Sebagai Menantu Baru, 5 Hal Ini Bakalan Kamu Alami di Rumah Mertua

13 Agustus 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Rasa bahagia yang tak terkira saat memutuskan menjadi pasangan suami istri pastilah dirasakan oleh kamu yang baru aja menikah. Tapi, setelah resepsi dan bulan madu, kamu harus back to reality dan tinggal di rumah mertua. Mungkin pikiranmu akan dipenuhi dengan beragam hal-hal yang nggak menyenangkan nantinya. Tapi, apakah semua menantu baru akan mengalami hal-hal yang nggak enak ketika tinggal di rumah mertua? Belum tentu kok, namun yang pasti kamu akan mengalami kelima hal berikut saat tinggal di rumah mertua. Udah siap?

1. Bakalan jadi jaim banget

Nggak bisa dipungkiri yang namanya pasangan baru tentulah ingin mesra-mesraan terus. Tapi, gimana kalau setelah menikah lalu tinggal di rumah mertua? Sudah pasti kamu dan pasangan akan jaga image alias jaim biar nggak terlihat berlebihan. Nggak hanya soal kemesraan dengan pasangan, kamu juga jadi lebih hati-hati dalam bersikap. Memang sih ini biasanya hanya berlaku di awal dan rasanya awkward banget. Tapi, kalau udah akrab sama mertua, kamu juga akan terbiasa dan pelan-pelan akan bersikap seperti kamu yang sebenarnya.

2. Membandingkan masakan mama dan mertua

Saat pertama kali tinggal di rumah mertua, bagi menantu perempuan mungkin akan ikutan bantuin mama mertua masak atau bagi menantu laki-laki akan merasakan masakan yang berbeda dengan yang di rumah. Nggak hanya membandingkan rasa masakannya yang mungkin berbeda, kamu pun akan memasak dengan cara yang juga berbeda. Kalau masih jadi menantu baru biasanya akan sungkan untuk mengoreksi masakan mama mertua. Jadi, ya, cukup membandingkan dalam hati aja deh, ya.

3. Jadi punya kebiasaan baru

Tempat tinggal baru, suasana baru, dan pastinya kamu bakalan jadi punya kebiasaan baru. Kalau biasanya kamu bangun siang di akhir pekan, saat tinggal di rumah mertua kamu akan merasa bersalah ketika bangun siang meskipun mertuamu nggak berkomentar. Kebiasaan ini biasanya dilakukan agar kamu terlihat sebagai pribadi yang rajin. Kamu pun nggak segan-segan untuk mengubah gaya hidup demi dapat diterima dengan baik oleh mertua. Misalnya, kamu yang malas olahraga jadi ikutan olahraga bareng karena melihat mertua rajin olahraga.

4. Belajar mengurus rumah tangga dengan aturan mertua

Aturan yang berlaku di rumah kamu dengan rumah mertua bisa aja berbeda. Misalnya, kalau di rumah kamu nyuci mobilnya pakai selang air, di rumah mertua mungkin ada alat khusus untuk cuci mobil. Kalau di rumah kamu biasanya pakai vacuum cleaner, bisa aja di rumah mertua kamu harus belajar membersihkan lantai pakai sapu. Semua itu harus kamu sesuaikan dengan aturan dan kebiasaan di rumah mertua. Meskipun ada yang sulit untuk kamu lakukan, tapi namanya juga menantu baru, nggak mungkin dong tiba-tiba jadi raja dan ratu?

5. Jadi kangen sama suasana di rumah sendiri

Sebetah apa pun ketika tinggal bersama mertua, kamu juga pasti akan kangen dengan suasana di rumah orang tua sendiri. Menjadi menantu baru mengajarkan kamu untuk memahami arti penting sebuah keluarga dan kenyamanan. Menjadi bagian dari keluarga yang baru mungkin nggak mudah, tapi itu semua akan mengingatkanmu tentang rindu untuk kembali ke pangkuan orang tuamu. Hampir sama seperti merantau, kamu juga akan merasakan homesick dan bahagianya lebih terasa saat pulang kampung atau mengunjungi rumah orang tua.

Ternyata menjadi menantu baru yang tinggal di rumah mertua memiliki banyak tantangan. Tapi, itu semua akan lebih mudah dijalani ketika kamu menganggap bahwa mertua sama dengan orang tuamu juga sehingga kamu akan lebih ikhlas dalam menghadapi kehidupan rumah tangga barumu. Selamat bersukacita di pondok indah mertua!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES