Racikan Masker untuk Mengatasi Rambut Rontok Akibat Stres

pixabay.com

Masalah rambut rontok bisa dialami siapa saja. Pria ataupun wanita, bisa menjadi korban dari hal ini. Tekanan kerja berat yang membuat stres bisa membuat rambut jadi rontok. Penyebabnya memang memang beragam. Tetapi stres menjadi salah satu faktor utama di usia dewasa muda sepertimu.

Cara mengatasi rambut rontok sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Meskipun susahnya bukan main dan banyak yang tidak memberikan hasil, coba saja memakai bahan alami untuk mengatasinya.

Kerontokan rambut rontok normal biasanya hanya 40-120 helai per hari. Kalau rontoknya sudah banyak, tentu kamu bakalan panik pada akhirnya. Untuk itu, nggak ada salahnya untuk memakai masker alami ini untuk mengurangi jumlah rambutmu yang rontok.

1. Kelapa

pixabay.com

Tentu kamu sudah tahu 'kan jika kelapa punya banyak manfaat bagi manusia. Pohon kelapa sendiri  berjasa dari batang hingga buahnya. Kelapa punya banyak kandungan protein, lemak, dan mineral yang baik untuk melembutkan, menumbuhkan rambut baru dan mengurangi rambut rontok.

Cara untuk membuat maskernya adalah dengan memeras daging kelapa hingga jadi santan. Setelah dicampur dengan sedikit air, olesi rambut dari kulit kepala. Biarkan semalaman dengan rambut ditutup dengan shower cap, lalu bilas dengan air besoknya. 

2. Lidah buaya

pixabay.com

Lidah buaya juga dipercaya mampu untuk mengatasi rambut rontok. Sudah bukan hal yang asing kalau kandungan dalam lidah buaya bisa membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. Tidak hanya produk perawatan rambut, lidah buaya dijadikan produk kecantikan.

Lidah buaya sendiri mampu membuat rambut jadi lebih kuat dan merangsang pertumbuhan helaian baru di kulit kepala. Masker lidah buaya juga mudah dibuat. Kamu hanya perlu memakai meratakan gel atau lendirnya secara merata di rambut dan kulit kepala. Tunggu sampai setengah kering, lalu bilas dengan air hingga benar-benar bersih.

3. Alpukat

pixabay.com

Selain enak dan menyehatkan, bisa juga jadi salah satu produk perawatan rambut. Cara membuat masker rambut dari alpukat adalah dengan menghaluskan daging buahnya dan meratakannya pada rambut.

Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan shampoo hingga bersih. Kandungan proteinnya bisa menguatkan, menutrisi, dan merangsang pertumbuhan rambutmu lebih cepat.

4. Yoghurt
pixabay.com

Selain buah, bahan yang bisa dipakai dalam mengatasi rambut rontok adalah yoghurt. Cara membuat masker yoghurt tidak perlu tambahan apa-apa lagi. Cukup oleskan plain yoghurt secara merata pada bagian kulit kepala. Biarkan selama kurang lebih 12 menit, lalu rambu dengan shampoo dan membilasnya hingga bersih.

5. Bawang putih
pixabay.com

Bahan menyedap masakan ini mudah didapat dan bisa dijadikan masker rambut untuk mengurangi rambut rontok. Cara membuat masker rambut dari bawang ini adalah dengan menghaluskan bawang putih dalam jumlah yang cukup banyak. 

Setelah rata, ratakan ke rambut dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, cuci dengan shampoo dan bilas hingga benar-benar bersih agar tidak meninggalkan aroma yang tak sedap.

6. Teh hijau

pixabay.com

Green tea bukan sekadar tambahan rasa bagi makanan dan minuman. Teh hijau ini punya manfaat mengembalikan kesehatan rambut yang rontok.

Untuk membuat masker rambut teh hijau ini, cukup diseduh dan didiamkan sampai dingin. Setelah dingin, baru basuhkan air teh itu ke seluruh rambutmu. Diamkan kurang lebih selama satu jam dan cuci rambut dengan sampo dan membilasnya hingga bersih.

7. Jahe

pixabay.com

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang punya banyak kegunaan. Ampuh dijadikan sebagai campuran untuk minuman yang baik untuk tubuh, ternyata jahe bisa mengatasi rambut rontok juga.

Cara membuat masker jahe ini adalah dengan menghancurkan jahe menjadi lembut. Kamu bisa menghancurkannya dengan diulek atau menggunakan blender. Baru dioleskan ke rambut secara merata. Diamkan 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Jika masih terdapat bau, kamu bisa mencucinya dengan shampoo terlebih dahulu.

Merawat rambut tidak selalu harus dilakukan di salon. Jika rontok, kamu bisa mengatasu dengan mengurangi kadar stres terlebih dahulu. Masker rambut alami di atas bisa dibuat di rumah sambil bersantai.

Usahakan untuk tidak memikirkan hal yang berkaitan dengan stres agar rambut rontok bisa berkurang. Menenangkan diri sambil merawatnya akan memulihkan rambutmu dan mengembalikan dalam kondisi yang lebih baik.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bagaimana Cara Mengurus STNK yang Hilang? | Keepo.me

Bagaimana Cara Mengurus STNK yang Hilang? | Keepo.me

Hal Penting yang Harus Diketahui Wanita Tentang Payudara

Hal Penting yang Harus Diketahui Wanita Tentang Payudara

Merasa Tertipu Nikahi Waria Indonesia, Bule Ini Beberkan Hal Tak Biasa saat Berhubungan Intim | Keepo.me

Merasa Tertipu Nikahi Waria Indonesia, Bule Ini Beberkan Hal Tak Biasa saat Berhubungan Intim | Keepo.me

Gaya Ikonik yang Selalu Jadi Style Andalannya Ariana Grande

Gaya Ikonik yang Selalu Jadi Style Andalannya Ariana Grande

Ssst! Rahasia! Inilah Cara Memanipulasi Lokasimu di Ponsel Android | Keepo.me

Ssst! Rahasia! Inilah Cara Memanipulasi Lokasimu di Ponsel Android | Keepo.me

Kelalaian dalam Merawat Kulit Wajah yang Sering Terabaikan

Kelalaian dalam Merawat Kulit Wajah yang Sering Terabaikan

loading