Perlu nggak Sih Kamu Mengonsumsi Suplemen untuk Kulit?

blog.energiadocorpo.com.br

Kulit tidak hanya perlu dirawat dengan berbagai produk skincare tetapi juga membutuhkan nutrisi dari dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi. Kalau kamu perhatikan, sebenarnya banyak banget kandungan skincare yang bisa kita dapatkan langsung dari makanan. Misal, vitamin C dari buah jeruk, vitamin A dari wortel, dan sebagainya. Nah, ada juga yang mengonsumsi suplemen untuk menambah asupan nutrisi untuk kulit.

Pasti kalian juga sudah gak asing dong dengan suplemen kulit ini seperti suplemen vitamin E, suplemen colagen, dll. Tapi sebenernya perlu nggak sih mengonsumsi suplemen? Toh, kandungan-kandungannya bisa kita dapetin langsung dari makanan 'kan? Yuk, cari tahu!

www.adidas.com

Pada dasarnya mengonsumsi suplemen kulit bertujuan agar kulit semakin sehat dan nampak segar. Untuk mendapat kulit sehat, yang terpenting adalah mengkonsumsi makanan seimbang nutrisi dan juga memperhatikan asupan anti-oksidan. Kulit yang sehat memiliki beberapa ciri di antaranya adalah warna kulit yang rata, halus; tidak ada benjolan, jerawat, keriput, dll, tidak kering (terhidrasi), dan normal; tidak ada rasa gatal, panas, dll.

Kondisi kulit yang sehat tersebut bisa didapatkan jika asupan vitamin A (dibutuhkan bila wajah terlihat mulai timbul garis-garis di wajah atau kerut di wajah), vitamin B (dibutuhkan agar kulit terlihat sehat dan lembab), vitamin C (menghambat tanda-tanda penuaan), vitamin E (melawan kekeringan pada kulit), dan vitamin K (untuk lingkaran hitam mata lebih bersinar) terpenuhi dengan baik.

www.newbeauty.com

Secara alami, vitamin-vitamin yang dibutuhkan tubuh bisa didapatkan melalui konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti buah, sayur, seafood dan minyak. Antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas, yakni molekul yang dapat merusak sel sehat.

Selain vitamin-vitamin tersebut, antioksidan lainnya dapat berupa glutation, astaxanthin, collagen ataupun melatonin. Suplemen atau multivitamin bukanlah sebuah pil atau obat ‘ajaib’ yang dapat dengan mudah memenuhi semua kebutuhan vitamin dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Suplemen sebenarnya tidak bisa menggantikan vitamin atau nutrisi yang kita dapatkan dari makanan. Oleh sebab itu, suplemen atau multivitamin tidak lebih ‘hebat’ nutrisinya dibandingkan dengan nutrisi langsung dari makanan.

newsinto.com

Makanan memiliki berbagai manfaat yang lebih dibandingkan dengan suplemen, yaitu: mempunyai zat gizi yang lebih kaya. Makanan yang sehat dan beragam, tentu mengandung berbagai zat gizi makro maupun mikro. Tidak hanya satu jenis zat gizi saja seperti suplemen.

Contohnya, buah jeruk mengandung vitamin C, betakaroten yang baik untuk mata, kalsium yang baik untuk tulang dan gigi, serta berbagai zat gizi lainnya. Sehingga mengonsumsi buah jeruk tidak hanya memenuhi kebutuhan vitamin C untuk kulit, tetapi juga kebutuhan tubuh secara keseluruhan. 

br.pinterest.com

Selain zat gizi yang lebih kaya dan beragam, kelebihan makanan dibanding suplemen adalah makanan memberikan nutrisi secara penuh dan alami. Kalau biasanya suplemen hanya mengandung ekstrak dari suatu buah, sayur, dan lain-lain, maka mengonsumsi langsung makanan-makanan tersebut berarti lebih keseluruhan nutrisi bisa kita dapatkan.

www.sandraartsense.com

Kalau kamu sering mengonsumsi makanan yang sehat, yang rendah lemak, garam, maupun gula, tinggi serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, maka kamu gak perlu lagi mengonsumsi suplemen kulit. Namun, ada beberapa orang yang mengalami beberapa kondisi fisiologis atau penyakit khusus yang malah membutuhkan suplementasi untuk menunjang nutrisi dalam tubuhnya.

Nah, sebelum mengonsumsi suplemen, kamu perlu berkonsultasi dulu ke dokter ya. Seperti yang kita tahu bahwa suplemen kulit itu kan banyak banget macamnya. Untuk mendapatkan yang cocok sekiranya perlu berkonsultasi dengan dokter, karena kali ini kamu tidak hanya mengaplikasannya pada kulit luar tetapi juga di dalam tubuh.

Gimana? Sudah tahu jawabannya? Tapi inget ya, walaupun kita sudah mendapat nutrisi dari suplemen, kita harus banget tetep wajib mengonsumsi makanan sehat. Sayur, buah, air mineralnya jangan lupa. Nggak hanya untuk kesehatan kulit, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Film Tentang Ibu Terjahat yang Lebih Parah dari Ibu Tiri Cinderella | Keepo.me

5 Film Tentang Ibu Terjahat yang Lebih Parah dari Ibu Tiri Cinderella | Keepo.me

Dua Restoran Ini Larang Anak-anak untuk Masuk. Alasannya Apa, ya?

Dua Restoran Ini Larang Anak-anak untuk Masuk. Alasannya Apa, ya?

Xiaomi Hadirkan Inovasi untuk Permasalahan Pemindai Sidik Jari di Dalam Layar | Keepo.me

Xiaomi Hadirkan Inovasi untuk Permasalahan Pemindai Sidik Jari di Dalam Layar | Keepo.me

Hair Oil Ini Mampu Perbaiki Rambut Rusakmu Jadi Sehat dan Sekuat Akar Beringin

Hair Oil Ini Mampu Perbaiki Rambut Rusakmu Jadi Sehat dan Sekuat Akar Beringin

Ponsel Mulai Lemot? Lakukan Cara ini untuk Optimalkan RAM di Ponsel Androidmu | Keepo.me

Ponsel Mulai Lemot? Lakukan Cara ini untuk Optimalkan RAM di Ponsel Androidmu | Keepo.me

7 Rekomendasi Face Mist yang Bisa Membantu Kulit Kamu Agar Lebih Terhidrasi

7 Rekomendasi Face Mist yang Bisa Membantu Kulit Kamu Agar Lebih Terhidrasi

loading