Sayangi Pencernaanmu dengan 9 Cara Simpel Ini. Usir Penyakit Jahat yang Mengintai!

www.pexels.com

Di tengah zaman yang serba praktis, manusia juga dituntut untuk lebih gesit dalam menyelesaikan tugasnya. Apa-apa mau yang serba cepat. Untuk makanan dan minuman pun, dicari yang cepat saji. Asupan yang semakin tidak sehat itu bisa mengancam kesehatan pencernaan manusia.

Jika pencernaanmu terganggu, akan semakin banyak masalah yang akan bermunculan. Mulai dari gangguan penyakit sepele dan bisa berubah jadi kronis. Makanya, kita wajib banget nih menjaga kesehatan pencernaan kita. Namun karena itu tadi, zaman yang serba sibuk membuat kita cenderung lupa memperhatikan hal ini.

Melihat fenomena itu, YuKepo kali ini akan memberi tips menjaga kesehatan pencernaan buat kalian yang super sibuk. Udah saatnya lho kita memperhatikan kesehatan. Karena buat apa kerja di sana-sini jika akhirnya penyakit berdatangan hinggap di tubuh kita. Iya, 'kan?

1. Konsumsi makanan yang mengandung serat

healinglifestyles.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan yang mengandung serat dipercaya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Terdapat dua jenis serat makanan, yakni serat larut dan serat tak larut. Serat larut merupakan serat yang berfungsi mengumpulkan semua kotoran, sedangkan serat tak larut berfungsi mencegah kotoran yang terlalu encer. Oat, sayuran, dan biji-bijian merupakan makanan yang bisa konsumsi untuk mendapatkan nutrisi serat yang tinggi.

2. Kurangi konsumsi makanan berlemak

www.pritikin.com

Makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan, sehingga membuatmu rentan terkena sembelit. Eitsss, tidak berarti kamu berhenti mengonsumsi lemak ya. Kamu tetap membutuhkan lemak sebagai energi, tetapi jumlah konsumsinya perlu dibatasi agar tidak menyebabkan gangguan saat dicerna tubuh.

3. Konsumsi daging tanpa lemak

www.mensfitness.com

Mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, lho. Nutrisi protein ini salah satunya bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi daging. Pilihlah potongan daging tipis tanpa lemak atau tanpa kulit jika daging unggas. Hal ini bertujuan mengurangi asupan lemak yang terdapat pada daging.

4. Tambahkan asupan probiotik
www.cravingsofalunatic.com

Probiotik merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk pencernaan. Adanya probiotik dalam tubuh dapat mencegah dampak negatif akibat pola makan yang buruk. Selain itu, probiotik juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, membantu memecah laktosa, memperkuat imun, dan bisa membantu mengobati iritasi usus besar. Probiotik ini bisa kamu dapatkan salah satunya dengan mengonsumsi yogurt.

5. Makan teratur sesuai jadwal
watchfit.com

Makan teratur sesuai jadwal tentu berpengaruh pada kesehatan pencernaan. Pengaturan jam makan yang ideal antara sarapan, makan siang, dan makan malam setiap harinya akan membantu sistem pencernaanmu bekerja dengan baik.

6. Banyak mengonsumsi air mineral

www.thesun.co.uk

Tidak dapat disangkal lagi bahwa air mineral mempunyai manfaat yang luar biasa untuk tubuh, terutama untuk memperlancar siklus pencernaan. Mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap harinya akan membantu proses pelarutan lemak dan penyerapan serat. Selain itu, banyak mengonsumsi air mineral juga dapat mencegah berbagai gangguan pencernaan.

7. Hindari kebiasaan buruk

www.medicalnewstoday.com

Kalau kamu punya kebiasaan merokok, minum alkohol, dan sering mengonsumsi kopi, sebaiknya mulai saat ini kebiasaan tersebut mulai dihindari. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa mengganggu fungsi sistem cerna tubuhmu. Akibatnya, kamu akan rentan terkena berbagai gangguan kesehatan.

8. Olahraga teratur

www.healthline.com

Olahraga secara teratur akan membantu makanan melalui sistem pencernaan sehingga mengurangi risiko sembelit. Selain itu, olahraga rutin juga membantu berat badanmu tetap ideal yang berdampak positif pada sistem pencernaan.

9. Mengelola stres dengan baik
parade.com

Tips terakhir untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah mengelola stres dengan baik. Seseorang yang sedang mengalami stres sangat rentan terkena berbagai gangguan pencernaan. Oleh sebab itu, kamu pun harus bisa menjaga kesehatan pencernaan tidak hanya melalui asupan makanan tetapi juga dengan menjaga kesehatan mental.

Nah, itu dia tips menjaga kesehatan pencernaan. Nggak susah 'kan sebenernya menjaga kesehatan pencernaan kita. Ingat ya guys, kesehatan tetap nomer satu. Kita bekerja mencari rezeki bukan untuk bikin tubuh sakit berobat.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
13 Inspirasi Style Boho Chic Cewek Dari Coachella. Unik dan Cantik Semuanya!

13 Inspirasi Style Boho Chic Cewek Dari Coachella. Unik dan Cantik Semuanya!

Kasual Hingga Anggun, Ini 10 Gaya Syahnaz Shadiqah yang Pancarkan Aura Cantiknya

Kasual Hingga Anggun, Ini 10 Gaya Syahnaz Shadiqah yang Pancarkan Aura Cantiknya

Ikuti 8 Etika Ini, Niscaya Kamu Tidak Termasuk dalam Golongan Penonton Katrok di Bioskop

Ikuti 8 Etika Ini, Niscaya Kamu Tidak Termasuk dalam Golongan Penonton Katrok di Bioskop

7 Bisnis Jasa Titip Ini Lagi Menjamur. Modal Dikit, Untungnya Bisa Bikin Tajir

7 Bisnis Jasa Titip Ini Lagi Menjamur. Modal Dikit, Untungnya Bisa Bikin Tajir

Seksi dan Curi Perhatian, Ini 10 Gaya Kece Selebritis Saat Hadiri Festival Musik Coachella

Seksi dan Curi Perhatian, Ini 10 Gaya Kece Selebritis Saat Hadiri Festival Musik Coachella

5 Cara Mudah untuk Membantu Kamu Cari Teman di Facebook. Yuk, Dicoba!

5 Cara Mudah untuk Membantu Kamu Cari Teman di Facebook. Yuk, Dicoba!

loading