Rutinkan Kebiasaan Ini Sebagai Bentuk Rasa Sayang ke Rambutmu

unsplash.com

Hampir setiap orang akan mendambakan punya rambut sehat dan indah. Sayangnya, tidak semua bisa memiliki rambut idaman. Bahkan banyak yang mengeluh karena sulit menumbuhkan rambut. Apalagi kalau perempuan. Sayang banget sama rambut yang merupakan mahkota perempuan.

Beberapa orang ada yang rela mengeluarkan uang banyak agar memiliki rambut yang cantik dengan mendapatkan perawatan super. Tapi kalau iseng mencoba mode dan warna rambut, akibatnya rambut menjadi rusak dan rontok.

Kerontokan rambut pada umumnya bersifat sementara dan jadi cara tubuh untuk menyesuaikan diri akibat pengaruh faktor tersebut. Gimana ya caranya supaya rambut tetap cantik dan sehat? Ini dia rahasianya!

1. Gunakan bahan alami

unsplash.com

Merawat rambut yang murah biasanya bisa dari bahan yang alami. Sebut saja dari bahan seperti lidah buaya, kemiri, alpukat, bawang putih dan masih banyak lainnya. Lidah buaya merupakan tanaman yang sudah terkenal mengatasi berbagai permasalahan rambut. Kemiri membuat rambut tumbuh menjadi lebih tebal dan hitam. Alpukat dan bawang putih bisa dijadikan masker untuk rambut. Paket komplot sekaligus terjangkau, 'kan?

2. Rajin keramas

unsplash.com

Masalah rambut biasanya berawal dari malas keramas. Tidak hanya permasalahan rambut, kalau malas keramas, penyakit yang lain bisa datang seperti jerawat di muka. Tidak mau 'kan wajah kalian jadi ikutan bermasalah seperti rambut?

3. Gunakan hair tonic

unsplash.com

Hair tonic punya fungsi yang salah satunya untuk memanjangkan rambut. Untuk kalian yang rambutnya rontok, pakai hair tonic saja untuk menumbutkan rambut baru lebih cepat. Selain itu, produk rambut yang harus dimiliki adalah masker rambut.

Masker ini cocok digunakan bagi kalian yang hampir setiap hari menggunakan alat catok. Cara pakainya mudah kok. proses pemberian masker ini hanya dioleskan saja pada lapisan rambut, dioles saja tanpa ada pemijatan. Kalau rutin, rambut akan tampak lebih kuat dan berkilau!

4. Menyisir rambut
unsplash.com

Beberapa wanita malas menyisir rambut karena merasa tidak ada yang lihat alias menggunakan hijab. Tetapi,  menyisir rambut juga penting. Walau sepele, menyisir rambut punya pengaruh yang cukup besar dalam kesehatan rambut yang kalian miliki. Menyisir rambut secara benar bisa mengurangi kerontokan rambut.

Cara menyisir yang benar adalah dengan menyisir bagian ujung rambut terlebih dahulu baru bagian atasnya. Kalau menyisir dari atas dulu malah nanti rambutmu rontok dan patah karena rambut kusut. Selain itu, jenis sisir yang dipakai juga berpengaruh. Sisir yang terbuat dari plastik bisa menghantarkan listrik statis dan membuat rambutmu rusak. 

5. Hindari makanan yang manis
unsplash.com

Selain memperhatikan faktor eksternal, kamu juga harus memperhatikan asupan nutrisi. Kerontokan bisa terjadi karena faktor makanan yang dikonsumsi. Terutama karena sering memakanan makanan yang mengandung banyak gula.

Gula memang diperlukan tubuh sebagai zat menambah tenaga, tapi tubuh tidak memerlukannya dalam jumlah banyak. Makanya, justru kalau terlalu banyak mengkonsumsi gula malah menjadi 'anti-nutrisi' dan tidak memberikan keuntungan signifikan terhadap kesehatan tubuh.

Ini yang malah mengambil nutrisi lain di dalam tubuh untuk memprosesnya. Nutrisi yang terambil ini juga merupakan nutrisi untuk menjaga keindahan rambut. Kalau konsumsi gula kamu semakin banyak, maka rambut akan semakin mudah rapuh bahkan rusak.

6. Memakai hair essence

unsplash.com

Siapa bilang essence hanya untuk wajah? Ternyata rambut juga memerlukan essence. Ini adalah tahapan terakhir dari rangkaian kegiatan keramas. Fungsinya adalah untuk mengunci kelembapan dan melindungi rambut yang kamu miliki hingga beberapa hari ke depan.

Memang jarang ada yang sampai menggunakan hair essence setiap habis keramas. Tapi ini juga penting untuk menjaga keindahan rambutmu. Ada berberapa penjelasan mengenai bagian terakhir ini. Setelah keramas, tentunya tidak langsung menggunakan essence. Tetapi bertahap dari conditioner, essence dan serum.

Fungsi dari conditioner adalah untuk melembutkan dan menjaga rambut agar tetap lembap. Hair essence memiliki fungsi untuk menghidrasi, menutrisi dan menjaga rambut agar tetap lembut dan berkilau. Hair serum berfungsi untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari dan polusi. 

7. Hindari stres

unsplash.com

Kerontokan rambut yang paling umum disebabkan oleh stres emosional dan fisik. Stres fisik biasanya akibat dari terkena paparan radikal bebas dan polusi lingkungan. Sedangkan stres emosional bisa terjadi akibat dari masalah percintaan, pekerjaan dan keluarga.

Bahkan rambut sangat rentan untuk rontok ketika sakit atau ketika diet hingga mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis. Segala sesuatu yang bisa membuatmu stres, usahakan untuk kamu hindari ya. Kasihan rambutmu harus gugur dengan percuma kalau kamu masih sering stres.

Terapkan tips di atas agar rambutmu tetap cantik dan sehat. Ternyata tidak semahal yang kamu kira 'kan, girls. Yang penting, selalu telaten merawat rambut dan selalu berpikiran positif maka rambut indah dapat kamu miliki. Semoga bermanfaat!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Viral Pernyataan ‘Papua Tanah Israel Kedua’ Kemendagri Panggil Sekda Hery! | Keepo.me

Viral Pernyataan ‘Papua Tanah Israel Kedua’ Kemendagri Panggil Sekda Hery! | Keepo.me

Fashion Items yang Jadi Penunjang Style untuk Para Hijabers

Fashion Items yang Jadi Penunjang Style untuk Para Hijabers

Gila! Penjajahan Gaya Baru! Amerika Serikat Berencana Membeli Greenland! | Keepo.me

Gila! Penjajahan Gaya Baru! Amerika Serikat Berencana Membeli Greenland! | Keepo.me

Wajah Bersih dan Merona Bisa Terwujud, Asal Rutin Pakai 7 Masker Alami Ini

Wajah Bersih dan Merona Bisa Terwujud, Asal Rutin Pakai 7 Masker Alami Ini

5 Goyangan yang Hebohkan Panggung Dangdut Tanah Air | Keepo.me

5 Goyangan yang Hebohkan Panggung Dangdut Tanah Air | Keepo.me

Inspirasi Gaya Simplicity Ala 10 Selebriti Wanita Tanah Air

Inspirasi Gaya Simplicity Ala 10 Selebriti Wanita Tanah Air

loading