“Sakau” sama Media Sosial? Dikurangi dengan 7 Langkah Ini, Bahaya Kalau Ketergantungan!

05 Januari 2018
|Dwi Ayu Silawati
383SHARES

Tidak perlu jadi generasi milenial untuk mengenal media sosial zaman now. Bahkan orang tua kita yang sudah paruh baya pun tidak lagi asing dengan Facebook, Whatsapp, LINE, Instagram, dan Twitter. Jika dulu, media sosial hanya bisa kita akses di komputer atau laptop, dengan adanya smartphone, kita bisa mengaksesnya di mana pun. Sampai banyak yang mengatakan, tanpa smartphone kita bisa mati gaya.

Namun, pernahkah kamu merasa menghabiskan waktu terlalu banyak di media sosial, hingga melupakan hal-hal yang sebenarnya jauh lebih penting. Pernahkah kamu membayangkan berapa banyak waktu yang kamu buang hanya untuk menonton video dan membaca posting-an teman? Berapa banyak waktu kamu gunakan hanya untuk memilih foto dan caption yang pas untuk di-posting?

Kalau iya, bersyukurlah kamu sudah mulai sadar dan kemudian mengklik berita ini. Sekarang saatnya melakukan hal yang bisa mengurangi ketergantunganmu pada media sosial!

1. Berisik? Matikan notifikasimu

Notifikasi jelas akan mengganggu kegiatanmu. Bayangkan ketika kamu sedang fokus mengerjakan tugas  atau sedang menghadiri rapat, tiba-tiba ada bunyi notifikasi yang membuat kamu melirik ke telepon genggammu. Percuma juga jika kamu mematikan suara dan menggantinya dengan mode getar.

Beberapa smartphone punya fitur yang memungkinkan teleponmu tidak akan bergetar atau berbunyi selama layarnya tidak disentuh atau diaktifkan. Hal ini sebenarnya ditujukan untuk menghemat daya, tetapi cukup berguna juga untuk menjauhkanmu dari notifikasi media sosial. Beberapa media sosial juga memungkinkanmu untuk tidak menerima notifikasi selama kamu tidak membuka aplikasi itu. 

2. Buat batas waktu dan berusaha mematuhinya

Coba kamu hitung rata-rata berapa jam yang kamu habiskan untuk media sosial setiap harinya. Mulai sekarang setiap kamu membuka laman media sosialmu, nyalakan timer, misal 15 menit. Jangan tergoda untuk menambah durasinya. 

3. Cari hobi baru

Carilah hobi baru yang bisa membuat kamu teralihkan dari media sosial, misalnya membaca buku, menulis, merajut, belajar main gitar. Cobalah berbagai kegiatan yang bisa membuat kamu mengerjakannya selama berjam-jam. Kamu akan terkejut bahwa ternyata seharian ini kamu bahkan belum mengecek media sosialmu. 

4. Melakukan obrolan langsung

Berusahalah untuk mengobrol dengan sahabat, teman kantor, atau keluarga secara langsung. Simpan rapat-rapat smartphone kamu di dalam tas, dan fokuslah pada orang-orang yang ada di dekatmu, seperti teman kantor dan teman sekelasmu. Kalau kamu di rumah, simpan smartphone-mu di kamar dan bergabunglah dengan keluargamu di ruang tengah sambil nonton TV dan ngemil misalnya. 

5. Jadikan media sosial sebagai hadiah untuk kedisiplinanmu

Caranya dengan mengganggap media sosial sebagai hadiah yang bisa kamu dapatkan setelah kamu berusaha keras memenangkan suatu pertandingan. Setelah kamu berhasil menyelesaikan satu tugas, baru kamu bisa mengakses media sosialmu. 

6. Ketemuan langsung

Jika kamu dan lawan bicaramu ada kesempatan bertemu langsung, jangan pikir dua kali. Langkahkan kakimu keluar dan tatap muka mereka langsung. Temui teman-teman lama atau teman satu komunitasmu yang selama ini cuma kamu sapa lewat grup chat. 

7. Libur dari media sosial

Sama seperti bekerja dan bersekolah yang membuat kamu lelah dan menginginkan liburan, anggaplah media sosial adalah rutinitas yang terkadang butuh kamu jauhi sejenak. Kalau mematikan notifikasi ternyata tidak begitu berhasil, uninstall saja aplikasinya dari smartphone kamu, atau log out dari akunmu selama beberapa hari. Rasakan perbedaannya! 

Semoga beberapa cara di atas bermanfaat buat kalian yang mulai lelah dengan hiruk pikuk media sosial. Selamat mencoba, guys! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
383SHARES