Penyebab Kulit Jadi Makin Kusam, Mari Lebih Peduli Mulai dari Sekarang

rimma.co

Memiliki kulit wajah yang bersih, sehat, dan mulus pastinya menjadi impian banyak orang. Tapi, selalu ada saja permasalahan yang timbul pada kulit. Apalagi bagi yang tinggal di perkotaan besar dengan tingkat polusi tinggi dan aktivitas di luar rumah yang padat.

Jerawat, wajah berminyak, belang, dan kusam sudah menjadi problematika sehari-hari yang dihadapi. Meskipun saat ini sudah tersedia banyak produk perawatan yang jadi solusi dari masalah tersebut, ada baiknya kamu untu meningkatkan kesadaran untuk merawat kulit yang mulai bermasalah.

Nggak cuma mengganggu penampilan, kulit wajah yang kusam juga bisa menjadi indikasi jika tubuhmu sedang tidak baik-baik saja. Kira-kira, apa saja penyebab yang membuat kondisi kulit wajahmu jadi makin kusam?

1. Kulit yang dehidrasi karena kekurangan cairan

pexels.com

Pastinya kamu sudah tahu kalau kurang minum bisa berimbas pada kulit wajah. Salah satu faktor penyebab kulit kusam adalah kekurangan cairan. Tubuh kita memang terdiri dari 70% air yang disimpan di bawah lapisan kulit. Nggak heran kalau kekurangan cairan bisa menyebabkan aliran darah ke kulit jadi menurun.

Alhasil, ini yang membuat kulit wajah menjadi kering, kasar, dan kusam. Ada baiknya untuk mulai aware sama kebutuhan cairan dalam tubuh. Kamu dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas sehari untuk mencegah tubuh kekurangan cairan dan dehidrasi kulit.

2. Kebiasaan merokok

pexels.com

Buat pria maupun wanita yang merokok, ini yang jadi jawaban dari alasan kenapa kulit wajahmu bisa kusam. Merokok nggak cuma membawa dampak buruk bagi kesehatan dan menimbulkan beragam penyakit pada tubuh. Lintingan tembakau ini juga bisa merusak kolagen kulit dan membuatnya menjadi pucat, berkerut, dan kusam.

3. Stres membuat aliran darah ke wajah jadi berkurang

pexels.com

Jangan kira dampak dari stres yang terjadi padamu hanya berimbas ke pikiran dan keseharian. Kamu perlu tahu kalau nyatanya stress dapat membuat aliran darah ke wajah menjadi berkurang dan membuat kulit menjadi kasar dan kusam.

Ketika stres, hormon kortisol dan aliran darah hanya akan terpusat pada organ vital tubuh, bukan ke wajah kita. Pada akhirnya, kekurangan aliran darah ke wajah akan membuat wajah menjadi kusam. Mulailah untuk memanajemen tingkat stresmu.

4. Sel kulit mati yang menumpuk akibat jarang membersihkan wajah
rimma.co

Kulit wajah yang kusam juga disebabkan oleh sel kulit mati yang menumpuk akibat jarang dibersihkan. Buat yang masih suka malas untuk membersihkan wajah, lebih baikmulai lebih disiplin untuk membersihkannya.

Debu, polusi, dan paparan sinar matahari yang membuat kulit jadi kering dan kotor. Jika tidak segera dibersihkan akan membuat sel kulit mati kita makin menumpuk. Alhasil, lama-kelamaan kulitmu yang cerah dan glowing bakalan kusam dengan sendirinya.

5. Terlalu sering terpapar sinar matahari
flickr.com

Terlalu sering terpapar sinar matahari juga bisa membuat kulit wajahmu kusam. Hati-hati terlebih untuk yang sering beraktivitas di dalam dan luar ruangan yang tidak dibatasi oleh penangkal sinar matahari.

Paparan sinar ultraviolet dapat menyebabkan hiperpegmentasi dan memicu timbulnya flek hitam pada wajah. Alhasil, ujung-ujungnya bikin wajah jadi kusam. Jika memang sering beraktivitas di luar ruangan terlebih di siang hari, ada baiknya menggunakan tabir surya minimal ber-SPF 30 tiap dua jam sekali untuk perlindungan maksimal.

6. Malas membersihkan wajah sebelum tidur

pexels.com

Malas membersihkan wajah sebelum tidur juga bisa membuat wajah menjadi kusam. Wajah yang kotor akibat debu, polusi, serta makeup dalam jangka waktu yang lama membuat kulit butuh peremajaan.

Treatment paling murah yang bisa diberikan kepada kulit wajah adalah dengan mencuci wajah dengan facial wash. Bersihkan riasan dengan cairan remover sebelum membilasnya dengan air dan sabun wajah. Keringkan secara lembut dengan handuk untuk wajah, baru deh tidur.

7. Kekurangan antioksidan dan zat besi

pexels.com

Kekurangan antioksidan dan zat besi adalah faktor yang sering tida kamu sadari. Buat yang merasa kurang makan sayur, buah, daging merah, dan makanan yang mengandung antioksidan, wajah kusam bisa jadi disebabkan oleh hal ini.

Antioksidan sendiri berperan penting dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh. Zat besinya berfungsi untuk mengoptimalkan kerja antioksidan dan mempertahankan kesehatan kulit. 

Merawat kulit yang kusam bisa dari dalam dan luar. Merawat kulit kusam dengan mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi serta membantunya dengan produk kesehatan kulit dapat membuat wajahmu cerah, bersih, glowing lagi.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Menag: Pegawai BUMN yang Benci Pemerintah, Silahkan Keluar! | Keepo.me

Menag: Pegawai BUMN yang Benci Pemerintah, Silahkan Keluar! | Keepo.me

Tips Mudah Merawat Kulit Agar Tak Kering dan Bersisik

Tips Mudah Merawat Kulit Agar Tak Kering dan Bersisik

Calon Menteri Masa Depan, Ini Lho Deretan Anak Muda Yang Jadi Staf Khusus Jokowi! | Keepo.me

Calon Menteri Masa Depan, Ini Lho Deretan Anak Muda Yang Jadi Staf Khusus Jokowi! | Keepo.me

Kenali Penyebab Komedo Ini, Biar Nggak Menyesal di Kemudian Hari

Kenali Penyebab Komedo Ini, Biar Nggak Menyesal di Kemudian Hari

Dari Pamer Alat Kelamin hingga Lempar Sperma, Ini Deretan Aksi Cabul yang Hebohkan Publik | Keepo.me

Dari Pamer Alat Kelamin hingga Lempar Sperma, Ini Deretan Aksi Cabul yang Hebohkan Publik | Keepo.me

Stylish Ala Cewek Korea, Ini 5 Tren K-Fashion yang Harus Kamu Tahu

Stylish Ala Cewek Korea, Ini 5 Tren K-Fashion yang Harus Kamu Tahu

loading