Sebelum Tersentuh Tangan Manusia, Beginilah Rupa Buah dan Sayur

08 Juli 2018
|Galih Wisnu Brata
164SHARES

Saat ini, kita telah mengenal berbagai macam jenis buah dan sayur. Buah dan sayur yang kita kenali tersebut ternyata banyak yang sudah mengalami modifikasi genetika. Modifikasi genetika dilakukan agar buah dan sayur bisa dikonsumsi sebagai makanan. Berikut ini ada beberapa rupa buah dan sayur sebelum dan sesudah tersentuh tangan manusia.

1. Semangka

Lukisan karya Giovanni Stanchi yang dibuat abad ke-17 menggambarkan kenampakan semangka sebelum dibudidayakan manusia. Daging buah semangka tampak berbentuk spiral dengan rongga-rongga. Bijinya pun tampak lebih banyak. Beda bangetkan dengan semangka sekarang yang tampak merah menggoda dengan biji yang sedikit.

2. Pisang

Pisang telah dibudidayakan sejak 7 ribu tahun yang lalu di Papua Nugini. Pisang berasal dari dua varietas, Musa acuminta dan Musa balbiasiana. Kedua varietas tersebut memiliki biji yang keras dan besar. Seiring berjalannya waktu, pisang akhirnya memilikki biji yang kecil dan bisa dimakan. Selain itu, kulitnya juga mudah dikupas. Yang terpenting, nutrisinya juga banyak.

3. Terong

Kita hanya tahu jika terong itu bentuknya panjang dam warna hijau atau ungu. Padahal, terong itu dulunya ada bermacam bentuk dan warna. Ada terong yang bentuknya bulat dan warnanya ada yang kuning dan oren. Tak hanya itu, batangnya pun berkayu. Berkat usaha manusia kita akhirnya menjumpai wujud terong seperti saat ini.

4. Wortel

Pada abad ke-10, wortel pertama kali dibudidayakan di Persia. Dulunya, wortel berwarna putih dengan akar-akar tipis yang menyelimutinya. Karena dilakukan modifikasi genetik, warna wortel pun berubah menjadi oren seperti sekarang.

5. Jagung

Cikal bakal jagung bertekstur kering dan berbentuk kecil. Cikal bakal tersebut dikembangkan sejak 7.000 tahun sebelum masehi. Jika dibandingkan, jagung sekarang berukuran 1.000 lebih besar. Selain itu, kandungan gula jagung sekarang juga lebih besar, yaitu sebesar 6.6%.

6. Apel

Sebelum seperti sekarang, bentuk buah apel hanya sebesar buah cherry. Namun, jika dilihat secara saksama tidak ada yang berubah kecuali ukurannya. Kalau hanya sebesar cherry berarti langsung bisa habis sekali makan.

7. Kubis

Kalau dilihat dari gambar, tampaknya kubis sebelum dibudidayakan tidak bisa dimakan ya? Penampakan kubis malah menyerupai tanaman hias. Ya kan?

8. Timun

Bisa dikatakan timun yang dulu tak sebaik timun yang sekarang. Bentuk timun yang dulu jauh lebih kecil daripada timun sekarang. Tak hanya itu, duri pun menghiasi kulit timun. Nggak bisa langsung digigit deh.

9. Persik

Sama seperti apel, dulu bentuk buah persik menyerupai buah cherry. Rasanya seperti rasa tanah dan sedikit asin. Setelah dilakukan modifikasi genetik, ukuran buah persik menjadi 64 kali lebih besar. Rasanya pun berubah menjadi manis dan segar.

 

Perkembangan zaman ternyata berdampak juga ya terhadap buah dan sayur. Kalau nggak dimodifikasi mungkin kita nggak akan merasakan buah dan sayur tersebut.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
164SHARES