Pewarna Rambut Alami dari Bahan yang Ada di Rumah, Dijamin Aman!

unsplash.com

Mungkin banyak dari kamu yang curhat ingin mewarnai rambut biar tampil beda dan lebih fresh. Sayangnya, nggak semua orang berani melakukannya. Bukan karena kurang percaya diri, melainkan khawatir rambutnya akan rusak dan kering setelah diwarnai. 

Rambut kering dan rusak memang jadi masalah paling sering dikeluhkan setelah mewarnai rambut. Apalagi jika harus melalui proses bleaching terlebih dulu.

Untuk mencegah hal yang nggak diinginkan tersebut terjadi, sebenarnya kamu bisa menggunakan cat rambut alami. Bukan hair dye yang mengklaim terbuat dari bahan alami, melainkan cat rambut yang beneran alami karena bisa dibikin sendiri dengan bahan yang ada di rumah.

1. Beet root dye

herbeauty.co

Ada yang punya buah bit di rumah tapi nggak suka memakannya dan menjadikannya jus? Daripada dibiarkan sampai busuk, mendingan dipakai untuk mewarnai rambut. Untuk membuat catnya, kamu butuh setengah mangkok bit segar yang sudah diblender dengan 1 sdm minyak kelapa. 

Kalau sudah siap, langsung oleskan cat itu ke seluruh bagian rambut. Jika sudah merata, tutup kepala dan diamkan selama sekitar satu jam. Jangan kurang dari itu supaya hasilnya optimal dan warnanya lebih masuk ke rambut. 

2. Pastels dye

herbeauty.co

Punya pastel atau crayon yang sudah nggak terpakai? Bagaimana jika dialihfungsikan menjadi cat rambut saja? Hasilnya nggak kalah cakep dari cat yang dijual di pasaran, kok. Proses pembuatannya juga sangat mudah. 

Kamu bisa memilih beberapa batang crayon dengan warna yang diinginkan. Rendam dengan air hingga bentuknya berubah menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada rambut. Yang perlu diingat, meski pada awalnya cat ini menghasilkan warna cerah, dalam waktu singkat warnanya akan segera pudar. 

3. Lemon highlight

herbeauty.co

Tahukah kamu kalau lemon adalah natural highlighter yang bisa digunakan untuk rambut? Cocok buat yang nggak ingin menonjolkan warna cerah di beberapa bagian saja. Untuk proses pembuatannya, ikuti langkah di bawah ini:

- Siapkan 1/2 cangkir air lemon segar. Campurkan dengan sedikit minyak kelapa sebagai pelembap 

- Oleskan di bagian rambut yang ingin diwarnai.

Tips penting:

- Hasil akan lebih bagus dan rapi jika digunakan dengan semprotran, bukan dengan kuas.

- Panaskan rambut di bawah sinar matahari setelah diwarnai. Ini adalah kunci supaya lemon dapat bekerja

- Untuk hasil optimal, ulangi proses pewarnaan sampai beberapa kali agar warnanya lebih terlihat terang

4. Coffee dye
herbeauty.co

Khasiat kopi memang banyak banget, termasuk bisa digunakan sebagai pewarna rambut alami. Untuk mendapatkan warna yang bagus, siapkan bahan ini:

1/2 mangkok espresso

1/2 mangkok conditioner

1 sdt kopi bubuk.

Cara membuat:

- Campur semua bahan dan oleskan pada seluruh bagian rambut

- Diamkan selama kurang lebih 60 menit

- Bilas sambil dikeramasi

Perlu diketahui, jangan berharap warna rambutmu akan langsung berubah jadi coklat seperti kopi. Warnanya tidak akan seterang itu jika hanya dilakukan sekali untuk proses pewarnaannya. Perubahannya ada, tapi tidak terlalu signifikan karena tone warnanya masih termasuk gelap.

5. Cinnamon dye
Sumber Gambar

Kayu manis ternyata juga bisa digunakan untuk mengubah warna rambut jadi lebih terang. Dengan memanfaatkan kayu manis, warna rambut akan dibuat setingkat lebih cerah dari yang sekarang. Ingin mencoba? Siapkan 1/2 cup kondisioner yang dicampur dengan 1/2 cup kayu manis bubuk. Aduk hingga tercampur rata dan oleskan ke permukaan rambut. Diamkan hingga kurang lebih 1 jam, setelah itu tinggal dibilas.

Jadi, dari semua bahan di atas, mana yang tersedia di rumah kamu? Langsung dicoba tanpa perlu takut rambut rusak. Karena kandungannya aman dan alami. Untuk ketahanan, tentu saja tidak bisa seawet ketika memakai pewarna rambut yang sudah tercampur dengan bahan kimia, ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Adu Kualitas 5 Penyanyi Cilik Terbaik Indonesia | Keepo.me

Adu Kualitas 5 Penyanyi Cilik Terbaik Indonesia | Keepo.me

Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Jerawat Batu

Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Jerawat Batu

Depopulasi Dunia: Pesawat Semprot Zat Kimia Berupa Chemtrails di Angkasa (Project Cloverleaf)? | Keepo.me

Depopulasi Dunia: Pesawat Semprot Zat Kimia Berupa Chemtrails di Angkasa (Project Cloverleaf)? | Keepo.me

Biar Tak Salah Pakai, Kenali Perbedaan AHA dan BHA pada Skincare

Biar Tak Salah Pakai, Kenali Perbedaan AHA dan BHA pada Skincare

Lihat Nih Penampakan Calon Penganten Pas Bridal Shower, Bikin Merinding! | Keepo.me

Lihat Nih Penampakan Calon Penganten Pas Bridal Shower, Bikin Merinding! | Keepo.me

Hindari Wajah 'Cakey' Setelah Memakai Foundation dengan Cara Ini

Hindari Wajah 'Cakey' Setelah Memakai Foundation dengan Cara Ini

loading