Segar dan Mudah Dibuat, Deretan Es Ini Bikin Buka Puasamu Makin Berwarna

www.allfoodsrecipes.com

Bulan Ramadan sudah memasuki minggu pertengahan nih. Gimana? Masih lancar nggak puasanya?

Selain identik dengan suara orang membangunkan sahur, berlomba-lomba untuk bersedekah dan ujian kesabaran yang ada saja setiap harinya, puasa nyatanya kurang lengkap kalau tidak membicarakan tentang menu berbuka. Alih-alih makan-makanan yang berat seperti nasi padang, nasi goreng dan kawanan nasi lezat lainnya, minuman es segar menduduki peringkat paling tinggi dalam daftar pencarian menu berbuka puasa.

Dari pada setiap hari harus beli, mending coba buat es segar ini sendiri yuk. Yukepo bakal kasih resep es segar yang dijamin mudah dibuat kamu semua. Scroll sampai habis ya!

1. Es Kelapa Jeruk Nipis

maztam.blogspot.com

Bingung mau berbuka puasa pakai apa? Ayo langsung bikin menu yang satu ini!

Bahan :

1. Air dan Daging Kelapa Muda

2. Es Batu

3. Jeruk Nipis (Peras)

4. Air Gula (Secukupnya)

 

Cara Membuat :

1. Rebus air matang dengan gula, dan aduk sampai sedikit mengental lalu dinginkan.

2. Campurkan air dan daging kelapa muda dengan air gula yang sudah disiapkan dalam satu wadah (sesuai selera)

3. Beri perasan jeruk nipis (secukupnya) lalu aduk sampai merata

4. Es Kelapa Jeruk Nipis siap dihidangkan 

2. Es Lidah Buaya

fahmi-artcolection.blogspot.com

Berbukalah dengan yang menyehatkan, karna yang manis belum tentu mau. Let’s go bikin Es Lidah Buaya!

Bahan :

1. Lidah Buaya (3 buah atau sesuai selera)

2. Kapur sirih (1 sdm)

3. Garam halus (1 sdm)

4. Gula (2-3 sdm atau sesuai selera)

5. Daun Pandan (1 lembar) & Jeruk Nipis

6. Air matang (500ml)  dan es batu secukupnya

 

Cara Membuat :

1. Kupas, kemudian potong-potong jelly dalam lidah buaya kemudian bilas hingga lendir berkurang dan rendam dengan air kapur sirih selama kurang lebih 1 jam (jika sudah bilas kembali sampai bersih)

2.  Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan daun pandan dan gula + garam (secukupnya sesuai selera). Aduk hingga rata sekitar 3-5 menit

3. Setelah benar-benar tercampur dan mendidih, masukkan potongan jelly lidah buaya. Dan aduk kurang dari 5 menit.

4. Dinginkan dalam wadah, kemudian beri es batu dan perasan jeruk nipis

5. Es Lidah Buaya siap disajikan. 

3. Es Jelly Susu

www.vemale.com

Menu Es Jelly Susu yang sederhana dan mudah dibuat anak kosan nih. Nikmatnya nggak tanggung-tanggung.

Bahan :

1. Susu kental manis (1-2 sachet)

2. Bubuk agar-agar tanpa rasa (1 sachet)

3. 1/4 gula pasir

4. Garam (1/2 sdm)

5. Air matang dan es batu

 

Cara Membuat :

1. Siapkan Jelly (masukkan bubuk agar-agar kedalam air mendidih, dan campur dengan gula. Aduk hingga rata dan mendidih)

2. Dinginkan adonan jelly hingga mengeras dan potong kotak-kotak kecil.

3. Campurkan susu kental manis dengan air, aduk rata dan masukkan potongan jelly. Tambahkan dengan es batu sesuai selera

4. Es Jelly Susu siap dinikmati bersama. 

4. Es Alpukat Coklat

resepdanmasakan.com

Beneran pengganti energy sehabis seharian berpuasa nih guys. Es Alpukat Coklat emang paling mengerti.

Bahan :

1. Susu kental manis cokelat (1-2 sachet)

2. Alpukat matang (2 buah)

3. Air gula (secukupnya)

4. Es batu

5. Topping sesuai selera

 

Cara Membuat :

1. Kerok daging alpukat dan masukkan kedalam blender bersama dengan air gula dan es batu. Blender hingga halus

2. Lapisi gelas yang akan digunakan sebagai wadah dengan susu kental manis coklat

3. Tambahkan topping jika ingin (bisa oreo atau kacang parut)

4. Es Alpukat coklat siap disantap.

5. Es Serut Pelangi
food.idntimes.com

Nah kalau yang ini tuh versi lokalnya es kepal milo guys, dijamin bikin seger tenggorokan dan nggak nguras kantong kok.

