Selain Indah, Ternyata Bunga-bunga Ini Boleh Dimakan, Lho! Penasaran sama Rasanya?

www.raiseyourgarden.com

Siapa sangka ternyata beberapa jenis bunga juga bisa dijadikan santapan. Mungkin kalian pernah melihat makanan dan minuman yang dipercantik dengan bunga. Tanaman indah tersebut nggak dipakai untuk garnish saja lho tapi juga bisa dimakan. Istilah yang digunakan untuk menyebut bunga macam ini adalah edible flowers. 

Tekstur, rasa, dan aromanya yang unik membuat bunga semakin populer sebagai bahan kreatif dan inovatif di dunia kuliner. Bunga memang sudah lama digunakan sebagai bahan campuran dalam teh atau dikeringkan untuk ramuan obat tradisional. Bahkan sejak zaman Victoria di masa pemerintahan Ratu Victoria, bunga pun sudah dihidangkan sebagai panganan.

Tapi nggak hanya dalam teh dan obat, bunga pun kini sudah jadi campuran untuk salad, es krim, atau bahkan sandwich lho. Kalau kamu mau mencoba bereksperimen ini juga boleh, asalkan tahu jenis bunga apa saja yang boleh dimakan. Yuk simak biar nggak keracunan karena salah pilih!

1. Calendula atau Marigold

www.bukalapak.com

Marigold atau calendula officinalis adalah salah satu edible flowers yang sering digunakan sebagai campuran salad. Marigold mempunyai rasa tajam, sedikit pedas, dan agak pahit. Kelopak bunganya yang berwarna kuning cerah memberikan kesan segar pada makanan. Marigold biasanya ditaburkan pada sup, pasta, hingga nasi.

2. Carnation

www.bukalapak.com

Carnation atau di Indonesia lebih dikenal dengan anyelir adalah edible flowers yang biasa digunakan untuk pembuatan wine, permen, dan hiasan kue. Carnation mempunyai aroma manis seperti cengkeh. Bunga ini merupakan bahan utama pembuatan Chartreuse, minuman khas Perancis sejak abad ke-17.

3. Chrysanthemum atau Krisan

bibitonline.com

Krisan yang biasanya dijadikan sebagai bunga hias ternyata bisa dimakan juga, lho! Bunga yang mempunyai warna kuning, ungu, putih, dan oranye ini mempunyai rasa yang mirip dengan kembang kol namun terasa agak pahit. Krisan biasanya ditambahkan pada kentang tumis oriental dan juga salad.

4. Bunga zucchini

bibitonline.com

Nah, bunga yang satu ini juga sudah sering dikonsumsi nih. Bunga dari tanaman Zucchini atau timun Jepang merupakan edible flowers berwarna kuning terang yang menghasilkan rasa manis dengan tekstur yang lembut. Zucchini biasanya ditambahkan pada makanan berbahan dasar keju.

5. Nasturtium
netz.id

Nasturtium merupakan salah satu edible flowers yang paling sering dikonsumsi. Nasturtium bercita rasa agak pedas dan manis seperti selada air. Tidak hanya sebagai garnish, Nasturtium juga sering dijadikan campuran salad, sandwhich, dan makanan pembuka lainnya.

6. Pansy
www.wanitaindonesia.co.id

Pansy atau Viola X wittrockiana merupakan edible flower yang menghasilkan sensasi dingin (mint) dan sedikit grassy. Pansy biasanya digunakan sebagai campuran salad buah, sup, dan makanan pencuci mulut. Selain itu, sensasi mint pada pansy juga membuatnya sempurna ditambahkan dalam koktail.

7. Mawar

alfinz19.blogspot.co.id

Wah, kalau bunga yang satu ini sudah sangat familiar ya. Mawar atau Rosa gallica officinalis mempunyai aroma yang kuat, tetapi ketika dikonsumsi bunga mawar akan terasa lembut dan fruity seperti rasa stroberi dan apel hijau. Mawar sangat cocok ditambahkan pada semua jenis masakan seperti sup, salad, selai hingga seduhan teh.

8. Bunga matahari

bibitonline.com

Ternyata tidak hanya bijinya, bunga matahari juga bisa dikonsumsi lho! Bunga matahari atau Helianthus annus merupakan jenis bunga yang bisa dikonsumsi ketika mencapai tahap tunas. Bunga matahari mempunyai rasa seperti artichoke. Begitu bunga terbuka, kelopak bunga bisa dimakan, seperi bunga krisan. Kuncup bunga yang belum dibuka juga bisa dikukus seperti artichoke.

9. Lavender

www.beritasatu.com

Lavender tidak hanya bermanfaat untuk aroma terapi lho, bunga cantik ini juga termasuk edible flowers. Lavender atau Lavandula angustifolia memiliki aroma yang harum dan biasa dijadikan sebagai hiasan makanan. Lavender juga dijadikan sebagai bahan pembuatan ice crem dan minuman segar seperti koktail. Rasanya manis dengan sentuhan jeruk nipis dan lemon.

Nah, itu dia jenis bunga yang termasuk edible flowers. Mungkin beberapa di antaranya sudah sering kita temui ya. Jadi, sekarang udah nggak bingung lagi deh kalau mau bereksperimen dengan edible flowers, trus langsung dimakan deh!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Katanya Penyebab Jerawat di Wajah Bisa Diketahui dari Letaknya Lho. Percaya Nggak?

Katanya Penyebab Jerawat di Wajah Bisa Diketahui dari Letaknya Lho. Percaya Nggak?

Nyaman Dipakai Para Ukhti, Baju Olahraga Anti Ketat Ini Enak buat Jungkir Balik

Nyaman Dipakai Para Ukhti, Baju Olahraga Anti Ketat Ini Enak buat Jungkir Balik

Rok Denim dan OOTD Ini Siap Jadi Favoritmu, Girly-nya Nggak Nguatin!

Rok Denim dan OOTD Ini Siap Jadi Favoritmu, Girly-nya Nggak Nguatin!

10 Outfit Ini Bikin Kamu Jatuh Hati sama Warna Ungu. Super Unyu!

10 Outfit Ini Bikin Kamu Jatuh Hati sama Warna Ungu. Super Unyu!

6 Youtuber Ini Punya Channel Kuliner yang Bikin Mupeng Plus Gagal Diet

6 Youtuber Ini Punya Channel Kuliner yang Bikin Mupeng Plus Gagal Diet

Jangan Asal Comot, Ketahui 4 Jenis Eyeliner Ini. Mana yang Paling Pas Buatmu?

Jangan Asal Comot, Ketahui 4 Jenis Eyeliner Ini. Mana yang Paling Pas Buatmu?

loading