Poin yang Harus Dipahami Tentang Jerawat di Wajah

thehealthsite.com

Jerawat memang sudah menjadi salah satu masalah paling kekal bagi banyak orang. Meskipun tak cuma menyerang wanita, masalah ini jelas berdampak pada penampilan. Kalau pria cenderung cuek dengan jerawat. 

Berkutat dengan jerawat di wajah bikin kepercayaan diri seseorang turun drastis. Selain itu, berbagai mitos tentang jerawat yang sering didengar terkadang bikin bingung dan pusing sendiri jadinya.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mencari tahu hal mengenai jerawat sesuai faktanya. Ada yang masih ramah, ada juga yang sudah parah dan harus mendapatkan perawatan khusus.

1. Sinar matahari bisa menyamarkan jerawat?

flo.health

Apakah kamu pernah mendengar pernyataan bahwa paparan sinar matahari dapat menyamarkan bekas jerawat? Sebenarnya, ini fakta. Paparan sinar matahari dengan durasi panjang, lama-lama bisa membuat kulit kita kemerahan. Bekas terbakar yang membuat kulit kita memerah ini akan menyamarkan bekas jerawat pada kulit wajah.

Walaupun hal ini sama sekali tak direkomendasikan untuk kamu sengaja panasan di luar ruangan, jangan biarkan wajah terpapar sinar matahari cukup lama tanpa krim pelindung sinar UV. Bukannya memudar, di wajahmu bakal muncul masalah baru.

2. Jerawat tidak dapat hilang dengan sendirinya

healthline.com

Setiap orang memiliki kulit yang berbeda jenisnya. Ada yang bisa dengan cepat beradaptasi dengan jerawat ada juga yang tidak. Bagi yang kulitnya mudah menyesuaikan kondisi terhadap luka bekas jerawat, cenderung dapat menyembuhkan bekas jerawat tanpa memerlukan perawatan lebih lanjut.

Sementara, bagi yang kulitnya cenderung sensitif dan mudah berjerawat, bekas jerawat yang pecah disengaja maupun tidak pada umumnya tidak dapat hilang dengan sendirinya. Kamu akan memerlukan perawatan khusus agar noda bekas jerawat dapat hilang.

3. Bersihkan wajah dengan sabun cuci muka dan skincare khusus

pexels.com

Faktanya, hanya membilas wajah tak akan menyembuhkan masalah jerawat. Jerawat pada umumnya bukan disebabkan karena kotoran yang mengendap di pori-pori, melainkan karena bakteri yang masuk melalui pori-pori wajah.

Bukan berarti kalau mencuci wajah nggak bisa mencegah jerawat timbul. Kamu hanya perlu menemukan sabun cuci wajah yang memang memiliki komposisi tepat untuk mencegah timbulnya jerawat.

4. Tak cuma menyerang remaja
blog.curology.com

Siapa bilang kalau jerawat itu cuma menyerang remaja? Masalah kulit ini tak memandang usia. Anak kecil pun sudah punya kemungkinan terkena jerawat meskipun tidak separah orang dewasa. Orang tua juga masih riskan.

Remaja memang sering dihinggapi jerawat karena aktivitas segudangnya. Terkadang, mereka tidak peduli dengan kebersihan wajah, produksi minyak dan hormon. Kuncinya, rajin membersihkan wajah dengan double cleansing saja.

5. Memencet jerawat dengan tangan bisa menimbulkan masalah baru
windsordermatology.com

Buat yang masih hobi mencetin jerawat, kamu harus mulai berpikir ulang untuk melakukan hal itu sebelum masalah baru muncul. Tanganmu bersentuhan dengan banyak hal, termasuk benda yang kotor dan mengandung banyak bakteri.

Tak terbayang kalau dengan tangan itu, kamu masih nekat memecahkan jerawat. Akan terjadi transfer bakteri dari tangan ke luka terbuka di sekitar jerawat yang sudah pecah dan larut ke dalam pori-pori. Ini akan menimbulkan masalah baru serta proses regenerasi jadi lebih lama.

6. Pecahkan secara steril

goodhousekeeping.com

Kamu bisa memecahkan jerawat dengan bantuan jarum yang sudah disterilisasi. Meskipun sangat tak direkomendasikan, cara ini bisa membantumu memecahkan jerawat tanpa harus menyentuhnya dengan tangan. Hal ini bisa dilakukan dengan catatan harus ekstra hati-hati dan berusaha untuk tidak menusukkan jarum hingga masuk ke dalam kulit.

Kamu hanya dapat memecahkannya dengan merobek sedikit permukaan kulit yang berjerawat dan biarkan cairan serta darahnya keluar. Setelah itu, segera lap dengan tisu dan kain bersih hingga cairan dan darah berhenti keluar. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan luka kering bekas jerawat tersebut dengan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida.

7. Tak cuma hinggap di kulit berminyak

dailyecho.co.uk

Meskipun jenis kulit berminyak identik dengan wajah yang berjerawat, faktanya memiliki kulit normal bukan jaminan bebas dari jerawat. Semua juga tergantung pada perawatan harian yang dilakukan oleh seseorang.

Punya masalah jerawat memang tak ada enak-enaknya. Selain menyaitkan, masalah ini sering membuat kamu tak percaya diri dengan penampilan. Maka dari itu, beberapa hal di atas bisa kamu pelajari lagi biar nggak salah kaprah untuk pencegahan dan pertolongan pertamanya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Minimalisir Bibir Kering

Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Minimalisir Bibir Kering

Agar Skincare Nggak Terbuang Percuma, Ikuti Tahapan Ini!

Agar Skincare Nggak Terbuang Percuma, Ikuti Tahapan Ini!

Inspirasi Outfit Simpel Ala Tzuyu TWICE untuk Hangout

Inspirasi Outfit Simpel Ala Tzuyu TWICE untuk Hangout

Warna Rambut yang Diprediksi Jadi Tren Selama 2020

Warna Rambut yang Diprediksi Jadi Tren Selama 2020

Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik yang Sesuai Jenis Kulit

Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik yang Sesuai Jenis Kulit

Sambut dan Meriahkan Imlek, Ini 4 Hal Seru yang Harus Cewek Lakukan. Kamu Gini Juga?

Sambut dan Meriahkan Imlek, Ini 4 Hal Seru yang Harus Cewek Lakukan. Kamu Gini Juga?

loading