 

Bahan :

1. Es batu yang sudah diserut / diblender

2. Sirup Strawberry

3. Sirup Melon

4. Sirup Jeruk

5. Susu Kental Manis

Cara Membuat :

1. Siapkan es batu yang sudah diserut, atau jika tidak ada bisa dihaluskan dengan blender / dipukul-pukul hingga hancur.

2. Letakkan hingga menggunung didalam satu wadah

3. Tuangkan sirup hingga membentuk warna-warni (rasa sirup bisa disesuaikan selera)

4. Beri sedikit susu kental manis diatasnya

5. Es Serut Pelangi sudah siap dihidangkan.

6. Es Timun Hijau
www.republika.co.id

Walaupun dompet sedang tipis, buka puasa tetap bisa nggak minimalis. Yup, langsung aja bikin es timun hijau yang satu ini.

 

Bahan :

1. Timun (1-2 buah)

2. Sirup melon

3. Air matang  

4. Es batu

5. Jeruk Nipis

 

Cara Membuat :

1. Cuci timun hingga bersih kemudian parut hingga halus dan berbentuk tipis memanjang. Kemudian sisihkan.

2. Siapkan air matang, kemudian beri sirup melon sesuai selera. Aduk hingga rata

3. Masukkan serutan timun dan tambah dengan es batu sesuai selera

4. Beri tambahan perasan jeruk nipis agar lebih segar

5. Es Timun Hijau ready to serve!

7. Es Teh Apel

food.detik.com

Punya teh dan apel tapi nggak tau harus diapain? Mending dibikin jadi minuman segar buat berbuka puasa guys.

 

Bahan :

1. Teh celup (siapkan 1-2 kantung)

2. Air matang

3. Gula pasir (2-3 sdm atau sesuai selera)

4. Apel Hijau / Jenis lainnya (2 buah)

5. Selasih & Es Batu

 

Cara Membuat :

1. Larutkan teh celup ke air mendidih, kemudian tambahkan gula sesuai selera dan aduk merata dan diamkan hingga dingin.

2. Siapkan apel (dipotong kotak-kotak)

3. Campurkan teh yang sudah dingin dengan apel yang sudah dipotong kotak-kotak, es batu dan selasih jika ingin.

4. Es Teh Apel Selasih siap dinikmati saat berbuka. 

8. Es Jagung Manis

mangcook.com

Jagung manis bisa dinikmati dengan bentuk minuman yang enak loh. Coba bikin yuk, gampang kok yakin.

 

Bahan :

1. Jagung manis (2 buah)

2. Susu kental manis (1-2 sachet)

3. Tepung Maizena (secukupnya)

4. Gula Pasir (sesuai selera)

5. Air matang (secukupnya)

 

Cara Membuat :

1. Parut jagung manis hingga halus dan sisihkan

2. Siapkan rebusan air secukupnya, kemudian masukkan parutan jagung manis dan aduk hingga matang dan terlihat lembut atau beraroma harum

3. Masukkan gula pasir dan susu kental manis sesuai selera

4. Terakhir, masukkan larutan tepung maizena yang sudah dicampur sedikit air. Aduk hingga merata. 

5. Es Jagung Manis siap disajikan dingin maupun hangat.   

Perjuangan masih belum selesai, tetap semangat puasanya ya. Syukur-syukur bisa full 1 bulan penuh tanpa bolong. Pokoknya perbanyak pahala, kurangi dosa-dosa. Selamat mencoba resep esnya tadi ya. Semoga bermanfaat. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bantahan Bank Dunia Atas Data Prabowo yang Sebut 99 Persen Orang Indonesia Hidup Pas-Pasan - Keepodotme

Bantahan Bank Dunia Atas Data Prabowo yang Sebut 99 Persen Orang Indonesia Hidup Pas-Pasan - Keepodotme

Kombinasi Outfit dengan Topi Ini Wajib Dicoba. Biar Mukamu Ikutan Gosong Pas Siang

Kombinasi Outfit dengan Topi Ini Wajib Dicoba. Biar Mukamu Ikutan Gosong Pas Siang

Trauma Dapat Order Fiktif, Bang Taksol Cancel Perjalanan Pelanggannya Ke Barat Buat Mencari  Kitab Suci - Keepodotme

Trauma Dapat Order Fiktif, Bang Taksol Cancel Perjalanan Pelanggannya Ke Barat Buat Mencari Kitab Suci - Keepodotme

Kulitmu Kusam Kayak Spanduk Pecel Lele Saat Puasa? Coba 5 Produk Eksfoliator Ini!

Kulitmu Kusam Kayak Spanduk Pecel Lele Saat Puasa? Coba 5 Produk Eksfoliator Ini!

Peran Politisi Perempuan. - Keepodotme

Peran Politisi Perempuan. - Keepodotme

Berencana Mudik Naik Motor? 10 Pilihan Jaket Ini Siap Halau Angin Jahat Saat Bepergian

Berencana Mudik Naik Motor? 10 Pilihan Jaket Ini Siap Halau Angin Jahat Saat Bepergian

loading