Sambal Indonesia Bakal "Go Internasional". Siap Membakar Mulut Orang Sedunia!

11 Mei 2018
|Robertus Ari
609SHARES

Mungkin hampir semua orang Indonesia setuju, kalau makan nggak pakai sambal rasanya nggak meriah. Pasti hal ini dikarenakan rasa sambal itu sendiri, yakni pedas tapi bikin menggoda. Bahkan, saking dominannya orang Indonesia suka dengan sambal, setiap kali makan apa pun selalu menggunakan olahan cabai ini. Entah ini untuk makan besar maupun cuma snack seperti aneka gorengan.

Tapi tahu nggak, sambal Indonesia sempat dijadikan objek penelitian di UGM, lho. Lalu dari hal tersebut, hasil apa saja yang mereka dapatkan? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Jumlah sambal yang ditemukan

Dilansir dari laman Liputan6, ketua tim penelitian Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM, Mudjiati Garjito, mengungkapkan bahwa pihaknya telah berhasil mengidentifikasi berbagai macam sambal yang ada di Indonesia. Timnya telah menemukan ada 322 varian sambal yang ada di negara kita. Kemudian dari total jumlah tersebut, tim penelitian mencoba mengerucutkan menjadi 257 macam sambal, yang sering digunakan dalam masakan atau hidangan.

2. Semua sambal ini nantinya bakal dibukukan

Masih dilansir dari laman yang sama, Mudjiati Garjito juga mengatakan bahwa total sambal yang berhasil ia temukan bakal dibukukan nantinya. “Kami telah melakukan penelitian dan akan segera dibukukan, bahwa ada 322 macam sambal di mana 257 di antaranya digunakan untuk hidangan dalam masakan. Kemudian akan dikelompokkan lagi, ada sambal mentah 119 macam dan 138 untuk sambel masak,” ujarnya.

3. Variasi bumbu yang paling sering digunakan sambel khas Indonesia

Dari proses penelitian tersebut, Mudjiati Garjito juga menemukan kekhasan tersendiri dan sambal-sambal Indonesia, yakni selain cabai ada beberapa bahan yang itu selalu digunakan di dalam berbagai macam sambal. “Dari 257 macam sambal tadi, terdapat 122 varian bumbu yang paling sering digunakan, yaitu bawang merah, bawang putih, gula kelapa, gula, dan minyak goreng,” tambah Mudjiati Garjito.

4. Sambal Indonesia bakal go internasional

Selain penemuan macam-macam sambal, ternyata olahan ini juga akan diperkenalkan ke kancah internasional. Melansir laman Phinemo, Dekan FTP UGM, Eni Hermayani mendukung pemerintah agar sambal Indonesia bisa dikenalkan ke dunia internasional. “Dikenalkan ke dunia internasional sebagai simbol masakah khas dari Indonesia, nantinya sambal menjadi identik dengan Indonesia,” pungkas Eni.

Bagaimana menurutmu? Sepertinya sambal Indonesia ini memang patut dijadikan kuliner khas negeri kita, ya. Bahkan, dunia internasional pun harus mengenal atau mencicipi olahan cabai ini, karena sambal menjadi salah satu kekayaan kuliner di Indonesia. Lalu apa nih sambal favoritmu? Sebutin di kolom komentar, ya!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
609SHARES