Pantesan 7 Merek Streetwear Mendadak Nge-hitz, Konsepnya Kreatif Banget Kayak Gini!

07 Mei 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Streetwear adalah pakaian santai cenderung sporty yang biasanya bisa didapati dijual di distro independen. Sekarang, yang model begini adalah simbol kekerenan anak muda. Biasanya anak muda suka banget mengenakan streetwear, apalagi yang mereknya lumayan terkenal.

Sebanding dengan harganya, kualitas, konsep, dan desain yang ditawarkan beberapa brand juga cukup kece lho.

Selain brand tenar seperti Supreme dan Vans, masih ada banyak lho merek streetwear yang nggak kalah kece, meskipun mereka masih terhitung baru. Mau tahu beberapa konsep kreatifnya? Simak terus artikel ini ya. 

1. The Hundreds

Didirikan oleh dua sahabat Ben dan Bobby pada 2003, The Hundreds menjelma jadi salah satu merek streetwear yang paling diganderungi di Amerika Serikat. Awalnya sih, mereka terinspirasi dengan gaya hidup California dan budaya surfing serta musik di daerah tempat tinggal mereka.

Hingga akhirnya berhasil memasukan produk ke toko terdekat dan dapat banyak peminat, mereka makin rajin memperluas pasar dan menciptakan produk serta desain baru. Desainnya sederhana tapi keren, dengan logo bom dan petir, produk The Hundreds juga sudah dikenakan banyak artis dan musisi terkenal. 

2. Anti Social Social Club (ASSC)

Nah, yang ini baru saja jadi tren di Indonesia sejak 2016 lalu. Logonya bahkan sudah banyak dibuat tiruannya. Sebenarnya, pencetus brand ini bernama Neek Lurk, seorang anak muda Amerika keturunan Korea.

Ia membuat nama ASSC merujuk pada kepribadiannya yang introvert dan saat itu ia baru putus cinta. Awalnya dia hanya membuat kaos dengan desain tersebut untuk dirinya sendiri. Namun, ternyata banyak orang yang menyukainya, hingga sekarang ia berhasil mendirikan clothing line sendiri dengan nama tersebut. Tak disangka, keberuntungan datang dari ketidaksengajaan, tapi kreatif banget tentunya. 

3. YKRA

Merek ini lahir di Hungaria pada 2011 dan fokus pada produk tas. YKRA mulai naik daun dan menyaingi streetwear sekelas Jansport dan Kanken Fjallraven yang sudah hitz duluan. YKRA unik karena ia menawarkan bentuk tas yang berbeda dari biasanya.

Menurut mereka desain tas mereka merujuk pada tren tahun 70-an dengan warna mencolok yang estetik. Merek ini juga menggunakan tema traveler dan petualang untuk branding-nya. 

4. STAYCOOLNYC

Mirip dengan YKRA, merek streetwear ini juga terinspirasi tren masa lalu, tepatnya tren gaya retro tahun 80 hingga 90-an. Makanya, kamu akan lebih banyak melihat warna ngejreng seperti pink, hijau tosca, biru muda, kuning, ungu, dan lain sebagainya. Seru sih, berbeda dengan merek streetwear biasa yang didominasi warna hitam, putih, dan merah. 

5. Openism

Seorang desainer bernama Ibrahim Mimou yang berusaha memadukan gaya Barat dengan Timur Tengah. Selain beberapa desain pakaian yang unik yang menunjukan perpaduan pakaian modern gamis khas Timur Tengah yang biasanya mereka wujudkan dalam bentuk kemeja dan jaket, ada juga beberapa produk kaos casual dengan slogan khas mereka Meso Arabia. Openism punya dua pusat, di Los Angeles dan Dubai.

6. O.N.S

Merek streetwear yang berbasis di New York ini menampilkan desain baju yang memang New York banget. Sesuai dengan cuaca kotanya yang dingin, konsep desain mereka pun berkutat pada mantel, jaket tebal, dan sweatshirt yang tentunya hadir dengan warna yang lebih segar ala anak muda banget. 

7. Twelvepieces

Markas Twelvepieces memang di Denmark, tetapi founder-nya terinspirasi oleh pergerakan politik di Timur Tengah atau yang kita kenal sebagai Arab Spring. Jadinya, ia membuat desain-desain yang warnanya seputar warna gurun tandus seperti putih gading, khaki, dan olive. Model bajunya juga seputar kaos, gamis, kemeja khas Timur Tengah, serta outwear.  

Wah, ternyata konsep kreatif mereka terinspirasi dari gaya hidup di tempat asal atau suatu fenomena yang menarik seperti nostalgia masa lalu bahkan pergolakan politik. Bahkan ada yang dibuat tanpa sengaja dan kemudian menarik minat banyak orang. Yuk, siapa yang tertarik bikin usaha streetwear macam ini? Ide-ide inovatifnya bisa jadi inspirasi, tuh. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES