Nggak Perlu Kuota Lagi Saat Pakai Google Maps. Bisa Traveling Tanpa Khawatir!

06 April 2018
|G Pangestu Jati
552SHARES

Zaman sekarang, siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi Google Maps? Aplikasi keluaran Google ini merupakan penyelamat bagi siapa pun untuk melakukan perjalanan. Entah itu traveling di dalam atau pun luar negeri. Sebelum benar-benar ke tempat tujuan, siapa pun bisa memperkirakan letak dan jarak dari beberapa tempat yang memang ingin dikunjungi.

Hanya diperlukan koneksi internet, kita bisa menjelajah tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya, bahkan menemukan tempat baru.

Oleh karena fungsinya yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang telah bergantung dengan aplikasi ini. Ketika janjian bertemu dengan teman di suatu tempat, seseorang tidak perlu membuat denah rumit atau menyebutkan alamat lengkap. Tinggal share location, ikuti arah dan petunjuk, sampai deh!

Kalau kuota masih banyak sih, aman. Tinggal berangkat aja. Namun, masalah datang saat tiba-tiba kuota habis dan koneksi internet tidak stabil. Tentu saja ini sangat menjengkelkan, alih-alih sampai ke tempat tujuan, bisa saja kita malah nyasar di tempat antah berantah. Meski demikian, tak perlu lagi khawatir. Karena Maps-nya bisa tetap kamu gunakan secara offline walau tanpa koneksi internet!

Dilansir dari Gadgetnow, ternyata Google Maps telah menyediakan offline. Melalui fitur ini, pengguna dapat tetap melakukan perjalanan meski tak ada koneksi internet sama sekali. Fitur ini pun tersedia untuk para pengguna iOS dan Android.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Apabila gadgetmu menggunakan sistem operasi iOS, seperti iPhone atau iPad, kamu dapat membuka aplikasi Google Maps. Untuk langkah pertama ini, kamu harus memastikan bahwa kamu terhubung dengan koneksi internet. Setelah itu, cari tempat yang akan dikunjungi, misalnya Jaipur India. Kemudian, di bagian bawah, ketuk pilihan More atau Lainnya. Terakhir, unduh peta offline yang disediakan.

Sementara itu, bagi kamu yang menggunakan sistem operasi Android, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuka aplikasi Google Maps dan pastikan pula jika ponsel kamu terhubung internet.

Lalu, ketik tempat yang akan dikunjung dan di bagian bawah nama atau alamat tempat dan klik unduh atau download. Jika kamu mencari tempat khusus, seperti restoran, ketuk Lainnya atau More, lalu Unduh peta offline. Setelah kamu mengunduh peta, gunakan aplikasi Google Maps seperti biasanya.

Mudah sekali 'kan mengoperasikan fitur offline-nya Google Maps? Jadi, jangan khawatir akan tersesat lagi ya sekarang, apalagi saat traveling. Apalagi tersesat di hatinya. Eh! Hehehe.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
552SHARES