Segudang Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui. Bikin Bugar dan Bahagia!

26 Januari 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Meditasi sebenarnya sudah cukup dikenal di masyarakat Indonesia, tapi belum banyak yang tau manfaat yang dapat didapat dari meditasi itu sendiri. Meditasi baru dikenal sebagai suatu tindakan yang dapat menenangkan pikiran. Ternyata tidak sebatas itu saja manfaat yang didapat dari meditasi.

Memang salah satu manfaat utama meditasi ialah menenangkan pikiran, dan dari situ akan banyak manfaat lainnya yang akan didapat. Mulai dari mengatasi insomnia hingga meredakan PMS. Mulai dari melatih konsentrasi hingga mendapat ketenangan batin. Nah mau tau kan apa aja yang bisa didapat setelah melakukan meditasi?

YuKepo udah nyiapin nih 10 manfaat tersembunyi yang didapat dari meditasi. Mau tahu apa aja? Nggak usah berlama-lama, yuk langsung kepoin!

1. Mengendalikan nafsu makan

Nggak hanya olahraga atau workout nih yang bisa menurunkan berat badan. Buat kamu yang punya berat badan yang overweight atau bahkan udah masuk obesitas, boleh banget coba buat ngelakuin meditasi. Ketika meditasi, keinginan kamu buat ngemil atau makan akan bisa lebih ditahan dan berat badan pun bisa turun.

2. Mengatasi insomnia

Manfaat utama meditasi adalah membuat rileks dan nyaman. Dengan melakukan meditasi, terutama di malam hari, tubuh kita akan menjadi rileks dan pikiran pun menjadi tenang, sehingga akan lebih mudah beristirahat di malam hari.

3. Meredakan PMS

Biasanya para cewek selalu mengalami PMS sebelum datang bulan. Nah, PMS ini ternyata bisa diatasi dengan meditasi. Meditasi akan membuat tubuh menjadi lebih tenang, pikiran menjadi tenang, memperbaiki mood, dan bahkan bisa menghilangkan rasa nyeri ketika datang bulan, lho.

4. Mengatasi hipertensi

Ternyata, hipertensi nggak hanya bisa diobati dengan obat. Kamu bisa mengobati hipertensi dengan cara yang lebih menenangkan dan menyenangkan, yaitu meditasi. Meditasi akan menangkal hormon stres dalam tubuh, sehingga resiko hipertensi pun bisa terhindari. 

5. Melancarkan pencernaan

Melakukan meditasi ternyata bisa menenangkan perut lho. Kalau kamu meditasi, perut kamu akan menjadi tenang seperti saat mengonsumsi sayur atau buah yang banyak mengandung nutrisi. Kondisi perut yang tenang akan membuat proses penyerapan nutrisi makanan jadi lebih lancar dan gangguan pencernaan pun bisa dihindari.

6. Meningkatkan konsentrasi

Kalau kalian terbiasa meditasi, kalian juga akan terbiasa untuk fokus dan memusatkan perhatian. Hal ini bermanfaat banget buat yang ingin berlatih konsentrasi dan meningkatkan daya ingat. Buat yang susah konsentrasi dan gampang lupa harus coba meditasi nih.

7. Menimbulkan perasaan bahagia

Meditasi membuat kita terhindari pikiran negatif dan akan lebih fokus pada pikiran positif. Hal inilah yang akan mendatangkan kebahagiaan dan mood yang baik buat orang-orang yang melakukan meditasi. Jadi, kalau kamu lagi merasa badmood atau suntuk, bisa benget nih coba buat meditasi.

8. Meningkatkan kesadaran

Kalau selama ini kamu belum sadar akan tujuan hidupmu, yang perlu kamu lakukan adalah meditasi. Pusatkan pikiran dan konsentrasi pada satu tujuan, dengan demikian kamu pun akan bisa mengetahui secara sadar tujuan apa yang ingin kamu capai.

9. Melatih diri untuk sabar dan pemaaf

Meditasi menghasilkan pikiran yang tenang, damai, dan positif. Hal ini tentu akan berpengaruh pada sikap dan perilaku kita. Jika kita memiliki pikiran yang tenang, positif, dan damai, kita akan bisa menjadi pribadi yang lebih pemaaf dan sabar. Buat yang gampang marah, coba deh diterapi dengan meditasi biar adem ya.

10. Mendapat ketenangan batin

Melalui meditasi, kita akan belajar mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Setelah itu kita pun akan tau mana yang perlu diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan. Dengan demikian, meditasi dapat mengembangkan kepuasan batin manusia.

Nah, sekarang kamu sudah tahu 'kan kebaikan apa saja yang akan kamu dapatkan jika melakukan meditasi. Nggak ada salahnya untuk dicoba. Demi kehidupan sehari-hari yang lebih baik!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES