Sedap! 9 Makanan Ini Jadi Primadona Saat Lebaran di Berbagai Negara

09 Juni 2018
|Mega Fitriyani
399SHARES
Lebaran menjadi akhir masa Ramadan dan perayaan bagi seluruh umat Islam di dunia. Bukan hanya simbol bahwa umat Islam telah memperoleh kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa, Idul Fitri juga menjadi sarana berbagai dan silaturahmi di antara umat muslim.
Salah satu tradisi yang nggak pernah hilang di Indonesia adalah berkunjung ke sanak saudara, tetangga, dan orang terdekat, serta menyediakan aneka hidangan lezat untuk disantap. Nah, ternyata berbagai negara memiliki makanan khas super lezat yang biasa disantap bersama keluarga saat Lebaran. Yuk kepo daftarnya.

1. Indonesia - Opor dan ketupat

Di Indonesia, opor dan ketupat adalah makanan wajib untuk dihidangkan saat Idul Fitri. Makanan yang terdiri dari ayam yang diberi santan dan bumbu, plus ketupat yang legit membuat rasanya benar-benar bikin ngiler.

2. Turki - Debyaza

Di negara Turki, makanan sejenis puding yang diberi nama Debyaza, Halawa Turki, dan Ta’teema jadi andalan pada saat hari raya. Meskipun untuk membuatnya membutuhkan waktu yang cukup lama, makanan ini tetap jadi idola dari masa ke masa.

3. Pakistan - Sivayyan

Di Pakistan, sivayyan jadi makanan khas saat Idul Fitri. Makanan ini terbuat dari bihun yang disajikan dengan susu dan buah-buahan kering.

4. Tiongkok - Mie La Mian

Meskipun agama Islam bukanlah mayoritas di Tiongkok, umatnya punya cara sendiri untuk merayakan hari raya. Umat Islam Tiongkok biasa menyajikan Mie La Mian, yang terdiri dari mie yang diberi topping daging dan sayuran sesuai selera. Makanan segar ini dijamin bikin lidah bergoyang keenakan.

5. Amerika Serikat - Pasta

Saat merayakan Idul Fitri, umat Islam di Amerika Serikat biasanya merayakannya dengan cara membuat pasta. Salah satu yang paling sering dimakan pada hari itu adalah Italian Vegetarian Pasta.

6. Inggris - Biryani

Salah satu hidangan yang paling populer disajikan saat lebaran di Inggris adalah biryani. Makanan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan daging yang memiliki bumbu yang banyak. Suiran ayam ditaburkan di atasnya. Mereka juga menggunakan salad dan acar sebagai teman makan biryani.

7. India - Khurma sheer

India dan negara-negara di dekatnya seperti Pakistan dan Bangladesh memiliki sajian makanan favorit yang sama saat Lebaran, yaitu khurma sheer. Makanan ini merupakan campuran susu, kacang almond, dan kurma kering. Rasanya dijamin enak dan legit.

8. Afghanistan - Bolani

Bolani merupakan makanan berbentuk roti lapis yang diisi sayuran hijau, kentang, dan labu.

9. Rusia - Manti

Manti merupakan makanan yang terbuat dari pangsit dan daging domba. Manti memiliki rasa yang lezat karena campuran bumbunya yang khas.

Nah, sudah siap untuk menyambut Lebaran? Manyantap opor ayam dan ketupat ramai-ramai bersama keluarga dijamin dapat menyemarakkan suasana. Jangan lupa untuk mempertahankan tradisi berbagi dan menyambung tali silaturahmi dengan tetangga dan keluarga.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
399SHARES