Nggak Cuma Hilangkan Diare, Ini 9 Manfaat Ajaib Air Garam untuk Kehidupan Manusia

hellosehat.com

Garam atau natrium klorida lebih dikenal sebagai zat penyedap rasa alami yang memberikan rasa asin pada makanan. Garam memang bisa membuat masakan terasa lebih nikmat, namun bagi beberapa orang yang mempunyai gangguan kesehatan, mengonsumsi garam merupakan suatu hal yang harus dihindari. Contohnya, bagi penderita hipertensi, konsumsi garam dalam makanan harus diminimalisasi sesedikit mungkin agar tidak menyebabkan kenaikan tensi darah.

Walaupun terkenal sebagai bumbu dapur, manfaat lain dari garam pun sudah cukup banyak diketahui orang. Salah satu yang paling banyak diketahui adalah manfaatnya untuk menyembuhkan diare. Larutan air garam dipercaya mampu menyembuhkan gangguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri jahat ini.

Selain itu, apalagi manfaat lain garam yang kalian ketahui? Hanya itu? Waduh, sayang sekali padahal air garam ini mempunyai banyak sekali manfaat lho. Mau tau apa saja manfaat lain dari air garam? Tidak perlu khawatir karena seperti biasa Yukepo sudah menyiapkan informasinya secara lengkapnya.

1. Mengurangi rasa asin pada ikan asin

www.perutgendut.com

Mengurangi rasa asin menggunakan air garam memang terdengar agak aneh ya. Percaya tidak percaya, merendam ikan asin dalam air garam bisa mengurangi rasa asin pada ikannya, lho. Air garam yang digunakan harus berkonsentrasi rendah ya.

Misalnya, air satu liter dengan garam setengah sendok makan. Larutan garam ini akan memicu terjadinya difusi dan osmosis. Kadar garam yang tinggi dalam tubuh ikan akan tertarik keluar karena difusi, sedangkan air akan masuk ke dalam tubuh ikan secara osmosis. Proses ini merupakan kebalikan dari proses pengasinan ikan, dan dengan demikian rasa asin pada ikan akan berkurang.

2. Mengurangi rasa asam pada buah

mommyasia.id

Mengonsumsi buah yang terlalu asam bagi sebagian orang bisa menimbulkan gangguan pencernaan seperti meningkatnya kadar asam lambung. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan air garam, lho. Caranya hanya dengan mencuci buah dalam air garam, dan kadar asam pada buah pun akan berkurang.

3. Membuat sayuran hijau rebus tetap hijau

food.detik.com

Trik yang satu ini mungkin udah banyak yang tahu ya. Caranya kamu hanya perlu menambahkan satu sendok teh garam ke dalam air yang mendidih, kemudian masukkan sayuran yang ingin kamu rebus. Hasilnya, warna pada sayurmu tidak akan pudar dan terlihat tetap segar

4. Menghilangkan rasa gatal pada nanas
pontianak.tribunnews.com

Buah tropis yang satu ini emang menyegarkan banget, tapi terkadang bisa membuat mulut terasa gatal. Cara menghilangkan rasa gatal pada buah nanas juga bisa menggunakan air garam, lho. Rendam potongan buah nanas di dalam larutan air garam selama 2 sampai 3 menit dan kamu nggak perlu khawatir lagi dengan rasa gatal pada nanas.

5. Meredakan sakit gigi
satujam.com

Rasa sakit pada gigi biasanya disebabkan oleh bakteri atau infeksi. Berkumur dengan air garam dipercaya bisa meredakan sakit gigi. Garam yang digunakan bisa menghilangkan bakteri dan menghentikan pendarahan pada daerah gigi yang terkena infeksi. Selain itu, berkumur dengan air garam juga bisa mengatasi masalah seputar gigi dan mulut lainnya, lho.

6. Menghilangkan pegal di kaki

www.youtube.com

Merendam kaki ke dalam air hangat yang telah dicampur garam mampu menghilangkan rasa pegal pada kaki. Larutan garam tersebut mempunyai efek merelaksasi kaki yang lelah dan juga melancarkan peredaran darah. Oh iya, bisa menghilangkan bau kaki juga lho.

7. Menghilangkan noda darah di kain

www.ummi-online.com

Untuk menghilangkan noda darah pada kain, kamu bisa merendamnya pada larutan air garam. Garam akan membuat noda tersebut menjadi lebih ringan sehingga akan mudah dibersihkan.

8. Membuat ikan tidak lengket di wajan

www.sisidesa.com

Biasanya agar ikan tidak lengket di wajan, kita harus menunggu wajan dan minyaknya menjadi sangat panas. Tidak hanya itu, merendam ikan pada larutan air garam sebelum menggoreng juga bisa membuat ikan tidak lengket di wajan.

9. Mengurangi rasa pedas
www.huffingtonpost.com

Garam dipercaya bisa mengurangi rasa pedas. Rasa asin pada garam akan mengalahkan iritasi yang disebabkan oleh makanan pedas yang kamu konsumsi. Caranya bisa dengan berkumur menggunakan larutan air garam, atau bisa langsung menaruh sejumput garam pada bagian ujung lidahmu. 

Oalah, itu toh manfaat lain dari air garam. Ternyata manfaatnya luar biasa ya. Jadi mulai sekarang garam di dapurmu tidak hanya untuk ditambahkan ke telur dadar, tapi bisa juga untuk banyak hal, apalagi kalau ditambah dengan air. Air garam untuk kehidupan!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Jangan Rusuh, Ikuti 8 “Aturan” Ini Saat Makan di Restoran All You Can Eat

Jangan Rusuh, Ikuti 8 “Aturan” Ini Saat Makan di Restoran All You Can Eat

13 Ide Souvenir Nikahan yang Bikin Tamu Senang dan Mabuk Kepayang Saking Berfaedahnya

13 Ide Souvenir Nikahan yang Bikin Tamu Senang dan Mabuk Kepayang Saking Berfaedahnya

Naik Kendaraan Umum dan Sesak? 13 Ancang-ancang Ini Buatmu Aman dan Selamat

Naik Kendaraan Umum dan Sesak? 13 Ancang-ancang Ini Buatmu Aman dan Selamat

Buktikan Cintamu ke Lingkungan dengan Coba 12 Ide Daur Ulang Sampah Plastik Ini

Buktikan Cintamu ke Lingkungan dengan Coba 12 Ide Daur Ulang Sampah Plastik Ini

8 Contekan Desain Buku Tamu yang Nggak Pasaran untuk Pesta Pernikahanmu. Ciamik Parah!

8 Contekan Desain Buku Tamu yang Nggak Pasaran untuk Pesta Pernikahanmu. Ciamik Parah!

Biar Dinding Ruangan Paripurna Lucunya, 10 Dekorasi Ini Kudu Dicoba Sekarang!

Biar Dinding Ruangan Paripurna Lucunya, 10 Dekorasi Ini Kudu Dicoba Sekarang!

loading