Pertama Kali Merantau? 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Biar Nggak Mudah Homesick!

01 Oktober 2017
|Olphi Disya
2.9 KSHARES

Kamu lagi galau karena ini pertama kalinya kamu akan merantau? Bingung apa yang harus kamu lakukan setibanya di tanah perantauan? Mungkin saat kamu berada di tempat yang baru dan asing, kamu merasa nggak nyaman karena perlu penyesuaian. Tapi jangan terlalu cemas, berikut daftar apa aja yang harus kamu lakukan biar kehidupan perantauanmu dimulai dengan sempurna!

1. Cari kost atau tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan

Satu hal yang paling penting saat kamu merantau adalah memastikan bahwa tempat tinggalmu sesuai dengan kebutuhanmu. Mungkin kamu butuh kost yang punya tempat parkir, atau kost khusus cowok aja atau cewek aja, kost yang harus ada kamar mandi di dalam, dan sebagainya. Semua itu kembali ke kebutuhanmu. Cari yang benar-benar sesuai kantong dan pas untuk jadi tempat tinggalmu. Jangan asal oke hanya karena dekat kantor atau kampus.

2. Cek lokasi tempat makan yang bersih dan terjangkau

Namanya juga merantau, kamu akan terbiasa hidup mandiri seperti harus masak atau cari makan sendiri. Kalau masak bukan pilihan, mungkin kamu akan cari makan di luar. Ketahui tempat makan yang menurutmu bersih dengan harga yang terjangkau di area kost atau kampus atau kantormu. Ini penting karena setidaknya kamu nggak perlu waktu lama hanya untuk memutuskan untuk makan di mana.

3. Hafalkan jalan dan moda transportasi yang dibutuhkan

Selama merantau, kamu harus tahu moda transportasi dari kost menuju kampus atau kantor dan sebaliknya. Kamu bisa bertualang saat dua hari pertama untuk menysuri jalan terdekat mana yang akan kamu tempuh dan kendaraan yang kamu butuhkan untuk menuju ke sana. Perkirakan juga ongkosnya dan berapa lama waktu tempuh. Perhatikan juga jalan sekelilingnya, apakah jalur macet, gang kecil, harus lewat tol, dan sebagainya.

4. Beli perkakas seperlunya aja biar kamar nggak sempit

Mengisi kamar kost nggak sama dengan mengisi rumah baru, alias harus pintar-pintar menyiasati ruang sempit tapi dengan perkakas serba ada. Kalau kamu pertama kali merantau, yang harus kamu pastikan ada adalah air minum, kasur, lemari, cermin dan meja. Sisanya bisa kamu sesuaikan juga dengan kebutuhanmu, misalnya harus ada TV, karpet, AC, dan sebagainya. Jangan terlalu banyak juga karena akan membuat kamarmu jadi kelihatan sempit.

5. Selalu berikan kabar dan informasi tentang tempat tinggalmu ke keluarga

Jangan lupa untuk selalu memberikan kabar tentangmu di perantauan kepada keluarga, minimal banget seminggu sekali. Kirimkan juga alamat dan nomor telpon penjaga kost kepada orangtuamu dan sebaliknya. Kalau perlu kamu berikan jadwal kuliah atau kerjamu ke keluarga untuk memastikan kamu baik-baik aja selama merantau. Kamu bakalan homesick dan mereka yang melepaskanmu untuk merantau juga pasti merindukan kepulanganmu.

Merantau adalah ajang pendewasaan sekaligus tantangan bagimu. Kepercayaan yag diberikan oleh orang tuamu akan sangat berharga ketika kamu merasa jauh dari mereka. Maka dari itu kamu harus bisa jaga diri dan baik-baik selama merantau, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
2.9 KSHARES