Nggak Nyangka, Ternyata Ini 7 Kegunaan Lain dari Cola. Manfaatnya Banyak Banget!

09 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Siapa di sini yang udah berkomitmen untuk nggak mengonsumsi minuman bersoda karena nggak baik untuk tubuh? Kalau kamu udah nggak mengonsumsinya tapi masih ada minuman bersoda atau cola di rumahmu, jangan keburu dibuang, ya! Kamu bisa memanfaatkan cola tersebut untuk keperluan rumah tangga seperti di bawah ini.

1. Mempercepat cairnya bongkahan es batu di freezer

Suka bête nggk sih kalau di feezer ada bongkahan es batu segede gaban yang bikin susah menyimpan makanan di dalamnya? Belum lagi bongkahan es tersebut susah mencairnya karena suhunya dingin terus. Nah, kamu bisa menuangkan cola ke dalam freezer yang terdapat bongkahan es. Diamkan beberapa saat sampai mencair, deh!

2. Sebagai pengganti cairan pembersih toilet

Toilet yang kotor memang paling mantap dibersihkan dengan cairan pembersih. Tapi kalau lagi kehabisan atau malas beli, kamu bisa manfaatkan cola yang mampu mengatasi kotoran pada closet. Tuangkan cola ke dalam closet dan pada dindingnya. Diamkan selama sekitar 1 jam lalu disikat. Bilas dengan air bersih dan tadaa… closet-mu kinclong lagi deh!

3. Membersihkan wajan yang berkerak

Dasar panci atau wajan yang udah berkerak memang susah banget dibersihkan. Udah disikat berkali-kali juga tetap berbekas. Coba deh kamu tuangkan cola ke bagian wajan atau panci yang berkerak dan diamkan beberapa menit. Kemudian nyalakan kompor dan rebus cola-nya di dalam wajan atau panci hingga mendidih. Matikan kompor dan sikat wajannya hingga bersih.

4. Kandungan gula dalam cola bisa menyuburkan tanaman

Kalau kamu punya stok cola yang udah kadaluarsa, daripada dibuang percuma kamu bisa memanfaatkannya untuk menyuburkan tanaman, nih. Caranya adalah dengan menuangkan cairan cola ke media tanam tanamanmu. Memang sih nggak akan seoptimal pupuk, tapi setidaknya cola-mu jadi nutrisi yang baik untuk tanamanmu kan?

5. Jadi pestisida pengusir serangga di rumah

Selain untuk menyuburkan tanaman, cola juga bisa menjadi pestisida yang membasmi serangga di tanaman. Eits, nggak hanya di tanaman lho, tapi juga di dalam rumah. Semprotkan cairan cola ke tempat-tempat yang banyak semut atau serangganya. Semut akan menghampiri namun setelah meminumnya mereka akan mati. Tapi jangan lupa dibersihkan lagi, ya!

6. Membersihkan noda cat atau darah pada kain

Beberapa noda di baju memang sulit dibersihkan bahkan setelah menggunakan deterjen. Tapi kamu bisa membersihkannya dengan cola. Caranya tuagkan sedikit cola pada noda bajumu lalu campurkan dengan deterjen. Bisa juga dengan menuangkan cola lalu diamkan beberapa saat kemudian sikat dengan lembut. Konon, asam fosfor dan karbonnya ampuh mengangkat noda!

7. Menjadi pelumas bagi baut yang telah berkarat

Nggak hanya bayang-bayang mantan aja yang susah lepasnya, kadang baut yang udah berkarat pun susah dilepaskan. Coba untuk menuangkan cola ke perabot yang berkarat seperti baut, lalu tunggu beberapa menit. Cairan cola akan mengelupaskan karat serta melumasi baut sehingga baut yang berkarat tersebut mudah lepas. Gampang ya?

Jadi bagi kamu yang masih punya cola atau minuman bersoda di rumah tapi udah nggak ingin mengonsumsinya, kamu bisa manfaatkan untuk hal-hal tadi. Ternyata gunanya banyak banget ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES