Pengen Bisa Main Gitar? Ini 6 Cara Mudah Belajar Gitar yang Harus Praktikkan!

17 Oktober 2017
|Robertus Jeje
Tips
0SHARES

Siapa yang tak ingin bermain gitar semahir Jimmy Hendrix? Meskipun kamu tak mengidolakannya, kamu pasti bakal mengakui bagaimana kelihaiannya saat bermain gitar dan nampak luar biasa. Lalu bagaimana bagi kamu yang ingin bermain gitar tapi belum pernah ‘menyentuh’ gitar sama sekali sebelumnya?

Tenang aja, Yukepo bakal kasih tips bagi pemula untuk belajar gitar dengan cepat. Pssst, ternyata kamu bisa jago dengan cara otodidak, lho. Yang terpenting, kamu perlu sabar dan pelan-pelan mempelajarinya. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan!

1. Mengenali tone pada setiap senar dan belajar tuning

Tentu saja ini bukanlah sesuatu yang mudah bagi orang yang lagi belajar gitar. Sebab, hal ini memerlukan pendengaran dan feeling yang bagus saat melakukan tuning. Tapi setidaknya kamu harus tahu tone pada setiap senar.

Dari atas (senar paling tebal) adalah E, A, D, G, B, dan paling bawah (senar paling kecil) E.

Namun jika kamu kesulitan, jangan ragu untuk meminta bantuan teman. Atau, saat membeli gitar, kamu bisa meminta bantuan di toko tersebut untuk tuning gitarmu sekalian. Sehingga ketika pulang, gitarmu sudah siap kamu pakai untuk belajar.

2. Setelah itu, mulailah memilih lagu yang kamu inginkan untuk latihan

Di sini kamu bisa memilih buku panduan biasa ataupun buku lagu sebagai "guru" kamu. Kamu bisa mendapatkannya di toko buku, pasti kamu bakal menemukan banyak di sana. Atau cari panduan belajar gitar di internet, seperti di Youtube dan ribuan website lainnya, kamu bisa belajar di situ secara cuma-cuma.

3. Kamu harus memiliki target dalam belajar gitar

Bagi pemula, hal ini cukup penting karena ini akan membantumu belajar lebih cepat. Pastikan kamu punya target dan jangka waktu dalam menguasai beberapa materi. Misalnya, dalam satu minggu kamu harus bisa menggunakan chord dasar seperti C, D, F, E, A hingga yang lebih sulit, F#m, B#m, C#m, dan lainnya.

Atau, kalau kamu ingin memiliki target lebih tinggi lagi, dalam satu minggu kamu harus bisa bermain satu lagu. Nah, dengan menggunakan belajar bertarget seperti ini, kamu akan bisa belajar lebih cepat.

4. Kalau kamu sudah mulai mahir dan mengenali chordgitar, cobalah untuk naikkan level belajar kamu

Latihan gitar memang dibutuhkan kesabaran dan konsentrasi. Setelah kamu bisa atau sudah mengenali chord-nya, kamu bisa mulai untuk naik level kamu, yakni belajar memetik gitar.

Meskipun kamu pemula, kamu tetap bisa melakukan ini menggunakan 5 jari kamu. Pertama yang harus kamu pelajari adalah kamu harus hafal penempatan jari kamu pada setiap senar.

Cobalah mulai dengan cara ini, ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Kemudian jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1. Dengan cara ini, pelan-pelan kamu bisa lebih mudah untuk menguasai bagaimana memetik senar gitar. Yang terpenting adalah hafal di mana letak atau posisi jari kamu pada senar.

5. Sudah mulai jago memetik gitar, saatnya pelan-pelan untuk belajar melodi

Bagi sebagian orang termasuk pemula, ini adalah bagian paling sulit – di mana kamu mulai belajar melodi dan membaca not. Namun bagi pemula, ada 3 langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Kamu bisa mencari tahu melodi gitar dengan membaca tabulasi. Apa itu? Tabulasi adalah proses menempatkan sebuah data dalam bentuk tabel yang isinya not-not untuk memudahkan kamu dalam belajar melodi.

2. Pahami scale! Ini adalah cara untuk mencari melodi dalam lagu. Kalau kamu sudah paham tentang scale, kamu bakal mudah menebak melodi pada lagu. Scale yang paling umum dan mudah dipahami adalah pentatonic scale.

3. Kalau kamu sudah mengenali tabulasi dan scale, terakhir adalah belajar berimprovisasi. Cara ini membutuhkan feeling yang bagus, pendengaran, dan insting yang kuat dalam menentukan nada. Kamu bisa melatihkan dengan mendengar sebuah lagu, kemudian menyusun nada yang sesuai dengan alur dalam satu melodi.

Itu tadi 3 langkah bagi pemula untuk belajar melodi. Memang ini tidak mudah seperti teknik-teknik sebelumnya yang sudah dijelaskan. Yang terpenting dalam belajar melodi adalah feeling, skill, dan improvisasi dalam menghubungkan not demi not. Sehingga dengan cara itu, kamu bisa menciptakan harmoni yang indah.

6. Siapa musisi favorit atau gitaris idola kamu? Jadikan dia sebagai inspirasi dan motivasi kamu belajar

Cara ini juga sangat membantu dan memotivasi kamu untuk terus belajar dan berkembang lebih baik. Ada banyak sekali gitaris handal yang bisa kamu pilih, entah itu musisi luar atau dalam negeri. Kalau tidak kamu bisa mencarinya di internet, televisi, atau saat kamu menonton konser. Kamu bakal memiliki gairah lebih untuk belajar dan jadi gitaris handal.

Belajar gitar memang tidak mudah. Kamu harus tekun, sabar, konsentrasi, dan tidak malas untuk mengulang-ulang. Kamu juga bisa belajar dengan memainkan lagu favorit kamu, kamu bisa mencari chord-nya di internet, sehingga belajarmu bakal makin semangat. Jika kamu bisa melakukan semua hal-hal ini, pelan-pelan kamu pasti bakal mahir bermain gitar seperti musisi idolamu. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES