Segera Adopsi 10 Cara Merawat Baju Ini. Biar Awet sampai 20 Tahun Lagi!

19 Januari 2018
|Dwi Ayu Silawati
1.7 KSHARES

Bagi sebagian orang, mencuci baju adalah salah satu pekerjaan rumah yang paling dibenci. Membayangkan prosesnya saja udah bikin capek. Nggak heran, kalau memanfaatkan jasa laundry jadi jalan keluarnya. Pun kalau kamu terpaksa harus mencuci bajumu sendiri, pasti asal-asalan dan nggak bersungguh-sungguh. Nah, ini nih yang bikin bajumu pada nggak awet.

Buat kamu yang malas cuci baju, ada kabar baik. Ternyata tidak baik mencuci baju terlalu sering kalau kamu ingin baju kesayanganmu awet. Selain itu, nih beberapa tips yang bisa kamu coba untuk merawat baju-bajumu.

Supaya bisa tetap layak pakai dan nggak kusam sampai 20 tahun kemudian dan bisa dipakai anak cucumu, adopsi tips ini yuk!

1. Teliti dan pilih dengan benar sebelum memasukan baju ke tempat cuci

Sebenarnya selain pakaian dalam, kamu tidak perlu mencuci baju-bajumu yang baru sekali pakai. Baju-baju seperti celana bahan dan kemeja bisa kamu pakai 2-3 kali sebelum kamu cuci. 

2. Gantung pakaian yang sudah kamu pakai sekali

Untuk menghindari bau apek karena keringat yang menempel di bajumu, kamu disarankan untuk menyimpannya dengan cara digantung. Itu juga berguna untuk membedakan mana baju yang belum kamu pakai dengan yang sudah kamu pakai sekali tapi belum terlalu kotor untuk dicuci.

3. Jeans bisa kamu gunakan sampai 5 kali

Apalagi jeans, benda yang satu ini memang sudah didesain tahan banting sehingga bisa digunakan berkali-kali sebelum dicuci. Ya, 5 kali dipakai untuk kondisi normal wajarlah. Nggak percaya, coba sendiri apakah jeans kamu sudah bau dan kotor setelah dipakai 2 kali, pasti belum 'kan? 

4. Bersihkan nodanya saja

Kalau baju kamu terkena noda yang tidak terlalu banyak, jangan buru-buru dimasukkan ke mesin cuci. Kamu cuci di bagian tangan dan  bagian tertentu yang ternoda, kemudian dikeringkan sebentar. 

5. Jangan campur baju yang akan dicuci dengan bajumu yang masih bersih

Biasakanlah untuk memisah mana baju kotor layak cuci dengan baju yang belum perlu dicuci. Kalau tercampur, bisa-bisa kamu harus mencuci semua bajumu tadi karena baunya sudah menyebar ke baju bersihmu. 

6. Setrika aja!

Untuk baju yang belum terlalu kotor, kamu bisa lakukan treatment setrika dengan memberinya sedikit cairan pelembut atau pewangi. Panas dari setrika bisa juga membunuh bakteri dari keringatmu. 

7. Bedakan baju rumah dengan baju untuk bepergian

Mungkin di Indonesia sudah wajar ya kalau di rumah kita menggunakan baju santai dan membedakannya dengan baju untuk keluar rumah. Kalau kamu sudah terbiasa dengan budaya ini, pertahankan! Supaya baju kesayangan kamu tetap awet. 

8. Baju olahraga cukup direndam saja

Baju olahraga yang biasanya lentur dan menyerap keringat ternyata lebih mudah dirawat. Tidak perlu dikucek keras-keras cukup kamu rendam air dingin dengan sedikit sabun. Eitsss, tapi jangan lama-lama ya, cukup beberapa menit saja kemudian dijemur. 

9. Kenakan apron

Gunakan apron untuk melindungi bajumu dari noda apalagi untuk kamu hobi masak, atau berkreasi dengan kayu atau motor.  

10. Pilih bahan kain yang sesuai kebutuhan

Ada satu bahan kain yang tidak perlu dicuci terlalu sering yaitu wol. Tetapi ada beberapa juga yang sangat mudah dirawat tanpa cuci seperti bahan baju olahraga kekinian. Ya, memang harganya sedikit mahal sih, makanya beli saja sesuai kebutuhan kamu. 

Begitu ternyata cara merawat baju agar awet. Ayo pilah lagi baju-baju yang mau kamu cuci! Biar nggak keseringan beli karena jadinya sekali pakai.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
1.7 KSHARES