Rambut Keritingmu Megar dan Sulit Diatur? Mungkin 6 Kesalahan Perawatan Rambut Ini Penyebabnya!

14 Mei 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Rambut keriting bisa dikatakan lebih sulit dirawat dibandingkan dengan rambut lurus. Ketika dicuci, rambut keriting akan lebih sulit untuk dikeringkan. Disisir pun tipe rambut ini juga lebih sulit dilakukan. Karena keistimewaannya, tentu perlu perawatan yang berbeda pula dengan jenis rambut lainnya. Biar nggak salah merawat, yuk simak beberapa kesalahan umum dalam merawat rambut keriting berikut ini.

1. Terlalu sering keramas

Keramas bertujuan untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel di kulit kepala. Namun, keramas yang dilakukan setiap hari tidak dianjurkan, telebih untuk kamu yang punya rambut keriting. Keramas dengan sampo yang berbahan kimia akan menghilangkan minyak alami yang diproduksi tubuh. Jadi keramaslah satu hingga dua kali saja dalam seminggu, dan gunakan sampo yang tidak mengandung surfactant keras seperti SLS atau SLES.

2. Menggunakan handuk kasar untuk mengeringkan rambut

Mengeringkan rambut dengan handuk yang kasar harus dihindari. Terlebih lagi jika kamu mengeringkannya dengan menggosok-gosok. Rambut keriting sebaiknya menggunakan handuk yang berserat kecil dan halus atau malah menggunakan kaus bekas saja. Caranya pun jangan sembarangan. Cukup bungkus rambut dengan kain atau handuk halus, biarkan air terserap. Selanjutnya, biarkan rambut kering dengan sendirinya. 

3. Salah pakai sisir

Rambut keriting memang lebih sulit untuk disisir. Jika kamu salah menggunakan sisir, rambut akan menjadi patah. Rambut keriting lebih cocok disisir menggunakan gigi yang jarang. Sisir tersebut biasanya disebut detangling brush.

4. Lupa memakai kondisioner

Rambut keriting memang bertekstur lebih kering daripada rambut lurus. Hal itu membuat rambut kering menjadi lebih mudah kusam dan kusut. Makanya, setelah keramas jangan lupa untuk memakai kondisioner. Hair mask juga dianjurkan dipakai dalam seminggu sekali agar rambut tetap lembut dan berkilau.

5. Terlalu sering potong rambut

Bagi kalian yang berambut keriting janganlah memotong rambut terlalu sering. Potong rambut 3 bulan sekali dirasa sudah cukup karena rambut keriting tidak terlalu terlihat saat mengalami pertumbuhan.

6. Mengeringkan rambut memakai hair dryer

Hair dryer sangat membantu untuk mengeringkan rambut. Namun, bagi kamu yang berambut keriting, pasti tahu banget deh apa yang bisa dilakukan hair dryer pada keritingmu.Pasalnya, rambut akan menjadi kering, megar, dan sulit diatur. Solusinya, ya biarkan rambut kering secara alami. Atau jika kamu butuh mengeringkannya dengan cepat, gunakan hair dryer dengan air yang dingin dan diffuser sehingga hembusannya lebih merata dan halus.

Itu dia kesalahan yang sering dilakukan dalam perawatan rambut keriting. Nah, biar rambut tetap memesona jangan salah dalam merawat rambut ya. Banyaklah mencari tahu terkait perawatan terbaik untuk rambutmu lewat internet maupun para beauty guru. Dan yang terpenting, jangan menyerah dengan rambut keritingmu dan memutuskan untuk meluruskannya ya. Ia mungkin memang rewel dan susah diatur, tapi percayalah, rambutmu indah apa adanya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES