Sebagai Fresh Graduate Kamu Harus Punya 6 Hal Ini Biar Mudah Mencari Kerja

gdpventure.com

Menurut kebanyakan orang, mencari pekerjaan di era sekarang ini memang bisa dibilang benar-benar susah. Banyaknya persyaratan yang harus dipenuh menjadi salah satu alasannya. Yang mana, hal ini akan sangat memberatkan bagi fresh graduate yang secara umum belum memiliki pengalaman kerja apapun, karena memang statusnya baru lulus dari bangku kuliah. Meskipun begitu, sebenarnya bagi kamu yang fresh graduate, kamu juga bisa kok mendapatkan pekerjaan yang layak dan tanpa terlalu sulit. Setidaknya, berikut ini adalah 6 hal yang perlu kamu punyai supaya kamu bisa bersaing dengan para pencari kerja lainnya:

1. Disiplin waktu

maxmanroe.com

Kamu harus punya sikap disiplin terhadap waktu untuk bisa bersaing dengan rekan-rekanmu yang mencari pekerjaan yang sama. Kamu bisa menilai seberapa disiplin dirimu dengan berkaca pada tugas-tugas yang diberikan oleh dosen semasa kuliah. Untuk perusahaan, hal ini sangat penting mengingat sering kali deadline yang ada di perusahaan begitu ketat yang pada akhirnya juga menuntut pekerja yang ada di dalamnya menjadi pribadi yang disiplin dan sangat menghargai waktu.

2. Kemampuan bahasa asing

www.sardalavoro.it

Di dunia global yang berkembang dengan sangat pesat seperti sekarang ini, memiliki kemampuan bahasa asing merupakan aset yang sangat bagus, terutama bagi kamu para fresh graduate. Baik itu kemampuan memahami, berbicara maupun menulis. Apalagi jika ditambah dengan pengalaman di dunia internasional serta pemahaman yang baik akan konteks budaya dari bahasa tersebut. Hal ini akan membantumu mendapatkan pekerjaan yang bagus serta meningkatkan karirmu dengan cepat ke depannya.

3. Kompak dalam tim

kristiyasa.com

Bekerja di sebuah perusahaan tidak saja tentang skill dan kemampuan, tapi juga tentang bagaimana kita secara pribadi bisa bersatu dengan tim. Dalam hal ini, kamu harus bisa benar-benar membaur dengan ritme kerja yang sudah ada di dalam tim dan mampu berkolaborasi dengan kawan-kawan satu kelompok. Kamu harus mampu mendengarkan pendapat orang lain dan menunjukkan apresiasi terhadap pendapat itu. Intinya, kamu harus bisa benar-benar tetap produktif di dalam tim tersebut.

4. Komunikasi lancar
isoc.com

Sebagai makhluk sosial, manusia perlu bersosialisasi dan menyampaikan pendapat dengan orang-orang di sekitarnya. Apalagi di dunia kerja, dimana kita benar-benar membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik untuk dapat menyampaikan gagasan kita baik kepada rekan maupun kepada klien. Kemampuan komunikasi ini pula yang akan membuat si pewawancara memutuskan untuk memperkerjakan kamu atau tidak. Sehingga, kemampuan ini memang baiknya terus diasah supaya lebih baik dari hari ke hari.

5. Analisis yang mendalam
anadi.com.br

Di zaman yang penuh dengan data, pemahaman yang baik dalam menganalisis data juga menjadi modal yang cukup berharga. Di mana dengan itu, kita bisa mengevaluasi kinerja, membuat prediksi ataupun menyusun strategi bisnis ke depannya. Kemampuan ini merupakan kemampuan yang mahal dan tidak banyak orang yang benar-benar menguasainya, sehingga kamu perlu mengasah kemampuan ini dan membuktikannya di dunia nyata untuk membuat pewawancara yakin memilihmu sebagai karyawannya.

6. Kreatifitas tanpa batas

australianonlinecourses.com.au

Semakin ke sini, kita dituntut untuk semakin kreatif dalam hal apapun. Zaman yang terus berubah akan membuat orang yang tidak mau bersikap kreatif semakin tertinggal. Sebagai seorang fresh graduate, kekuatan terbesarmu sebenarnya adalah kemampuan untuk fleksibel, adaptif, dan berpikiran maju. Di mana di dalam penerapannya secara langsung, kemampuan ini diharapkan mampu membuat perubahan di perusahaan dalam hal meningkatkan efisiensi, kompetisi serta value brand yang menonjol.

Keenam hal di atas merupakan hal-hal dasar yang perlu kamu miliki sebagai seorang fresh graduate untuk mendapatkan nilai plus di mata pewawancara. Meskipun ada banyak hal lain yang perlu kamu miliki serta kamu persiapkan, setidaknya keenam hal di atas mampu menjadi fondasi awal untuk bersaing dengan rekan pencari kerja lainnya. Sehingga, untuk kamu yang belum lulus, kamu bisa mulai belajar untuk meningkatkan kemampuan yang sudah tertulis di atas ini ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bikin Seru! 10 Tempat Outbound Malang untuk Acara Kantor & Keluarga | Keepo.me

Bikin Seru! 10 Tempat Outbound Malang untuk Acara Kantor & Keluarga | Keepo.me

Jangan Sepelekan 5 Persiapan Pernikahan Ini. Punya Manfaat Jangka Panjang, Lho!

Jangan Sepelekan 5 Persiapan Pernikahan Ini. Punya Manfaat Jangka Panjang, Lho!

Pemotor Ini Keberatan Ditilang karena Masuk Jalur Cepat. Alasannya karena Dia Juga Cepat | Keepo.me

Pemotor Ini Keberatan Ditilang karena Masuk Jalur Cepat. Alasannya karena Dia Juga Cepat | Keepo.me

Pertama Kali Merantau? 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Biar Nggak Mudah Homesick!

Pertama Kali Merantau? 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Biar Nggak Mudah Homesick!

Punya Selera Fashion yang Gaul, Nenek Ini Bikin Influencer Fashion Malu Sendiri | Keepo.me

Punya Selera Fashion yang Gaul, Nenek Ini Bikin Influencer Fashion Malu Sendiri | Keepo.me

Musim Hujan Dingin-dingin Enaknya Makan Seblak Makaroni, Lebih Hangat dari Pelukan Mantan

Musim Hujan Dingin-dingin Enaknya Makan Seblak Makaroni, Lebih Hangat dari Pelukan Mantan

loading