Purging dan Breakout Ternyata Beda dan Bertolak Belakang. Cari Tahu Segera!

unsplash.com

Pernah nggak sih kalian mengalami beruntusan secara tiba-tiba? Padahal sebelumnya kulit wajahmu baik-baik saja. Niatnya mau coba produk wajah baru, tapi setelah memakainya kulit justru jadi bermasalah. Hal ini tentu tidak menyenangkan dan membuat kita jadi frustrasi.

Tapi tahu nggak sih, kalau ternyata nggak semua bruntusan setelah memakai produk baru disebabkan karena ketidakcocokan atau breakout. Bisa jadi ini adalah proses purging atau pembersihan kulit yang sedang berlangsung.

Nah biar nggak salah memahami purging dan breakout, lebih baik simak dulu perbedaan mendasar dari keduanya berikut ini.

1. Apa sih sebenarnya perbedaan purging dan breakout?

meramuda.com

Meski efeknya kadang terlihat mirip, tapi sebenarnya purging dan breakout sangat berbeda. Purging adalah bentuk proses pembersihan kulit dari kotoran yang menumpuk. Tapi biasanya setelah pembersihan akan ada proses perbaikan dengan membentuk sel kulit baru yang lebih sehat.

Sedangkan breakout adalah kondisi kulit yang memburuk karena tidak cocok dengan produk tertentu. Kalau sudah kayak gini, kulit baru bisa membaik jika berhenti menggunakan produk tersebut.

2. Zat aktif yang jadi penyebab terjadi efek bruntusan

www.honeysu.com

Biasanya kamu akan mengalami purging jika menggunakan skincare dengan kandungan bahan aktif seperti AHA, BHA, retinoids, dan vitamin C. Zat-zat ini memang biasanya berfungsi untuk melakukan pembersihan kulit. Sehingga terkadang muncul efek tidak cocok seperti beruntusan dan jerawat.

Kalau kulitmu mengalami breakout, biasanya ini disebabkan oleh kandungan tertentu yang bersifat menyumbat pori-pori. Bisa juga hal ini terjadi jika kamu memang memiliki alergi khusus dengan zat tersebut.

3. Jerawat yang timbul juga bebeda, lho

lifestyle.okezone.com

Saat kamu mengalami purging, beruntusan terjadi di tempat biasanya jerawat itu muncul. Tapi porsinya lebih banyak dan agak parah. Karena memang fungsinya memang sebagai pembersihan kulit.

Namun jika kamu mengalami breakout, jerawat itu akan timbul di tempat yang bahkan biasanya tidak pernah muncul jerawat.

4. Jangka waktu terjadinya bruntusan dan jerawat
www.bukalapak.com

Purging tidak akan berlangsung selamanya. Biasanya hanya 2-6 mingguan. Hal ini tergantung dari bagaimana reaksi kulit terhadap zat aktif tersebut.

Sedangkan breakout baru akan berhenti saat kamu tidak menggunakan produk itu lagi. Jadi saat udah tahu kalau breakout, sebaiknya langsung hentikan pemakaian agar tidak semakin parah. Karena jika dipakai terus menerus hingga lebih dari 3 bulan, maka efeknya semakin parah.

5. Terus harus gimana dong kalau sedang mengalaminya?
www.avoskinbeauty.com

Jika sudah yakin kalau ini adalah purging, tetaplah memakai produk tersebut hingga prosesnya selesai. Dijamin kulit wajahmu akan lebih sehat dan mulus. Karena kotoran terangkat dan sel kulit baru sudah terbentuk.

Sebaliknya, saat kamu menyadari ini breakout, berhentilah saat itu juga sebelum makin parah.

Sekarang udah tahu kan apa perbedaan purging dan breakout? Kalau udah tahu pengertian dasarnya, kamu bisa tahu bagaimana mengatasi keadaan ini. Jadi kulit bisa menjadi lebih baik deh.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
10 Kuliner Usus yang Bikin Kamu Menyesal Menyia-nyiakannya. Lezatnya Nggak Kira-kira

10 Kuliner Usus yang Bikin Kamu Menyesal Menyia-nyiakannya. Lezatnya Nggak Kira-kira

Hack Berfaedah: 7 Celana Ini Bikin Kaki Pendekmu Kelihatan Jenjang Seketika

Hack Berfaedah: 7 Celana Ini Bikin Kaki Pendekmu Kelihatan Jenjang Seketika

Bukannya Cetar, Tutorial Foundation Ini Bikin Wanita Sejengkal Lebih Dekat dengan Neraka

Bukannya Cetar, Tutorial Foundation Ini Bikin Wanita Sejengkal Lebih Dekat dengan Neraka

Perias Pengantin dengan Harga Murah Vs. Mahal, Bedanya Bikin Sedih Sekaligus Nyesek

Perias Pengantin dengan Harga Murah Vs. Mahal, Bedanya Bikin Sedih Sekaligus Nyesek

Resep Sederhana untuk Membuat Siomay Bandung. Yuk, Dicoba!

Resep Sederhana untuk Membuat Siomay Bandung. Yuk, Dicoba!

Who is the Real OOTD Queen? Via Vallen atau Nella Kharisma, Pilih Salah Satu!

Who is the Real OOTD Queen? Via Vallen atau Nella Kharisma, Pilih Salah Satu!

loading