berbagai isiannya. Meskipun ukurannya mini, tetap saja bisa memuaskan kamu saat berbuka puasa. Rasanya juga enak dan kulit luarnya renyah. Apalagi kalau dimakan selagi hangat, duh kriuk banget!

2. Sosis Solo

Sosis Solo adalah kuliner khas dari Solo. Makanan ini terbuat dari campuran daging ayam yang digiling dan dibungkus dengan kulit dadar. Kemudian sebelum digoreng, adonan yang sudah digulung dadar tersebut dicelupkan ke telur kocok kemudian masuk ke penggorengan. Rasanya lezat, gurih, lembut, dan yang pasti bisa mengisi perut kosong setelah puasa.

3. Keju goreng

Kalau kamu pecinta keju, kuliner satu ini patut kamu jadikan menu buka puasa. Yakni, keju goreng. Rasanya tentu saja gurih karena berisi keju. Namun makanan ini enak saat disantap selagi panas. Biar keju di dalamnya masih bisa lumer di mulut dan bagian luarnya tetap renyah.

4. Lumpia Sayur

Gorengan satu ini juga nggak kalah nikmat dengan yang lain. Lumpia sayur juga bisa kamu jadikan menu favorit buat buka puasa. Rasanya renyah dan isian sayur di dalamnya manis. Tetapi ada juga jenis lumpia yang isian sayurnya terasa gurih. Kamu tinggal pilih saja mana yang sesuai selera kamu. Isinya umumnya wortel, buncis, hingga bihun.

5. Jamur krispi

Nggak cuma enak sebagai teman makan nasi, jamur krispi juga mantap banget buat camilan kamu buka puasa. Rasanya renyah dan kriuk. Namun sebenarnya ada beberapa jenis jamur yang sering digunakan untuk camilan. Kalau ingin tekstur renyah kamu bisa memilih jamur enoki. Tapi kalu ingin sedikit mengenyangkan pilih jamur kancing atau shitake.

6. Donat kentang

Donat kentang juga sering jadi camilan favorit. Rasanya manis, empuk, dan kenyal. Namun kalau kamu bosan dengan donat kentang yang polosan, atau hanya menggunakan topping gula putih, kamu bisa memilih donat kentang dengan topping yang beragam, kok. Misalnya, cokelat, meses, krim, dan lainnya.

7. Bitterballen Makaroni

Bitterballen makaroni adalah gorengan yang bentuknya mirip dengan kroket. Bahan yang digunakan untuk membuatnya juga macam-macam, tapi salah satunya makaroni. Cita rasa camilan ini juga memanjakan, yakni gurih, creamy, dan bisa kamu tambahkan keju cheddar di dalamnya. Lalu kalau ingin memperkaya rasa, di dalamnya ada juga yang menggunakan daging asap.

Tentu saja varian olahan gorengan tidak hanya itu saja. Mungkin kamu masih bisa menemukan gorengan lain yang juga tak kalah lezat. Untuk itu, kamu bisa sebutkan gorengan favoritmu di kolom komentar, ya. Selamat berburu takjil!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES