Perut Sering Kram? Hindari 7 Kebiasaan yang Mengakibatkan Perut Kram Ini

24 Agustus 2017
|Indana Putri
17SHARES

Biasanya tiap bulan kaum hawa selalu merasakan perut kram akibat menstruasi. Itu merupakan hal biasa, karena saat menstruasi hormon tubuh akan berubah sehingga menimbulkan rasa nyeri di perut. Tapi jangan dianggap enteng juga, lho. Karena kram perut bisa juga sebagai salah satu tanda terdapatnya penyakit berbahaya seperti kista!

Untuk menghindari terjadinya perut kram, ada beberapa kebiasaan yang harus kita hindari supaya perut tetap terasa nyaman tanpa rasa kesakitan. Langsung aja yuk cari tahu di bawah ini.

1. Hindari membawa beban terlalu berat

Tubuh yang membawa beban terlalu berat dapat menyebabkan otot perut tertarik sehingga menjadi kram. Sebaiknya, barang berat tersebut kamu bawa pakai trolley yah, guys. Selain untuk menghindari perut kam, juga supaya barangnya ngga jatuh dan rusak.

2. Kurangi makan makanan pedas

Makan makanan pedas bisa menyebabkan naiknya asam lambung yang membuat perut menjadi kram. Selain itu, terlalu banyak makan makanan pedas bisa melukai ususmu. Usahakan kurangi makan makanan pedas, yah!

3. Jangan makan sebelum berolahraga

Olahraga banyak membakar kalori, sehingga kita merasa lapar setelah berolahraga, bahkan mungkin sering kali kita merasa lapar saat berolahraga. Sebagian orang mungkin berpikir untuk makan sebelum berolahraga agar saat berolahraga tidak merasa lemas. Tapi rupanya, makan sebelum olahraga malah bikin kram perut, lho! Karena makanan yang kamu makan belum terserap dengan sempurna, sedangkan tubuhmu sudah kamu gunakan untuk beraktivitas berat. Sebaiknya, antara makan dan olahraga kamu beri jeda 30 menit sampai satu jam, ya.

4. Olahraga terlalu berat

Olahraga yang terlalu berat juga bisa menyebabkan otok tertarik hingga kaku dan menyebabkan kram di bagian perut. Sebaiknya lakukan olahraga ringan yang tidak terlalu memberatkan tubuh. Karena tujuan olahraga adalah menyehatkan tubuh, bukan malah bikin sakit semua.

5. Terlalu banyak minum kopi

Kopi memang baik untuk kesehatan, tapi kalo terlalu banyak mengonsumsi kopi juga ngga baik, lho! Karena kopi bisa menyebabkan perut kembung, yang ujung-ujungnya bisa bikin perut kram!

6. STRESSSS!

Stres adalah pemicu utama berbagai macam penyakit, termasuk salah satu penyebab perut kram! Jauhkan dirimu dari stres, istirahatlah sejenak ketika beban hidupmu terasa begitu berat.

7. Bercinta secara paksa

Kegiatan bercinta memang merupakan hal yang menyenangkan, tapi jika dilakukan secara paksa dan terlalu keras, malah akan menyebabkan perut kram, lho! Karena saat bercinta terlalu keras, otot perut akan menahan gerakan keras yang terjadi, sehingga otot perut menjadi kejang dan kram.

Intinya, untuk menghindari perut kram, yang harus kamu lakukan adalah RILEKS. Jadi, kalau kamu terlalu sering merasakan kram perut, kamu harus cek ulang pola hidupmu. Mungkin kamu kurang piknik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Indana Putri
Gak Punya Quote Nih!
17SHARES