Ngomong Sendiri Bukan Berarti Gila. Ini Manfaat Self-talk yang Belum Orang Tahu!

15 September 2017
|Olphi Disya

Pernah nggak sih kamu mendengar stigma bahwa orang yang hobi ngomong sendiri dikira gila? Mungkin ada benarnya, namun tentu nggak sepenuhnya benar. Orang yang sering ngomong sendiri bisa jadi salah satu ciri halusinasi. Tapi, bicara dengan diri sendiri atau self-talk tentu berbeda dan justru banyak manfaatnya.

Sudah banyak penelitian ilmiah tentang manfaat self-talk yang bisa kamu praktikan. Penasaran apa aja sih manfaatnya dan gimana cara melakukannya agar manfaatnya lebih efektif? Yuk, kepoin!

1. Lagi stres dan merasa depresi? Coba bicara baik-baik sama diri sendiri

Ketika kamu sedang merasa stres dan depresi, kamu akan lebih sulit untuk berpikir jernih. Kamu tentu butuh teman curhat yang bisa mengerti kamu. Tapi sebenarnya, orang yang seharusnya paling paham tentang kamu adalah dirimu sendiri. Jadi, coba bicara baik-baik sama diri sendiri. Tanyakan pada dirimu, “Apa sih yang membuatmu stres, marah, kecewa, atau sedih?” Bicarakan, niscaya tingkat kecemasanmu akan jauh berkurang.

2. Merasa nggak pede? Mungkin kamu perlu berbincang dengan sendiri dulu

Di saat kamu lagi merasa minder dan nggak siap untuk menghadapi kenyataan, kamu tentu semakin merasa rendah diri dan nggak pede. Misalnya ketika akan siding skripsi, luangkan waktu untuk self-talk. Entah di kamar atau kamar mandi. Yakinkan dirimu dengan kata-katamu sendiri. Sekedar menyemangati dengan kalimat, “Kamu pasti bisa, (sebut namamu)! Semangat!” dan tersenyum bisa merubah mood kamu!

3. Ternyata kamu bisa lebih mudah menghafal setelah ngomong sendiri, lho

Percaya deh sama tips yang satu ini. Ketika kamu mencoba konsentrasi pada suatu hal atau berusaha mengingat, sebaiknya kamu ucapkan dengan suara yang bisa kamu dengar sendiri. Cara ini bisa membantu kamu menghafal dengan lebih baik. Misalnya ketika kamu akan menghadapi ujian, bacalah materinya dengan suara yang keras seolah-olah kamu lagi ngomong sama diri sendiri. Tapi lihat-lihat juga, jangan sampai bikin orang lain terganggu.

4. Cegah negative thinking mulai dengan sering ngobrol sama diri sendiri

Sering berpikiran yang nggak-nggak tentang masa depan? Bisa jadi kamu terlalu cemas atau pikiranmu tertutup hal-hal negatif yang sebenarnya nggak perlu-perlu banget kamu pikirkan. Ketika pikiran buruk itu datang, coba ngobrol sama diri sendiri dengan bilang “Lihat sisi baiknya. Masih banyak yang perlu dipikirkan daripada ini.” Lalu kamu bisa memikirkan hal lain yang lebih penting dan berfaedah tentunya. Mikirin berapa hutang negara mungkin?

5. Sulit mengambil keputusan? Bercakap-cakap dengan diri sendiri bisa membantumu

Sedang dilanda kebingungan dan dilema hidup, sebuah keputusan sekecil apapun tampak seperti penentu hidup dan mati. Pernah nggak kamu coba untuk bercakap-cakap dengan dirimu sendiri ketika kamu harus menentukan langkah apa yang sebaiknya kamu ambil? Kamu bisa coba dengan mengatakan pada dirimu sendiri mengenai pilihan-pilihan dan konsekuensi dari setiap pilihan. Terus ucapkan sampai kamu yakin dengan satu pilihan tersebut.

Mulai sekarang, nggak perlu ragu dan sungkan untuk self-talk atau bicara dengan dirimu sendiri. Yuk terbuka dan coba jujur mengatakan apa yang kamu rasakan terhadap diri dan hidupmu. Karena musuh dan sahabat terbaik adalah dirimu sendiri, 'kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES