Rasanya Khas, 9 Minuman Asli Indonesia Ini Bikin Segar Sampai Ke Ubun-ubun

14 Mei 2018
|Reza Pratama
2.7 KSHARES

Selain sukunya yang beragam, Indonesia juga memiliki banyak ragam kuliner yang bercita rasa khas. Tak hanya makanannya saja yang terkenal kuat akan rempah, berbagai minuman asli nusantara pun memiliki rasa nikmat yang tidak bisa ditemukan di minuman-minuman khas negara lain. Dari minuman hangat sampai minuman dingin menyegarkan semuanya terasa nikmat di tenggorokan. Berikut 9 minuman khas nusantara yang bikin dahaga langsung lenyap seketika. 

1. Bajigur

Minuman beraroma khas yang satu ini memang paling cocok diminum saat cuaca sedang dingin. Aromanya yang khas, rasanya yang manis, serta kehangatannya membuat siapapun terlena di setiap tegukannya. Biasanya bajigur paling nikmat jika ditemani camilan-camilan seperti kacang, ubi rebus, dan klepon.

2. Bandrek

Selain bisa menghangatkan, bandrek juga memiliki khasiat untuk melegakan tenggorokan. Masyarakat Jawa Barat biasanya meminum bandrek sebagai obat untuk menghilangkan masuk angin. Sama seperti bajigur, minuman berbahan jahe dan gula merah ini juga paling cocok diminum di kala hujan atau malam hari.  

3. Es cendol

Siapa yang nggak ngiler liat minuman menyegarkan yang satu ini. Es cendol merupakan minuman khas Indonesia yang berbahan dasar tepung beras yang dibentuk lonjong serta dicampur gula merah cair dan santan membuat cita rasa cendol terasa sempurna di mulut. Es cendol paling nikmat diminum di kala cuaca sedang terik dan panas. 

4. Sekoteng

Meski dihidangkan dalam mangkuk, sekoteng termasuk ke dalam sebuah minuman. Sama seperti bajugir dan bandrek, minuman khas Jawa Tengah ini juga memiliki khasiat yang bisa menghangatkan tubuh. Rasa hangatnya berasal dari gula merah dan jahe yang direbus. Sekoteng sendiri biasanya berisi kacang tanah, kacang hijau, pacar cina, dan roti. 

5. Bir pletok

Meski namanya seperti minuman yang memabukkan, tetapi bir yang satu ini tidak buruk bagi kesehatan. Minuman khas Betawi ini sendiri dibuat dari berbagai macam rempah, seperti daun pandan, serai, jahe, kapulaga, kayu manis, cengkeh dan gula yang direbus hingga keluarlah semua sari dari bahan-bahan yang digunakan. 

6. Es teler

Bukan tanpa alasan kenapa minuman yang menyegarkan ini disebuh es teler. Minuman yang terbuat dari serutan es, alpukat, nangka, kelapa, kuah santan, serta susu kental manis ini membuat siapapun teler karena rasanya yang nikmat. Es teler ini paling cocok disantap di saat cuaca panas. 

7. Es selendang mayang

Nama minuman khas Indonesia yang satu ini memang terdengar cantik. Selendang mayang merupakan minuman khas Betawi yang bercita rasa manis gurih. Memiliki tektur kenyal, selendang mayang paling mantap disajikan dengan santan dan gula merah cair. Minuman ini biasanya menjadi menu wajib saat acara pernikahan orang Betawi. 

8. Es kuwut

Satu kata untuk minuman yang satu ini, segar! Es kuwut adalah sebuah minuman dengan kesegaran yang hakiki. Minuman khas Bali ini berbahan dasar kelapa dengan tambahan jeruk nipis dan biji selasih. Rasanya yang manis dan asam membuat es kuwut paling nikmat diminum di saat cuaca sedang terik. 

9. Wedang jahe

Sesuai dengan namanya, minuman hangat ini berbahan dasar jahe, gula merah, cengkeh, dan kayu manis. Selain rasanya yang nikmat dan menenangkan, wedang jahe juga memiliki khasiat yang sangat ampuh, di antaranya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi perut kembung, masuk angin, dan menurunkan kolestrol. 

Hanya dengan melihat gambar-gambarnya saja, kamu pasti langsung terbayang akan rasanya yang nikmat tiada tara. Sayangya minuman-minuman khas Indonesia ini sekarang sudah mulai tergser dengan maraknya berbagai minuman kekinian yang tengah digandrungi anak muda. Meski demikian, cita rasa dari minuman tradisional Indonesia akan selalu dicintai dan tak tergantikan.   


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
2.7 KSHARES