Perbedaan Antara Fashion Designer dengan Fashion Stylish

pixabay.com

Pekerjaan di bidang mode memang memiliki segudang istilah yang terdengar keren di telinga masyarakat umum. Kalau biasa mendengar istilah fashion designer sebagai perancang busana, bagaimana dengan pekerjaan fashion stylish?

Fashion stylish adalah penata busana. Meskipun terdengar asing, pekerjaan ini mulai diminati anak muda sebagai pekerjaan yang  cukup menguntungkan.

Pasalnya, selain karena akan berinteraksi langsung dengan artis atau idola, pekerjaan ini membutuhkan selera yang sesuai dengan orang yang menjadi klienmu. Pekerjaan sebagai fashion stylish punya banyak perbedaan dengan fashion designer

1. Job description

pixabay.com

Pekerjaan seorang fashion designer dengan fashion stylish pasti berbeda. Penata mode alias fashion stylish mendesain gambar visual yang kita lihat di artikel majalah atau video di industri musik.

Seorang perancang busana alias fashion designer membuat sebuah sketsa dasar desain yang akan ditunjukkan ke klien. Lalu ia merancang semuanya hingga menentukan bahan dasar apa yang sesuai dengan desain tersebut. Industri ini sangat kompetitif dan menjadikan pengalaman yang relevan adalah hal penting untuk maju dalam kedua pekerjaan ini. 

2. Ranah pekerjaan

pixabay.com

Penata busana atau fashion stylish bekerja untuk perorangan, rumah mode, dan merek pakaian. Meskipun dikenal sebagai pekerjaan para artis karena seorang artis papan atas memerlukan tangan ahli dalam gaya berpakaian, mereka punya beberapa tanggung jawab utama. Mulai dari memberi saran, memilih, dan mengoordinasikan pakaian untuk model pemotretan atau aktor di televisi dan film, dan memilih alat peraga dan aksesori serta mempersiapkannya untuk pemotretan.

Sedangkan pekerjaan sebagai perancang busana atau fashion designer adalah profesi di balik tren yang bisa dan biasa masyarakat ikuti setiap saat. Perancang buasa bekerja dengan menganalisa tren konsumen.

3. Kategori

pixabay.com

Fashion stylish memiliki banyak jenis spesialisasi, sama halnya dengan fashion designer. Misalnya dalam dunia fashion styling, kategori yang biasanya paling dicari mulai dari celebrity stylist, personal stylist, editorial stylist, hingga stylist untuk film maupun iklan.

Berbagai kategori pekerjaan ini cukup membuat seseorang bisa dibayar mahal untuk sekali melakukan pekerjaannya. Dengan fokus di salah satu kategori, ini lebih memudahkan orang lain untuk mencari jika membutuhkan jasanya.

Pekerjaan fashion designer juga memiliki kategori masing-masing. Ada yang khusus perancang busana kebaya, batik, hingga festival.

4. Kegiatan
pixabay.com

Kedua pekerjaan yang mirip ini dekat dengan produsen demi fashion yang dibayangkan dalam kepala mereka. Baik fashion stylish maupun designer biasanya berinteraksi dengan produsen secara langsung.

Hal tersebut dilakukan supaya mereka bisa langsung mendapatkan bahan dan hiasan yang sesuai. Khusus fashion designer, sangat mungkin untuk terlibat dalam setiap langkah produksi demi hasil sempurna dari rancangannya.

5. Fashion is passion
pixabay.com

Bekerja sebagai perancang maupun penata busana memang harus mengetahui fashion. Fashion stylish dituntut untuk tetap mengikuti perkembangan tren fashion dan desain saat ini dan yang terus berubah.

Tidak lupa juga, mereka terus memberi saran kepada klien tentang tata busana untuk visual, memilih potongan yang paling tepat dari koleksi dan rentang untuk pemotretan, bahkan mengawasi pengambilan foto. Berbeda dengan fashion designer. Meskipun harus melihat tren konsumen, ia bebas merancang apapun yang dikehendaki.

6. Kondisi kerja

pixabay.com

Fashion stylish biasanya melakukan pekerjaan dengan berbagai kondisi. Misalnya saja perjalanan dengan bepergian ke berbagai lokasi untuk rapat dan pemotretan. Hal ini sudah merupakan bagian integral dari pekerjaan. Apalagi pekerjaan stylish bisa menjadi perjalanan internasional saat seorang nama besar membutuhkan jasanya.

Jam kerja biasanya panjang dan tidak teratur. Dibandingkan pekerjaan lain, menjadi designer ataupun stylish memang memakan banyak waktu dan tidak bisa diatur jam office hour biasa.

7. Syarat dan ketentuan

pixabay.com

Seorang stylish biasanya ditarik kerja karena melihat gaya dan latar belakang akademis dengan mata kuliah yang relevan. Gaya dan desain tentu sangat dinilai dalam pekerjaan ini.

Pekerjaan stylish juga membutuhkan tangan para designer. Sehingga sebagai seorang stylish perlu memiliki rasa tanggung jawab dengan busana yang kita pinjam. 

Tidak sekadar mendesain, fashion designer juga menaungi dunia pemasaran. Kalau menyukai dunia mode dan fashion, punya sifat artistik, dan kreatif dalam merancang dan menata, tidak ada salahnya untuk menjadi fashion stylish dibandingkan fashion designer. Kamu punya dua pilihan itu untuk tetap berada di jalan ini.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Batal ke Amerika, Barbie Kumalasari Ingin Liburan ke Versia. Netizen: Di Google Nggak Ada | Keepo.me

Batal ke Amerika, Barbie Kumalasari Ingin Liburan ke Versia. Netizen: Di Google Nggak Ada | Keepo.me

Penyebab Kulit Jadi Makin Kusam, Mari Lebih Peduli Mulai dari Sekarang

Penyebab Kulit Jadi Makin Kusam, Mari Lebih Peduli Mulai dari Sekarang

Kematian Pamannya Dikaitkan Ilmu Santet, Pria Ini Habisi Nyawa Tetangga Pakai Raket Nyamuk | Keepo.me

Kematian Pamannya Dikaitkan Ilmu Santet, Pria Ini Habisi Nyawa Tetangga Pakai Raket Nyamuk | Keepo.me

Tips Mudah Merawat Kulit Agar Tak Kering dan Bersisik

Tips Mudah Merawat Kulit Agar Tak Kering dan Bersisik

Unggah Tiga Foto Pamer Belahan, Clara Duo Semangka Sebut Semakin Mengembang Semain Berat | Keepo.me

Unggah Tiga Foto Pamer Belahan, Clara Duo Semangka Sebut Semakin Mengembang Semain Berat | Keepo.me

Kenali Penyebab Komedo Ini, Biar Nggak Menyesal di Kemudian Hari

Kenali Penyebab Komedo Ini, Biar Nggak Menyesal di Kemudian Hari

loading