Selain Bikin Cantik dengan Filter Foto, Smartphone Juga Bisa Rusak Kulitmu Lho, Girls!

24 Mei 2018
|G Pangestu Jati
0SHARES

Bagi para generasi milenial, smartphone mungkin sudah masuk ke dalam daftar kebutuhan pokok. Sebab, banyak orang yang tidak bisa lepas darinya. Bukan tanpa alasan, fungsinya yang semakin canggih memang semakin memudahkan kehidupan manusia. Namun, di balik fungsinya tersebut, ternyata smartphone bisa merusak kulitmu, lho, girls!

Dilansir dari Huffington Post, smartphone merupakan lahan kembang biak dan hidup bakteri yang cukup mengerikan. Bayangkan saja, jumlahnya 10 kali lebih banyak daripada bakteri yang ada di toilet umum. Setiap kali kita menggunakan smartphone, ada banyak bakteri yang akan bercampur dengan keringat, minyak, atau residu tubuh lainnya. Hal ini pun akan menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat. 

Dua dokter kulit dan kecantikan yang berbasis di New York, Dr Estee Williams dan Dr Joshua Zeichner mencatat bahwa pasien yang bermasalah dengan jerawat, yang datang ke klinik mereka, memiliki kebiasaan menggunakan smartphone. Mereka pun merekomendasikan para pasiennya untuk membersihkan secara berkala smartphone dengan menggunakan alkohol untuk membunuh bakteri. Selain itu, mereka juga merekomendasikan alat pembersih khusus smatphone, Phonesoap. Alat ini akan membersihkan smartphone dari bakteri dengan menggunakan sinar UV.

Selain itu, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa blue light yang terpancar dari smartphone dapat menyebabkan penuaan dini. Namun, sayangnya penelitian ini agak diragukan karena dilakukan oleh perusahaan perawatan kulit sehingga ada beberapa bias yang ditemukan oleh para ahli. Meski demikian, Dr Zeichner pun mengamininya.

"Ada beberapa data yang menunjukkan bahwa cahaya berenergi tinggi, seperti blue light, dapat dikaitkan dengan penuaan dini," ungkapnya. Dia pun menganjurkan untuk para pengguna smartphone agar melakukan perawatan dengan produk tropikal, seperti antioksidan. Zat ini mampu menangkal berbagai macam radikal bebas yang berpotensi merusak kulitmu, termasuk blue light dari smartphone.

Nah, buat kamu yang sering menggunakan smartphone, alangkah baiknya untuk lebih peduli terhadap kulitmu. Jangan malas untuk membersihkan smartphonemu secara berkala, ya! Selain itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter apabila ada masalah dengan kulitmu!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
0SHARES