Nggak Cuma Pisang, Inilah 7 Jenis Kolak yang Selalu Hadir di Bulan Puasa

26 Mei 2018
|Reza Pratama
0SHARES

Kolak memang tak pernah absen menjadi menu andalan di saat bulan puasa. Walaupun bisa ditemui di bulan-bulan yang lain, tetapi hanya pada saat bulan Ramadan, kolak menjadi takjil yang selalu diburu banyak orang. Selain rasanya yang legit dan menyegarkan, kolak juga cocok untuk berbuka puasa karena rasanya yang manis. Selain kolak pisang, ternyata masih ada beberapa jenis kolak lain khas Indonesia yang nggak kalah nikmat. Kolak apa saja ya? Yuk langsung aja kita lihat! 

1. Kolak ubi jalar

Tak hanya bisa direbus lalu langsung dimakan, ubi jalar juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar dalam membuat kolak. Tekstur ubi yang lembut dan mengenyangkan, cocok untuk mengembalikan tenagamu setelah seharian menahan lapar. 

2. Kolak biji salak

Memilii bentuk bulat seperti biji salak, kolak yang satu ini begitu populer bagi masyarakat Indonesia. Apalagi jika di bulan puasa. Memiliki citarasa legit dan manis, membuat kolak biji salak menjadi santapan favorit banyak orang di kala berbuka. 

3. Kolak tape/singkong

Tak hanya bisa digoreng lalu dimakan, singkong juga ternyata bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kolak. Tekstur singkong yang lembut dan halus ditambah nikmatnya kuah gula merah yang manis, membuat lidah nggak bisa move on. 

4. Kolak labu

Sepintas terlihat dengan kolak ubi jalar, kolak labu memiliki tektur yang lebih lembut dan manis. Potongan labu sangat nikmat jika disantap berbarengan dengan manisnya kuah dari gula jawa. 

5. Kolak kolang kaling

Memiliki tekstur yang kenyal serta kuah santan dan gula jawa yang menyatu, membuat kolang-kaling cocok dijadikan sebagai pengganti kolak pisang. 

6. Kolak durian

Buah yang memiliki aroma dan rasa yang kuat ini ternyata bisa juga dijadikan bahan dasar dalam membuat kolak lho. Dengan membuang bijinya, daging durian yang legit dan manis membuat siapapun ketagihan.

7. Kolak ketan

Jika kamu bosan dengan variasi kolak pisang yang gitu-gitu aja, kamu bisa menambahkan ketan dan kolang-kaling dalam satu mangkuk. Dijamin rasa ketan yang kental dan legit mampu menciptakan cita rasa yang berbeda dari kolak pisang pada umumnya. 

Jadi sekarang tau kan kalo nggak Cuma kolak pisang aja yang jadi andalan di bulan puasa. Tapi masih ada banyak jenis kolak-kolak lain yang juga cocok untuk menu berbuka. Setiap jenis kolak memiliki cita rasa khas yang berbeda, kamu lebih suka yang mana?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES