Sajian Nyeleneh, Otak Kambing Bacem di Jogja. Berani Mencoba?

30 Mei 2018
|Robertus Ari

Keragaman kuliner di Jogja memang tidak ada habisnya. Datang ke kota Gudeg ini kamu bisa menemukan macam-macam sajian lezat, mulai dari yang pedas, manis, hingga gurih. Pokoknya sangat lengkap untuk memanjakan lidah kamu. Nah, salah satu yang mungkin jadi favorit banyak orang adalah olahan daging kambing. Tentu di kota Pelajar ini kamu bisa menemukan ragam kuliner ini dengan berbagai jenis olahan, entah itu sate, tongseng, dan gulai.

Tapi apakah kamu pernah mencoba kepala kambing bacem? Bisakah kamu membayangkan otak kambing yang dimasak bacem? Cukup nyeleneh memang. Tapi di Jogja ada kuliner unik ini di warung H. Sukirman. Lalu seperti apa sih kudapan satu ini?

1. Apa sih yang bikin kepala kambing Pak Sukirman ini menarik?

Kuliner ini termasuk langka. Melansir laman Kompas.com, olahan kepala kambing bacem ini diklaim menjadi satu-satunya yang ada di Jogja. Ketika kamu mencicipi olahan ini, kamu bisa merasakan kenikmatan olahan kambing selain yang sudah ada sebelumnya seperti sate, tongseng, maupun gulai.

Lalu sebagai teman bersantap, juga disediakan sambal yang beda dari lainnya. Sambal ini dimasak dengan daun salam, lengkuas, jahe, daun jeruk, gula, dan garam. Untuk tingkat pedasnya kamu bisa sesuaikan ingin cabai berapa.

2. Kepala kambing bacem H. Sukirman adalah usaha terun-temurun

Kalau kamu belum tahu, bacem adalah masakan yang diolah dengan rasa manis yang biasanya untuk tahu maupun tempe. Warung ini sudah ada dari tahun 1967 dan sekarang dijalankan oleh generasi ketiga bernama, Siti Wahyuni.

“Sudah sejak awal memang simbah berjualan di daerah Babadan Baru sini yang dikenal sebagai sentral masakan daging kambing. Kemudian usaha ini diteruskan bapak yang namanya H. Sukirman, dan sekarang saya yang meneruskan,” ujar Siti seperti dikutip dari laman Kompas.com.

3. Apa saja menu yang tersedia di warung Pak Sukirman?

Tentu saja menunya tidak hanya kelapa kambing saja, melainkan ada olahan lain yang bisa kamu coba. Seperti baceman mata kambing, lidah, cingur, kikil, dan gulai jeroan. Tampaknya warung H. Sukirman ini memang beda dari warung olahan daging kambing lainnya, semua dari kepala kambing. Tapi meskipun terkesan aneh, dagingnya sangat empuk. Sebab kepala kambing proses pemasakannya sampai 4 jam. Jadi soal rasa nggak perlu diragukan lagi!

4. Berapa harga dan di mana kamu bisa mencicipi kuliner ini?

Untuk harga mulai dari Rp 25 ribu. Warung ini buka dari pukul 4 sore hingga 10 malam. Lalu untuk alamatnya ada di Jalan Kaliurang Km. 7, gang Kenanga No. 7, Desa Babadan Baru, Yogyakarta. Lokasi tepatnya di belakang Pasar Kolombo. Selamat mencoba!

Itulah tadi kepala kambing bacem milik H. Sukirman yang sangat terkenal di Jogja. Bagaimana apakah kamu tertarik mencoba? Meskipun terdengar tak biasa, tapi rasanya benar-benar enak, lho. Dijamin kamu bakal ketagihan deh. Buruan cobain!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
SHARES