Pengen Tidur Lelap dan Bangun Lebih Segar? Pilih Posisi Tidur yang Baik Buat Kamu!

25 Oktober 2017
|Robertus Jeje
1.4 KSHARES

Siapa sih yang nggak mau bangun tidur dengan kondisi yang lebih segar? Pasti semua orang menginginkannya, bukan? Ternyata untuk bisa mendapatkan itu ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat tidur, yakni bagaimana dan seperti apa posisi tidur kamu. Cara atau posisi inilah yang membuat tidurmu lebih berkualitas dan bangun tidur pun terasa lebih segar tanpa ada rasa pegal.

Nah bagi kamu yang ingin mencobanya, Yukepo bakal kasih kamu tips bagaimana tidur dengan posisi yang baik. Yuk simak ulasannya!

1. Tidur posisi telentang bisa membuatmu bangun tidur tanpa rasa pegal

Tidur posisi ini bisa membuatmu bangun tidur dengan rasa segar, terlebih jika seharian kamu sudah berlama-lama duduk di kantor. Tidur dengan posisi ini membuat tubuhmu lebih rileks. Selain itu tulang leher dan punggung menjadi lebih sehat karena posisi tubuhmu sejajar lurus.

Tak hanya itu saja, posisi tidur telentang juga membuat aliran darah dari jantung otak dan seluruh bagian tubuh lainnya menjadi lebih lancar. Namun kalau kamu punya masalah pernafasan seperti ngorok, tidur dengan posisi ini perlu hati-hati. Sebab pangkal lidahmu akan menutupi tenggorokan dan memperparah ngorok kamu.

2. Malu bangun tidur dengan wajah berkerut? Lakukan posisi tidur star fish ini, dijamin bangun tidur wajahmu anti-kusut dan tetep mulus

Bagi kamu terlebih para cewek, kalau ingin bangun tidur dengan wajah mulus tanpa kerutan, cobalah posisi star fish. Posisi tidur ini sama dengan telentang, hanya saja yang membedakan posisi tangan kamu terentang dan kaki sedikit terbuka. Dengan posisi ini wajah dan kulitmu akan terhindari dari lipatan atau kerut.

Selain itu, otot pada tubuhmu juga akan lebih rileks, sehingga bangun pagi pun badan terasa segar. Namun efeknya seperti tidur terlentang, posisi star fish kurang bersahabat bagi kamu yang memiliki gangguan pernafasan atau ngorok.

3. Kamu punya kebiasaan mendengkur? Cobalah posisi tidur lurus miring.

Pasti kamu juga pernah merasa malu saat tidur bersama teman-temanmu karena kamu mendengkur. Cobalah posisi tidur lurus miring dengan tangan sejajar agar bisa meredam suara dengkuran kamu. Tak hanya mengurangi gangguan itu saja, posisi ini juga menghindari kamu bangun tidur dengan sakit di leher dan pinggang.

Namun tetap saja, posisi miring seperti ini punya efek lainnya, yakni beresiko memiliki kerutan di wajah. Dan bagi wanita, posisi ini bisa menurunkan posisi payudara, sebab tubuh mengikuti gaya gravitasi. Jadi kamu perlu hati-hati.

4. Pernah mencoba tidur dengan posisi bayi dalam kandungan? Posisi ini ternyata mampu mengistirahatkan badan dan pikiran kamu

Tidur ini bisa membuatmu sangat nyenyak dan nyaman. Tidur ini posisinya miring, kaki dan tangan kamu menekuk, sehingga kamu akan terlihat seperti bayi di dalam kandungan. Lalu agar leher dan telapak tangan tidak sakit, gunakan bantal yang rendah. Posisi tidur ini juga bisa mengurangi gangguan pernafasan seperti mendengkur dan rasa nyeri pada perut.

Namun tetap saja posisi tidur ini ada resikonya, yaitu kerutan pada wajah di pagi harinya, kesemutan pada bagian telapak tangan, dan kurang baik untuk tulang punggung karena posisinya sedikit membungkuk.

5. Tidur dengan posisi miring ternyata ada fungsinya sendiri-sendiri. Kalau kamu tidur dengan posisi miring ke kiri, ini bisa memperbaiki masalah asam lambung kamu

Mungkin tak banyak yang tahu hal ini. Posisi miring ke kiri ternyata bisa membantu kamu jika memiliki masalah asam lambung dan maag. Sebab posisi ini bisa memperbaiki organ pencernaan kamu.

Mengutip The Journal of Clinical Gastroenterology, posisi tidur miring ke kiri sambungan perut dan kerongkongan tidak terbuka meskipun kadar asam lambung sedang tinggi, sehingga dengan posisi ini perutmu akan terasa lebih nyaman tanpa rasa nyeri. Dan bagi ibu hamil, posisi miring ke kiri sangat baik untuk memperlancar aliran darah ke janin.

6. Posisi tidur miring ke kanan bisa menghindari masalah pernafasan hingga pencernaan seperti mendengkur dan BAB

Kalau kamu punya masalah mendengkur dan gangguan pernafasan lainnya, cobalah posisi tidur miring ke kanan. Selain itu, posisi ini baik untuk mempercepat pengosongan lambung dan mempercepat turun ke usus.

Sehingga wajar saja kalau kamu tidur dengan posisi ini, esok paginya bangun tidur kamu langsung bisa buang air besar dengan lancar. Jadi kalau kamu ingin memiliki pernafasan lebih baik sekaligus pencernaan kamu, cobalah posisi tidur ini.

7. Kalau kamu suka tidur miring dengan tangan menjadi ‘bantal’ kepala, kamu perlu hati-hati terhadap resikonya

Tidur posisi ini memang nyaman. Namun risikonya juga cukup menyebalkan, yakni kesemutan. Hal ini disebabkan tangan kamu menahan beban kepala, kemudian syaraf dan aliran darah menjadi terganggu. Bahkan kalau tertindih dengan waktu yang cukup lama, tanganmu akan terasa sakit. Tak cukup itu saja, kamu juga akan merasakan pegal pada bagian leher dan bahu. Jadi posisi tidur ini tidak disarankan untuk kamu.

8. Kalau kamu ingin memperbaiki dan memiliki pencernaan sehat, posisi tidur tengkurap bisa menjadi pilihan tepat

Posisi tidur ini memang tidak menguntungkan, tapi sangat bagus untuk memperbaiki pencernaan kamu. Belum lagi kalau kamu seharian banyak duduk dan membungkuk saat beraktivitas, posisi tidur ini bisa memperbaiki sendi-sendi kamu. Sehingga tulang dan otot bagian punggung akan menjadi lebih nyaman.

Tapi perlu kamu ketahui juga, posisi tidur ini juga cukup bersiko. Seperti menyebabkan sesak nafas karena dadamu tertekan dan menahan beban tubuh dan wajahmu juga bisa kusut di pagi harinya. Jadi posisi tidur ini hanya disarankan kalau kamu ingin memperbaiki pencernaan saja.

9. Kamu suka tidur dengan memeluk bantal atau guling? Cara tidur ini memang bisa memberikan kenyamanan istirahat yang sangat baik untuk kamu

Guling dibuat bukan tanpa sengaja. Hal ini dikarenakan saat penjajah inggris datang ke Indonesia tanpa istrinya, guling digunakan sebagai ‘pengganti’ istri dan untuk dipeluk agar tidur menjadi lebih nyenyak. Hingga saat ini guling selalu menjadi andalan saat tidur untuk mendapat ketentraman dan kenyamanan.

Hal ini juga membuat tidurmu lebih berkualitas. Karena guling bisa menyempurnakan tidurmu menjadi lebih lelap. Sehingga bangun esok pagi kamu akan menjadi lebih segar. Namun agar semua itu tercapai, pastikan bantal guling kamu bersih dan wangi ya, agar bisa memberimu kenyamanan lebih saat beristirahat.

Nah, itulah tadi posisi tidur yang baik dan membuatmu memiliki tidur berkualitas. Jadi sudah tahu semuanya kan efek dan manfaat setiap posisi? Sekarang kamu tinggal memiliki posisi apa yang paling sesuai dengan kondisi kamu. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
1.4 KSHARES