Pengen Punya Kebun Indah di Rumah? Ikuti 7 Tips Merawat Bunga Ini

15 September 2017
|Lidya Kartika
599SHARES

Adanya kebun di depan rumah tentunya sudah memberikan sejenis rekreasi untuk kita. Hal ini tidak bisa dipungkiri. Adanya pepohonan juga bunga menyediakan suasana baru, baik bagi sistem pernapasan kita maupun untuk mata kita. Di tengah area perumahan yang tidak terlalu luas seperti sekarang ini, rasanya beberapa jenis bunga saja sudah cukup untuk memberikan kenyamanan bagi kita sehari-hari.

Namun, tidak banyak dari kita yang tahu bagaimana cara merawat bunga yang baik. Pengalaman yang terbatas sering kali malah membuat bunga yang sebelumnya kita lihat indah saat dibeli di toko, menjadi tidak sehat, bahkan cepat layu. Bagi kamu yang sering mengalami keadaan serupa, yuk coba cek tips merawat bunga berikut ini:

1. Pilih media penanaman yang baik

Langkah pertama untuk merawat bunga yaitu pastikan kamu telah mempersiapkan tanah sebagai media penanaman yang baik. Kalau bisa, persiapkan media penanaman satu bulan sebelum mulai bercocok tanam. Jikao pada saat kamu akan menanam, media itu menunjukkan adanya cacing atau mikroba, jangan khawatir! Justru media yang terbentuk sudah tepat untuk mendukung pertumbuhan. Jangan lupa terus diberikan pupuk juga.

 

 

2. Penyiraman yang cukup

Bicara soal penyiraman, ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan: waktu, cara, jumlah air, dan sebagainya. Banyak keadaan yang tidak terduga dapat terjadi, misalnya, terlalu banyak air dapat membuat bunga layu, beberapa tipe penyiraman dapat membuat bunga terserang penyakit, dan sebagainya. Ikuti dengan baik panduan menyiram yang diberikan saat pertama kali membeli bunga. 

3. “Makanan yang tepat”

Tidak hanya manusia, bunga juga butuh makanan. Makanan bagi bunga berbentuk pupuk. Kalau kamu masih enggan belajar soal pupuk, jangan harap bunga yang kamu pelihara bisa tumbuh dengan baik. Jenis pupuk pun ada macam-macam, tergantung persentase kandungan di dalamnya; nitrogen, fosfor, kalium, dan lain-lain. Kamu harus menggunakan pupuk yang tepat untuk jenis bunga yang tepat. Setiap bunga memerlukan persentase jumlah kandungan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa disamakan. 

4. Menangkal hama

Jenis bunga yang berbeda menarik perhatian serangga yang berbeda. Tapi, kamu juga harus sadar bahwa tidak semua serangga merupakan hama. Ada serangga yang malah membuat tanaman menjadi tumbuh lebih baik. Kamu harus mengenali dengan baik jenis bunga yang kamu tanam untuk dapat membedakan serangga yang merupakan hama dan serangga yang bermanfaat bagi tanaman kamu. Setelah itu, kamu dapat mengatasi hama dengan menggunakan predator biologis (seperti cacing, atau serangga lain), juga semprotan atau serbuk anti hama. 

5. Memerangi gulma

Bukan cuma hama berbentuk hewan, ancaman terhadap bunga dapat hadir dalam bentuk gulma. Gulma sangat berbahaya karena dapat menyerap air serta nutrisi yang dibutuhkan oleh bunga. Gulma juga menjadi habitat bagi serangga pengganggu. Dalam mengatasi gulma, yang harus kamu lakukan adalah sering-sering merawat bunga yang kamu tanam, sehingga kamu dapat melihat gulma sejak ukurannya masih kecil, dan memberantasnya dengan cepat.  

6. Mengatasi penyakit

Apabila pertumbuhan bunga terhambat, penyebabnya tidak selalu serangga, tetapi bisa juga penyakit. Untuk kasus yang satu ini, yang harus kamu lakukan adalah memastikan sumber penyakit yang timbul. Apabila disebabkan oleh jamur, kamu harus menggunakan zat anti-jamur secepatnya.

7. Cahaya matahari

Selain nutrisi dan air, dalam daftar berikutnya yang harus diperhatikan adalah pencahayaan. Cahaya mendukung pertumbuhan bunga menjadi lebih kuat.

Itulah beberapa tips untuk merawat bunga agar tumbuh dengan baik dan indah. Jadi, apa kamu sudah siap menanam bunga di kebun sendiri?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lidya Kartika
Gak Punya Quote Nih!
599SHARES