Pengen Naik Gunung Sambil Bawa Bayi? Kamu Wajib Baca Tips Berikut Ini!

www.hipwee.com

Hobi mendaki biasanya digemari oleh kaum muda meskipun ada juga sih beberapa orang yang udah tua, tapi tetep naik gunung. Terus gimana dong kalau udah punya anak bayi? Pengen banget mendaki, tapi anaknya mau diapain? Dilipet dalam carrier? Ya kaliii, itu anak apa ponco jas hujan, kok seenaknya dilipet-lipet?

Well, zaman udah berubah, guys. zaman sekarang mah apa aja bisa dilakukan, termasuk mendaki bersama bayi! Eitz, tapi, jangan sembarangan bawa bayi naik gunung karena bagaimanapun, pasti ada tahap-tahap yang harus dilakukan. Dikutip dari akun facebook Drh. Nyomie yang fenomenal karena membawa anak bayinya muncak ke beberapa gunung, ini nih tips yang harus kamu lakukan ketika memutuskan untuk membawa bayimu naik gunung. Mamah muda dan papah muda pecinta alam wajib simak sampe abis!

1. Orang tua harus bener-bener mengetahui kondisi anak

www.hipwee.com

Karena yang paling memahami bayi adalah orang tuanya, jadi, orang tua kudu bener-bener ngerti gimana karakter bayinya. Misalnya nih, orang tua pasti tau tingkat kerewelan bayinya, seberapa kuat bayinya saat diajak jalan-jalan keluar ruangan, bagaimana kecepatan anak dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar, perubahan suhu udara yang panas atau dingin, serta orang-orang yang baru ditemui. Jika orang tua merasa anaknya sudah cukup mampu untuk menghadapi itu, maka bisa dilanjutkan dengan mempersiapkan tahap lainnya.

2. Lakukan secara bertahap

www.facebook.com

Dimulai secara bertahap dari tempat-tempat yang kecil dan dekat dulu. Misalnya, ajak ke bukit dekat rumah atau ke gunung wisata yang proses pendakiannya hanya butuh waktu singkat antara 1-2 jam. Lalu latihannya makin meningkat ke gunung yang lebih tinggi dengan suhu yang semakin dingin, rentang waktu yang lebih lama, dan medan yang lebih sulit.

3. pemilihan tempat tujuan, waktu, dan cuaca

www.hipwee.com

Kalau bawa bayi, pasti nggak mungkin bawaannya sedikit. Jadi, lama waktu, tujuan, dan kondisi cuaca menentukan banget apa aja yang harus dibawa. Misalnya, pendakian ke gunung yang memakan waktu empat hari dengan cuaca hujan, berarti harus bawa pampers berapa banyak, jas hujan anak, juga makanan untuk bayi dan dewasa. Transportasi juga harus diperhitungkan. Kira-kira si anak bakal rewel nggak di perjalanan, lebih efisien pake kereta atau pesawat dan pastinya, bawa mainan supaya anak nggak nangis kenceng karena bosan di jalan.

4. Bawa tim yang bener-bener ngerti medan pendakian
www.facebook.com

Jadi, kita bisa mendaki tepat waktu dan nggak pake molor dengan tenang, aman, dan nyaman. Syukur-syukur kalau ada yang bantuin kamu buat gendong bayi.

5. Manajemen air dan makanan
www.facebook.com

Pastikan keberadaan mata air di jalur pendakian, jadi kita bisa tau berapa banyak air yang harus kita bawa. Untuk makanan bayi, terutama yang MP-ASI, sediakan bubur instan atau biskuit bayi untuk dimakan pada siang hari. Untuk pagi dan malam hari, kamu bisa memasak bubur sendiri atau sup. Sedia buah yang lunak atau kaldu beku dalam kemasan plastik, serta termos untuk air hangat. Jika anak minum susu formula, usahakan bawa botol susu sebanyak tiga buah, Susunya cukup taruh dalam wadah sachet, nggak perlu bawa sekaleng. Bisa juga pakai susu UHT kemasan kecil. Lebih enak lagi sih kalo pake ASI. 

6. Selalu safety

www.facebook.com

Jangan pernah lupa bawa P3K.

7. Bikin checklist

www.facebook.com

Biar nggak kelupaan barang apa aja yang harus dipacking.

8. Kudu jago packing

www.hipwee.com

Naik gunung tanpa bayi aja carriernya udah lebih gede dari kulkas, apalagi kalo bawa bayi. Makanya, ilmu tentang packing wajib hukumnya. Bawa barang seringkas mungkin. Lebih bagus kalo bawa barang yang bisa dilipet-lipet. Pokoknya, harus pintar memanfaatkan ruang yang masih kosong semaksimal mungkin.

9. Dilarang keras untuk sombong

www.hipwee.com

Naik gunung bukan ajang untuk sombong dan pamer seberapa hits-nya kamu. Jadi, jangan pernah sombong dan memaksakan diri untuk selfie di puncak. Jika keadaan tidak memungkinkan, lebih baik turun demi keselamatan bersama.

10. Jangan ambil apa pun, kecuali gambar dan jangan tinggalkan apa pun, kecuali jejak

www.hipwee.com

Inilah aturan dasar pendakian yang harus kalian lakukan untuk tetap menjaga kelestarian alam.

Udah siap untuk mengajak bayimu menghirup udara di ketinggian?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Cara Asyik yang Bisa Bikin Skripsi Kamu Beres pada waktu yang Tepat

7 Cara Asyik yang Bisa Bikin Skripsi Kamu Beres pada waktu yang Tepat

Agar Tetap Terlihat Sopan, Contek 6 Padu Padan Hijab dan Mini Dress Ini

Agar Tetap Terlihat Sopan, Contek 6 Padu Padan Hijab dan Mini Dress Ini

Inilah 10 Rangkaian Skincare untuk Kulit Semulus Artis Korea, Yakin Kamu Sanggup?

Inilah 10 Rangkaian Skincare untuk Kulit Semulus Artis Korea, Yakin Kamu Sanggup?

Benarkah Depresi Bisa Menular? Inilah 7 Tips Mudah Menghindari dan Mengatasi Depresi

Benarkah Depresi Bisa Menular? Inilah 7 Tips Mudah Menghindari dan Mengatasi Depresi

Gaji Kurang dari 4 Juta, Tapi Tetap Bisa Beli Rumah? Begini Caranya!

Gaji Kurang dari 4 Juta, Tapi Tetap Bisa Beli Rumah? Begini Caranya!

Bukan Menceramahi, Beginilah 11 Cara Mencegah Orang Terdekatmu yang Berencana Bunuh Diri

Bukan Menceramahi, Beginilah 11 Cara Mencegah Orang Terdekatmu yang Berencana Bunuh Diri

loading