Pertanyaan Soal Kopi yang Sering Bikin Kamu Bingung, Ini Jawaban Biar Nggak Penasaran

11 Juli 2018
|Mega Fitriyani
0SHARES
Kopi adalah salah satu minuman yang paling populer di Indonesia. Kedai-kedai kopi pinggir jalan hingga cafe eksklusif menjadikan minuman ini sebagai menu utamanya. Sejalan dengan popularitasnya, kabar miring seputar kopi pun sering banget kita dengar.
Berbagai pertanyaan pun sering membuat kita penasaran dan juga was-was saat mengkonsumsinya. Nah, yuk cek, manakah kabar yang terbukti secara ilmiah, dan kabar yang hanya hoax.

1. Kopi bikin sakit kepala?

Kopi tidak akan membuat kamu sakit kepala, migrain, atau jenis sakit kepala lain. Justru, kopi bisa membantu meredakan rasa sakit kepala yang kamu derita. Saat migrain, cobalah minum secangkir kopi hangat maka rasa sakitnya perlahan akan menghilang.

2. Kopi memicu penyakit diabetes?

Kopi nggak akan membuat kamu menderita diabetes, guys. Biji kopi robusta justru bisa mencegah penyakit diabetes. Namun, jika kamu terbiasa minum kopi dengan banyak gula, kamu patut waspada. Demi menjaga diri dari diabetes, ada baiknya kamu mengurangi gula di dalam kopimu atau menggunakan pemanis pengganti gula. 

3. Minum kopi bikin langsing?

Pecinta kopi akan kehilangan berat badan jika terus minum kopi? Coba pikirkan lagi. Meski tampak menggembirakan, kabar itu belum terbukti kebenarannya. Bentuk tubuh ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari keturunan, pola makanan, dan asupan protein. Jadi, kopi nggak termasuk, ya.

4. Kopi bikin napas bau?

Wah, ini fitnah yang sangat kejam. Minum kopi bukannya bikin napas bau, tapi justru wangi dan segar. Kopi punya kandungan khusus yang bisa mengikat bau tak sedap di sekitarnya. Bukan hanya mengikat bau mulut, kopi bahkan bisa menghilangkan bau daging busuk, lho. Keren, kan?
5. Kopi nggak bagus untuk diet?
Jawabannya, salah. Minum kopi selama diet justru bisa menekan nafsu makan. Namun, perhatikan juga campuran di dalam kopi yang kamu minum, ya. Kopi yang terlalu banyak campuran justru bisa bikin gendut, ups!
6. Orang hamil nggak boleh ngopi?
Faktanya, kafein yang terdapat di dalam kopi nggak akan mengganggu janin. Namun, disarankan untuk minum kopi maksimal 1 gelas saja sehari. Jika berlebihan, kopi bisa membuat berat janin tidak bertambah. Dikhawatirkan akan membuat janin lahir dengan berat lahir yang kurang.

7. Kopi bikin semangat olahraga?

Kopi memang punya efek yang cukup dahsyat. Meminumnya bikin kamu lebih siap untuk berolahraga. Kopi meningkatkan metabolisme tubuh yang siap menopang pergerakan tubuhmu saat olahraga. Sebaiknya, setengah jam sebelum pemanasan, kamu minum kopi agar tubuh lebih siap berolahraga.

8. Kopi bisa bikin kecanduan?

Jika kamu mengkonsumsi secara wajar, hal ini nggak akan terjadi. Namun, jika kamu minum kopi 200-300 mg atau 2-3 gelas sehari, kecanduan kopi bisa terjadi. Nah, hati-hati ya guys. 

Nah, itu dia beberapa contoh kabar soal kopi yang bisa ditelisik. Ternyata, kopi memiliki banyak dampak positif, ya, bagi peminumnya. Namun, hati-hati, segala yang berlebihan nggak baik. Sesuka apa pun kamu kepada kopi, ingat untuk selalu membatasi jumlah konsumsinya. Satu gelas sehari sudah sangat cukup, kok. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES