Pakai 10 Bumbu Ini Buat Penyedap Rasa Alami! Jangan Jadi Generasi Micin Terus

23 September 2017
|Naftalia Inge Fabian
676SHARES

Seenak apapun makanan yang kita beli di pinggir jalan dan restoran, nggak ada yang menandingi nikmatnya masakan rumah. Kenapa masakan rumah selalu dikangenin terutama oleh anak-anak perantauan? Ya karena rasanya yang memang tak tergantikan di lidah dan hati. Satu dari sekian faktor lainnya ialah, para Ibu lebih memilih untuk menggunakan bumbu dapur alami ketimbang menuangkan bulir-bulir micin sebgai penyedapnya.

Nah, buat kalian yang sedang kangen makanan rumah dan pengen bikin masakan yang sehat plus enak, boleh dicoba nih pakai bumbu dapur alami yang nggak kalah enak dibanding pakai penyedap rasa instan. Ada banyak banget macemnya kok! Mulai dikorangi ya konsumsi micinnya! Hehehe.

1. Bawang putih dan bawang merah

Eitsss, jangan salah sangka dulu guys, ini bukan judul film kok. Bawang putih dan bawang merah ini adalah bumbu dapur yang paling dasar banget kita gunakan buat menambah cita rasa dalam sebuah masakan. Bisa diulek, digeprek, atau dipotong kecil-kecil. Olahan bumbu ini bisa jadi perasa enak buat bumbu tumisan, nasi goreng, sampai olahan bakmi rebus. Makin maknyus deh rasanya.

2. GGM

Apaan tuh? Belum pernah denger yang namanya bumbu dapur GGM? Hehehe, jadi GGM itu singkatan dari gula garam dan merica, guys. Kalau pingin masak lalu bingung sama bumbu dapur yang aneh-aneh tapi tetep mau bikin yang sehat, kamu bisa ganti penyedap rasa dengan menambahkan gula garam dan merica kedalam masakan kamu. Perpaduan antara rasa manis, asin, dan pedas dijamin bikin kamu ketagihan deh. Cukup mudah bukan buat pemula yang pengen belajar masak?

3. Kunyit

Menambahkan kunyit pada masakan memang meghadirkan cita rasa yang lebih nikmat. Biasanya, kunyit ini akan dihaluskan bersama bumbu-bumbu lainnya seperti bawang dan garam. Selain sehat, masakan yang memakai kunyit juga akan lebih terasa seperti masakan khas Indonesia. Cocok dipakai saat memasak segala olahan daging ikan hingga sapi, guys. Daripada mengandalkan micin, mending cobain deh pakai kunyit ini.

4. Kaldu ayam

Nah kalau yang ini gampang banget bikinnya, tinggal rebus daging ayam atau daging lainnya! Air rebusan inilah yang akan jadi bumbu sempurna untuk masakanmu. Nggak cuma gurih alami, air kaldu ini juga bisa mengurangi bahaya bumbu penyedap rasa instan yang sering kita gunakan.

5. Santan

Sudah menjadi rahasia umum kalau kelapa itu bisa menghasilkan rasa gurih yang menggoda. Salah satunya jika diolah menjadi santan. Caranya gampang kok, parut daging kelapa, peras, dan ambil sari santannya. Campurkan ke dalam olahan masakan kita. Rasanya nggak kalah gurih ketimbang pakai penyedap rasa instan.

6. Daun pandan

Pernah nggak sih kamu disuruh Mama untuk beli daun pandan atau minta ke tetangga? Yup, ini karna daun pandan bisa menghasilkan rasa yang setara nikmatnya dengan MSG atau micin. Selain makanan yang menjadi lebih nikmat, daun pandan juga memberikan aroma yang sedap. Bahan yang alami, murah, dan gampang dicari bukan? Jadi gimana nih? Sudah siap berburu daun pandan belum buat masak besok?

7. Terasi

Memang sih baunya sedikit menusuk hidung, tapi untuk urusan rasa, nggak boleh dipandang sebelah mata, guys. Terasi ini punya peran besar dalam membuat masakan jadi berkali lipat enaknya. Nggak cuma bisa dibikin jadi sambal, terasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menggantikan MSG ketika hendak memasak tumis ataupun memasak sayur lainnya. Sayur lodeh misalnya. Sudah kebayang 'kan nikmatnya masak pakai bahan ini.

Pada dasarnya, Indonesia itu kaya banget sama bumbu dasar yang beraneka ragam cita rasanya. Misalnya saja laos, sereh, jahe, ketumbar, pala, cabai dan masih banyak lagi guys. Jadi ayo kita bantu kurangin konsumsi micin untuk generasi sekarang dan memperbanyak pakai bumbu dapur buat penyedap rasa alaminya. Salam sehat dan semangat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
676SHARES