Puasa Jadi Nggak Khusyuk, 6 Hidangan Sahur Ini Bikin Perut Cepet Keroncongan

25 Mei 2018
|Reza Pratama
0SHARES

Di bulan puasa, sahur menjadi satu-satunya momen untuk mengisi daya tahan tubuh selama menahan lapar dan haus seharian. Itulah kenapa memilih makanan dan minuman saat sahur sangat penting untuk bisa menjaga kondisi tubuh kita agar tetap fit saat berpuasa. Maka dari itu, kita perlu memilih menu makanan yang cocok agar tidak lemas saat menjalankan ibadah puasa. Nah, berikut 6 makanan yang perlu kamu hindari saat sahur agar tidak mudah lapar sampai bedug Maghrib. 

1. Mi instan

Yummy, siapa yang tak tergoda dengan makanan andalan anak kosan yang satu ini? Harganya yang murah dan rasanya yang pas di lidah, membuat siapapun suka dengan mi instan. Namun, memakan mi instan ternyata membuat perut mudah lapar di siang hari. Hal ini membuat mi instan tidak begitu dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur, kecuali kepepet.

2. Roti gandum

Roti gandum memang jauh lebih mengeyangkan dibandingkan roti biasa. Meski kaya akan serat, roti gandum ternyata tidak banyak mengandung lemak dan protein. Hal ini membuat rasa kenyang yang dihasilkan roti gandum tidak berlangsung lama. 

3. Makanan rendah lemak

Low fat dairy product atau makanan rendah lemak memang sangat menyehatkan bagi tubuh, tetapi tidak cukup mengeyangkan sampai waktu berbuka tiba. Alangkah baiknya jika makanan rendah lemak seperti yogurt dan keju disantap saat berbuka puasa. 

4. Jus buah

Sama seperti halnya yogurt, jus juga memiliki banyak vitamin, dan mengandung serat alami. Tetapi hanya mengandung sedikit protein dan lemak. Padahal lemak dan protein adalah zat yang membuat kenyang lebih lama. 

5. Putih telur

Memakan tiga buah telur memang bisa membuat kita mudah merasa kenyang. Hal itu dikarenakan telur mengandung protein yang cukup tinggi. Tetapi sayangnya, telur merupakan makanan yang rendah kalori dan tanpa lemak. Hal ini membuat kenyang dari telur tidak mampu bertahan lama di dalam perut. 

6. Nasi

Ternyata nasi yang menjadi makanan pokok pun bisa membuat rasa lapar datang lebih cepat. Bukan berarti kamu nggak boleh makan sama sekali waktu sahur yah? Hanya saja nasi harus dibarengi dengan makanan-makanan yang mengandung lemak dan protein yang cukup tinggi. 

Itulah beberapa makanan yang bisa bikin perutmu mudah keroncongan saat berpuasa. Jadi alangkah baiknya jika daftar makanan di atas, kamu kurangi untuk menjaga kondisi tubuh tetap dalam keadaan prima meski tanpa ada asupan makanan selama beberapa jam. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES