Radiasi Handphone dan Gadget Itu Bahaya Banget! Minimalisir dengan Mengikuti 7 Cara Ini

18 Januari 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Berapa waktu yang kamu habiskan setiap harinya dengan handphone-mu? Kebanyakan dari kita memang tidak sadar kalau ternyata kita sudah menghabiskan setengah jam hanya untuk menonton Instagram Stories teman-teman kita yang tidak pernah ada habisnya itu.

Menurut survey yang dilakukan Global Web Index di tahun 2016, Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai negara dengan durasi akses internet paling lama. Rata-rata orang Indonesia menghabiskan sekitar 3 jam 55 menit untuk mengakses internet di smartphone setiap harinya.

Padahal pakar kesehatan sepakat kalau radiasi smartphone tidak baik untuk kesehatan. Namun, memang susah sih jauh dari gadget seiring dengan kebutuhan manusia zaman now yang makin kompleks. Sudah berusaha menjauhi smartphone, kita sering dianggap kurang update atau kurang responsif ke orang-orang yang hendak berkomunikasi dengan kita melalui smartphone. Semoga tips berikut bisa memberi kamu pencerahan untuk meminimalisir radiasi telepon seluler yang berbahaya

1. Jauhkan telepon seluler dari kepalamu

Pernah merasakan panas ketika kamu mendekatkan smartphone kamu ke telinga ketika telepon? Itu dia radiasi yang dimaksud, untuk menghindarinya ketika telepon kamu bisa menggunakan handsfree atau speaker saja sehingga tidak perlu mendekatkannya ke telingamu. 

2. Kurangi telepon, lebih baik gunakan pesan singkat saja

Kalau memang tidak terlalu penting atau mendesak, gunakan fitur chat atau pesan teks saja daripada harus menelepon. Hitung-hitung hemat pulsa juga. 

3. Kurangi kebiasaan menyimpan smartphone di kantong

Lagi-lagi pakar kesehatan juga mengingatkan kita untuk menaruh jauh-jauh smartphone dari tubuh kita. Salah satu caranya adalah menyimpannya dalam tas, bukannya kantong Takut dicuri? Letakkan saja di tempat yang benar-benar tersembunyi, kamu juga nggak akan terganggu dengan getaran notifikasi yang bertubi-tubi di jam sibukmu. 

4. Jangan gunakan smartphone-mu ketika baterai smarphonemu kurang dari sepertiga, begitu juga ketika sedang mengisi daya

Selain untuk memperpanjang usia baterai, pada saat-saat itu, smartphonemu akan menghantarkan radiasi yang kuat.

5. Jangan pakai gawaimu ketika dia sedang digunakan untuk mengunduh file berukuran besar atau streaming video

Wah, ternyata ketika kita mengakses data dengan jumlah yang besar, radiasi yang dihasilkan ponselmu juga semakin besar. Ada baiknya, lebih baik kita unduh video terlebih dahulu, daripada langsung streaming melalui ponsel.  

6. Hindari menggunakan smartphone ketika kamu berada di kendaraan

Meskipun kamu di mobil atau motor dan sudah menggunakan alat bantu seperti handsfree atau penyangga agar tidak mengganggumu mengemudi, smartphone memancarkan radiasi yang cukup besar ketika berada dalam kendaraan yang dipacu. Begitu juga ketika kamu sedang dalam bus atau kereta api. 

7. Hindari memberi anak-anak smartphone sebagai pengalih perhatian

Terakhir, untuk kamu yang punya adik atau keponakan kecil, hindari memberikan mereka smartphone-mu untuk mengalihkan perhatian mereka. Selain membuat mereka ketagihan, anak-anak lebih rentan terpapar radiasi, terutama karena masih dalam masa perkembangan otak. Duh, bahaya juga! 

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan, mudah sebenarnya, hanya perlu berjarak dengan smartphone kamu beberapa saat untuk mengurangi radiasi berbahayanya. Toh banyak hal yang bisa kamu lakukan selain mantengin media sosial. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES