Nyeri Saat Menstruasi Itu Neraka! 9 Cara Alami Ini Bisa Bantu Atasi Sakitnya

19 Maret 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Para wanita pasti sudah familiar dengan nyeri datang bulan yang biasanya melanda saat menjelang atau hari pertama menstruasi. Saat kram menyakitkan itu menyerang, kamu bahkan sampai nggak bisa berpikir, tidur, atau istirahat pun susah saking sakitnya.

Nah, biasanya jika sudah seperti itu kamu akan segera mengonsumsi obat anti-nyeri atau ibuprofen. Namun, terlalu banyak obat dan bahan kimia kurang baik juga buat tubuhmu, girls. Sudah saatnya untuk menguranginya dengan melakukan beberapa cara alami ini untuk melawan kram ini.

1. Gunakan bahan bersifat hangat di perutmu

Menggunakan bahan-bahan bersifat hangat bisa membuat perutmu sedikit rileks. Coba tempelkan handuk yang sudah dibasahi dengan air panas, atau gunakan alat pengompres khusus yang sudah diisi dengan air hangat di dalamnya. Kamu juga bisa coba mengoleskan balsam atau menempelkan koyo di bagian perutmu yang nyeri.

2. Minum minuman hangat

Banyak-banyak minum minuman hangat bisa membantu juga. Hindari minuman dan makanan dingin dulu. 

3. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan magnesium

Mineral-mineral tersebut bisa kamu dapatkan dari makanan seperti alpukat, sayuran hijau, yogurt, atau dark chocolate. Mineral tersebut bisa membuat otot-otot bagian uterus lebih rileks. 

4. Makan pisang yang mengandung Kalium

Nyeri bisa juga disebabkan kekurangan zat Kalium, pisang memiliki banyak kandungan Kalium yang dipercaya bisa meredakan nyeri karena haid

5. Makan nanas yang mengandung enzim bromelain

Begitu juga dengan nanas yang mengandung enzim bromelain. Enzim bromelain adalah salah satu enzim pencerna protein yang banyak terdapat dalam nanas. Nanas sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi rasa nyeri. 

6. Jalan kaki

Memang susah sih beraktivitas dalam keadaan nyeri haid, tetapi jika tidur atau berbaring tidak juga mengurangi rasa nyerimu, cobalah berjalan pelan-pelan dalam jarak dekat. Itu akan membantu melemaskan otot-ototmu yang tegang dan melancarkan peredaran darah. 

7. Minum jahe

Jahe memiliki khasiat yang bagus untuk meredakan rasa sakit, cobalah mengonsumsi jahe hangat saat nyeri haid melanda. 

8. Minum teh herbal

Kurang suka jahe? Coba ganti dengan teh bunga chamomile atau peppermint. Teh herbal dipercaya bisa membuatmu lebih rileks. 

9. Mandi air hangat

Saat nyeri haid, kamu dianjurkan selalu menghangatkan tubuhmu agar pembuluh darah melebar dan bisa mengurang rasa nyerimu. Saat mandi, gunakan air hangat saja.

Itu dia beberapa cara alami untuk mengurangi nyeri menstruasi di hari pertama yang melanda para perempuan. Semoga berguna ya, girls!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES