Rahasia Enak Bikin Kolak Pisang Nangka untuk Menu Buka Puasa. Yuk, Intip Resepnya!

08 Mei 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Kolak sudah menjadi kuliner sejuta umat di Indonesia. Jadi nggak heran kalau olahan dengan santan ini sering dijadikan menu buka puasa terfavorit. Salah satu menu takjil ini memang memiliki rasa yang nikmat banget, manis, dan cukup mengenyangkan. Jadi sangat cocok untuk pilihan menu buka puasa ketika bulan Ramadhan tiba nanti.

Umumnya sih kolak bisa dibuat dari berbagai macam bahan seperti pisang, ubi, singkong, nangka, labu, hingga ketela. Tapi khusus untuk edisi kali ini, Yukepo ingin mencoba berbagi resep kolak pisang dengan nangka yang rasanya dijamin memanjakan lidah kamu. Bikinnya juga cukup praktis, kok. Pasti gampang banget buat kamu ikuti langkah-langkahnya. Yuk, kepo!

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

•    1 sisir buah jenis pisang kepok (kupas dan potong sesuai selera)

•    200 gram buah nangka (kupas dan potong sesuai selera)

•    1 batang daun pandan

•    250 ml santan

•    2 gelas besar air putih

•    100 gram gula pasir

•    50 gram gula merah yang sudah disisir halus

•    Garam secukupnya

Langkah-langkah membuat kolak pisang nangka:

1.    Pertama masaklah air putih hingga mendidih.

2.    Jika sudah, kemudian masukkan gula pasir dan gula merah. Aduk dan masak hingga gulanya larut.

3.    Setelah itu, masukkan buah pisang dan buah nangka yang sudah dipotong-potong. Lalu rebus hingga kedua buah ini matang tapi jangan sampai overcooked, ya.

4.    Agar sedap dan wanginya terasa, tambahkan daun pandan dan garam secukupnya agar rasa kolak buatan kamu makin nikmat juga gurih.

5.    Terakhir, tambahkan santan kelapa yang sudah disiapkan lalu aduk hingga merata. Pastikan kamu masak hingga matang atau mendidih.

6.    Viola! Kolak pisang nangka buatan kamu siap disajikan sebagai menu takjil buka puasa. Nikmati selagi masih hangat, ya!

Nah, itulah tadi resep kolak pisang dengan nangka yang bisa kamu coba. Caranya cukup mudah dan praktis, bukan? Dijamin kamu pasti mudah mengikuti caranya tadi. Kolak pisang sangat nikmat ketika dimakan saat masih panas atau hangat. Namun kalau kamu ingin sesuatu yang terasa segar, cocok juga untuk kamu tambahkan es. Tergantung selera kamu yang mana. Selamat mencoba, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES