Perut Sering Kembung? Cobain 10 Cara Simple Ini, Biar Cepet Bablas Angine!

www.hariankesehatan.com

Sekali seumur hidup, kamu pasti pernah dong ngalamin yang namanya perut kembung? Atau bisa jadi sering banget. Rasanya nggak enak banget, 'kan? Perut tuh jadi kayak keras dan berat, kayak pengen ngeluarin semua yang ada di dalem perut. Nah, biasanya perut kembung ini disebabkan oleh gas yang terlalu banyak di dalam perut kita.

Gas ini berasal dari banyak hal, salah satunya bisa dari makanan. Wah, jangan sampe deh kamu ngerasain kembung. Pasti bikin uring-uringan sendiri. Tapi kalau ternyata kamu mengalami kembung, nggak perlu khawatir dan nggak perlu buru-buru ke dokter juga. Kamu bisa kok mengatasinya sendiri.

Gimana caranya? Cukup dengan bahan yang bisa kamu temukan di sekitar kamu saja, kok. Nah, caranya ada di bawah ini! Yuk segera praktikkan, biar cepet bablas anginnya kembungnya!

1. Perbanyak minum air putih

selfcarer.com

Katanya, terlalu banyak minum air putih bisa menyebabkan kembung. Padahal sebaliknya lho. Memperbanyak minum air putih bisa meredakan kembung. Untuk mengatasi kembung, kamu bisa menambah porsi minummu, namun tidak sekaligus. Misalnya satu gelas per dua jam atau tiga jam.

2. Makan dengan porsi yang lebih sedikit

howtochow.com

Untuk mengatasi perut kambung, kamu bisa mengurangi porsi makanmu agar lebih sedikit. Ngemil adalah solusi tepat buat kamu yang lagi mengurangi porsi makan untuk meredakan kembung. Eitsss, ngemilnya juga harus sehat dan hindari makanan yang menghasilkan banyak gas ya.

3. Kunyah makanan secara perlahan

barcelona-home.com

Selain mengurangi porsi makanan, mengunyah secara perlahan juga bisa meredakan perut kembung. Mengunyah makanan dengan terlalu cepat bisa menyebabkan banyak angin yang masuk ke perut sehingga terasa kembung. Oleh sebab itu, mengunyah makanan secara perlahan mampu mengatasi kejadian kembung ini.

4. Kurangi makanan yang menghasilkan gas
lifestyle.okezone.com

Kembung disebabkan oleh produksi gas yang berlebihan. Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah mengurangi makanan yang banyak mengandung gas. Kol, kubis, brokoli, asparagus, kacang-kacangan, kembang kol, selada, paprika hijau, kentang, bawang bombai, dan biji-bijian utuh adalah beberapa jenis sayuran yang harus kamu hindari ketika mengalami perut kembung.

5. Kurangi makanan yang digoreng
hellosehat.com

Tidak hanya makanan yang mengandung banyak gas, makanan yang digoreng pun harus dihindari oleh kamu yang mengalami kembung. Makanan yang digoreng cenderung mengandung banyak lemak yang sulit dicerna oleh tubuh. Oleh sebab itu, ketika kamu merasa perutmu kembung, usahakan menghindari makanan yang digoreng dan berlemak.

6. Kurangin konsumsi produk susu

journal.sociolla.com

Beberapa orang mengalami kembung akibat mengonsumsi susu yang mengandung laktosa. Kalau kamu termasuk, berarti menghindari susu dan produk olahannya adalah solusi tepat untuk mengatasi perut kembung yang kamu rasakan.

7. Hindari minum menggunakan sedotan

m.dhgate.com

Minum menggunakan sedotan terbilang praktis dan cepat, namun ternyata minum menggunakan sedotan ini mampu meningkatkan risiko kembung lho. Jadi kalau kamu mulai merasakan gejala-gejala perut kembung, hindari minum menggunakan sedotan ya.

8. Kurangi merokok

hellosehat.com

Merokok tidak hanya menyebabkan berbagai gangguan pernapasan, tetapi juga memicu gangguan pada perut. Beberapa penelitian menyatakan bahwa merokok dapat meningkatan intensitas udara yang ditelan oleh seseorang sehingga merokok harus dihindari oleh kamu yang mengalami perut kembung.

9. Olahraga
www.go-dok.com

Pembuangan gas akan berlangsung lebih cepat ketika tubuh melakukan banyak aktivitas fisik, misalnya olahraga. Luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk melakukan senam ringan, jogging, jalan-jalan, atau jogging di sekitar rumahmu. Hal ini akan sangat efektif untuk membantu mengatasi perut kembung.

10. Kentut dan sendawa
nova.grid.id

Jangan tahan kentut saat perut kembung, karena kentut adalah obat perut kembung paling ampuh. Begitu juga dengan sendawa. Jika kamu malu kentut di depan umum, pergilah ke toilet atau tempat sepi lainnya. Semakin sering kamu kentut dan bersendawa berarti semakin berkurang gas dalam perut.

Nah itu dia guys tips jitu buat mengatasi perut kamu yang lagi kembung. Ternyata gampang banget, 'kan? Jangan panik lagi ya kalau tiba-tiba kamu ngerasa perut kamu kembung. Cukup ikuti tips tadi dan kembung pun hilang. Selamat mencoba!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kaca di Rumah Buram? Bersihin Pakai 8 Benda Rumahan Ini Biar Kinclong Lagi

Kaca di Rumah Buram? Bersihin Pakai 8 Benda Rumahan Ini Biar Kinclong Lagi

Nggak Cuma Hilangkan Diare, Ini 9 Manfaat Ajaib Air Garam untuk Kehidupan Manusia

Nggak Cuma Hilangkan Diare, Ini 9 Manfaat Ajaib Air Garam untuk Kehidupan Manusia

Jangan Rusuh, Ikuti 8 “Aturan” Ini Saat Makan di Restoran All You Can Eat

Jangan Rusuh, Ikuti 8 “Aturan” Ini Saat Makan di Restoran All You Can Eat

13 Ide Souvenir Nikahan yang Bikin Tamu Senang dan Mabuk Kepayang Saking Berfaedahnya

13 Ide Souvenir Nikahan yang Bikin Tamu Senang dan Mabuk Kepayang Saking Berfaedahnya

Naik Kendaraan Umum dan Sesak? 13 Ancang-ancang Ini Buatmu Aman dan Selamat

Naik Kendaraan Umum dan Sesak? 13 Ancang-ancang Ini Buatmu Aman dan Selamat

Buktikan Cintamu ke Lingkungan dengan Coba 12 Ide Daur Ulang Sampah Plastik Ini

Buktikan Cintamu ke Lingkungan dengan Coba 12 Ide Daur Ulang Sampah Plastik Ini

loading