Roti Sudah Kadaluarsa? Jangan Dibuang Dulu, Kamu Bisa Bikin Jadi Makanan Lezat, lho!

13 Juli 2018
|Robertus Ari
235SHARES

Serius nggak apa-apa makan roti kadaluarsa? Yup. Tapi tentu saja ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Melansir laman detik health, mengkonsumsi roti kadaluarsa memang tidak disarankan, tetapi tidak masalah asal kemasan belum rusak. Yang perlu kamu perhatikan adalah istilah Best Before (BB atau masih dalam kualitas terbaik) dan Use-By (UB atau batas relatif konsumsi). Kamu juga perlu tahu bahwa roti yang kualitas konsumsinya sudah menurutun ini bisa kamu manfaatkan menjadi olahan yang lezat.

Nah, daripada mubazir kamu buang, lebih baik kamu buat menjadi olahan lezat yang bisa kamu bikin secara mandiri di rumah. Penasaran seperti apa? Berikut beberapa sajian spesial dari roti kadaluarsa yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Crouton

Di Eropa, crouton sering menjadi teman makan sup atau salad. Bentuknya mirip seperti garlic bread, rasanya juga gurih dan mengenyangkan. Membuatnya nggak sulit, kok. Pertama kamu potong-potong kuenya. Ukuran bisa kamu sesuaikan selera. Setelah itu kamu panggang di oven atau goreng roti hingga warnanya kecoklatan. Lalu tiriskan hingga mengering dan siap untuk dinikmati.

2. Remah Roti

Remah roti juga sering disebut tepung panir. Cara membuatnya mudah. Pertama iris roti menjadi beberapa bagian. Lalu panggang dengan suhu 150 derajat selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu biarkan dingin dulu dan hancurkan dengan food processor. Kalau kamu nggak punya alat ini, kamu bisa menggunakan gilingan kue biasa, kok.

3. Puding Roti

Roti kadaluarsa juga bisa kamu bikin sebagai menu penutup seperti puding roti. Bikinnya mudah. Gunakan bubuk puding instan, masukkan ke dalam air mendidih, dan masak dengan api sedang. Aduk terus adonan hingga matang. Setelah itu tuangkan sedikit adonan ke cetakan puding lalu tambahkan roti ke dalamnya (kamu juga bisa menambahkan blueberry, kismis, dan semacamnya). Setelah itu tuangkan lagi adonan puding di atas roti agar semua terlumuri dengan adonan. Kemudian masukkan kulkas selama beberapa jam.

4. Panzanella Salad

Panzanella salad juga disebut sebagai salad roti khas Italia. Untuk membuatnya sama seperti crouton tadi, tapi untuk yang ini kamu perlu menambahkan tomat mentah. Kemudian kamu aduk crouton dan tomat serta tambahkan sedikit cuka. Aduk hingga semuanya merata. Untuk menambahkan rasa, kamu bisa tambahkan jagung manis, bawang merah, paprika, timun, dan lainnya.

5. Roti Panggang

Memanggang roti kadaluarsa memang menjadi cara andalan untuk bisa dikonsumsi kembali. Caranya yang gampang banget. Kamu tinggal oleskan mentega dan langsung dipanggang. Kalau ingin berkreasi, kamu bisa tambahkan telur dan lainnya. Pokoknya bisa sesuaikan dengan selera kamu.

Itulah tadi berbagai olahan dari roti kadaluarsa. Menarik, bukan untuk dicoba? Lalu mana nih yang ingin kamu bikin di rumah? Jadi jangan dibuang dulu ya kalau punya roti yang hampir atau sudah kadaluarsa, manfaatkan untuk membuat berbagai olahan lezat tadi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
235SHARES