Pakai Lipstik Selama Puasa Bikin Batal Nggak, Ya? Ini Jawabannya!

15 Mei 2018
|Faizah Pratama
0SHARES

Lipstik memang jadi senjata andalan wanita untuk menjaga kecantikan bibirnya. Hampir semua wanita tidak bisa lepas dengan benda yang satu ini. Selalu dibawa ke manapun biar bisa digunakan sewaktu-waktu. Sekali pulas bibir pucat pun akan merona seketika. Menjelang puasa, pasti banyak cewek yang bertanya-tanya. Pakai lipstik saat puasa boleh nggak, ya? Bikin batal atau tidak? Temukan jawabannya setelah membaca ulasan berikut ini!

 

1. Boleh pakai makeup asalkan tidak mengganggu kekhusyukan ibadah

Memakai makeup selama menjalankan ibadah puasa tidak dilarang. Makeup adalah sesuatu yang dikenakan di luar tubuh. Selama makeup tersebut tidak mengganggu kenyamanan ibadah memang tidak masalah. Namun, selama menjalankan ibadah puasa sebaiknya wanita menjaga kesederhanaanya termasuk dalam hal berhias.

2. Pakai lipstik saat puasa, batal?

Kalau pakai makeup boleh, berarti lipstik boleh juga dong? Menelusuri hukum Islam, banyak perbedaan pendapat dalam memandang masalah ini.  Ada yang membolehkan dan ada yang mengatakan makruh atau lebih baik tidak dilakukan karena lipstik letaknya di bibir dan berpotensi tertelan.

Tidak ada larangan bagi orang yang berpuasa untuk memakai lipstik atau pelembab bibir. Jadi sah-sah saja kalau seorang wanita mengenakannya saat berpuasa dari pada tersiksa karena bibir kering dan kusam. Pembolehan ini pun masih dengan syarat, asalkan tidak ada zat lipstik yang bisa tertelan dan masuk ke lambung. Sebab, masuknya sesuatu ke lambung saat puasa bisa membatalkan.

3. Jangan melampaui batas

Mentang-mentang pakai lipstik tidak dilarang, jangan sampai kamu malah sengaja pakai lipstik yang mengandung rasa enak. Nanti, kamu malah keasyikan menjilatinya dan ujung-ujungnya malah menelannya. Kalau nggak sengaja memang tidak batal tetapi kalau sengaja jelas membatalkan puasa. Ingat, Tuhan tidak menyukai segala sesuatu yang melampaui batas!

 

Perlu diwaspadai, lipstik juga bisa bikin puasa batal kalau kamu dengan sengaja menelannya. Tapi, semisal kamu menelan “secara tidak sengaja” secuil lipstikmu itu tidak membatalkan, kok! Asalkan benar-benar tidak sengaja! Kalau masih bingung juga, ingatlah selalu pakai lipstik sama sekali tidak membatalkan puasa, yang bikin batal kalau memakannya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES