Rasa Cemas Berlebihan Menyerang? Tenangkan Dirimu dengan 8 Cara Simpel Ini

22 Februari 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Cemas merupakan bentuk emosi yang ditandai dengan perasaan tidak nyaman dan tidak menyenangkan akibat kekacauan batin. Cemas beda lho dengan depresi. Namun biasanya orang yang sedang depresi juga mengalami rasa cemas berlebihan yang ditandai dengan sulit tidur, susah fokus, mudah marah, dan mudah gelisah.

Pastinya rasa cemas berlebihan sangat menguras energi. Oleh karena itu, rasa cemas berlebihan perlu diredam agar bisa kembali menjalani segala aktivitas dengan semangat. Kali ini YuKepo ngasih tips untuk menghilangkan rasa cemas berlebihan. Kira-kira apa aja ya? Yuk langsung kepoin aja!

1. Kembali ke lingkungan

Orang yang sedang mengalami cemas berlebihan cenderung akan menarik diri dari lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Cobalah menceritakan kegelisahanmu pada orang terdekat. Walaupun hal ini sulit dilakukan, harus diingat bahwa mengisolasi diri dari lingkungan bukanlah jalan keluar dari kegelisahan yang sedang kamu rasakan.

2. Lakukan hal yang disukai

Salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan cemas berlebih adalah dengan melakukan hal-hal yang kamu suka. Lakukan apapun yang bisa menyenangkan dirimu. Bermain musik, nonton film, jalan-jalan, atau hal menyenangkan lainnya. Walaupun kamu tidak selalu bisa memaksa diri melakukan hal yang kamu suka, setidaknya berusaha dan dorong dirimu agar tetap beraktivitas.

3. Mencoba hal yang baru

Mencoba hal baru berarti mendapatkan pengalaman baru. Ketika kamu menantang diri sendiri untuk melakukan hal baru, secara tidak sadar tubuhmu akan memproduksi hormon dopamin yang akan membuatmu merasa lebih senang dan bahagia.

4. Keluar rumah agar terkena sinar matahari

Tanpa disadari, kekurangan sinar matahari bisa membuat dirimu semakin memburuk. Terlebih jika kamu sedang mengalami cemas yang berlebihan. Cobalah untuk keluar dari kamar ketika pagi hari, setidaknya 15 menit agar kamu terkena cahaya matahari. Sinar matahari dipercaya mampu meningkatkan kadar hormon serotonin sehingga mampu memperbaiki mood kamu.

5. Rajin berolahraga

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga rutin mampu menghilangkan gejala depresi. Olahraga dapat menigkatkan produksi endorfin yang bisa mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan tenang dan senang. Kamu tidak perlu berolahraga berat untuk memulainya. Bisa dengan berjalan kaki di sekitar rumahmu selama 10 menit saja.

6. Konsumsi makanan sehat

Mengatasi cemas dan depresi bisa juga dengan makan makanan yang sehat. Kamu bisa mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat sambil meningkatkan asupan vitamin B. Tubuh yang kekurangan  vitamin B tanpa disadari bisa memicu depresi lho. Jadi buat kamu yang mengalami cemas berlebih sangat disarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B ya.

7. Tidur cukup

Sulit tidur adalah salah satu gejala cemas berlebih. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengubah pola tidurmu agar lebih teratur. Mulailah dengan tidur minimal 7 jam per hari. Selain itu, hindari juga hal-hal yang bisa mengganggu tidurmu.

8. Berpikir positif

Salah satu hal yang bisa memperburuk kondisi cemas yang berlebih adalah pikiran negatif. Baik tentang diri sendiri, maupun lingkungan sekitar. Untuk mengatasinya, kamu harus berusaha melawan pikiran burukmu dan menggantinya dengan pikiran-pikiran positif.

Nah, itu dia tips buat menghilangkan rasa cemas yang berlebihan. Walaupun agak sulit, tapi harus banget dicoba nih. Jangan biarkan dirimu berlarut-larut dalam rasa cemas yang berlebihan ya! Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES