Nggak Cuma Bubur Ayam, 7 Bubur Asli Indonesia Ini Juga Patut Kamu Coba

08 Juni 2018
|Reza Pratama

Para kaum millennials mungkin lebih akrab dengan berbagai makanan luar dan kekinian dibanding dengan berbagai makanan khas nusantara. Salah satunya adalah bubur. Bubur merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah dengan cita rasa yang berbeda-beda. Mungkin selama ini kamu cuma tahu satu jenis bubur saja, yakni bubur ayam. Namun ternyata selain bubur ayam, Indonesia juga memiliki berbagai jenis bubur lain yang patutu kamu coba. Apa saja ya? Yuk langsung aja kita intip. 

1. Bubur ketan hitam

Berbeda dengan bubur ayam, bubur ketan hitam dibuat dengan bahan dasar ketan hitam yang direbus di dalam air gula lalu disajikan dengan santan. 

2. Bubur sumsum

Bubur yang seringkali menjadi santapan berbuka puasa ini ini dibuat menggunakan tepung beras. Pada umumnya, bubur sumsum biasa disajikan dengan gula merah sebagai penyempurna rasa. 

3. Bubur baro-baro

Bubur baro-baro biasanya disajikan dalam adat istiadat untuk menyambut kelahiran seorang anak. Bubur baro-baro sendiri terbuat dari beras ketan yang direbus bersama daun pandan dan biasa disajikan dengan gula merah. 

4. Bubur suji ayu

Bubur yang satu ini mungkin sepintas terlihat seperti es krim green tea. Tetapi ini adalah bubur suji ayu yang dibuat menggunakan kentang rebus yang dicampur dengan tepung tapioka dan ditambah air suji. Warna hijaunya sendiri tercipta dari daun pandan yang direndam bersamaan dengan bahan-bahan yang telah dicampurkan sebelumnya. 

5. Bubur ase

Dari tampilan, bubur ase terlihat mirip dengan bubur ayam pada umumnya. Namun, bubur khas Betawi ini menggunakan semur daging sebagai kuahnya. Dan biasanya disajikan dengan aneka lauk sebagai pelengkap. 

6. Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau menjadi salah satu jenis bubur yang paling populer di Indonesia setelah bubur ayam. Terbuat dari kacang hijau yang disajikan bersama santan, bubur ini paling cocok disantap saat malam hari. 

7. Bubur Manado

Sesuai dengan namanya, bubur berwarna kuning ini merupakan bubur khas Manado. Memiliki cita rasa gurih, bubur Manado berbahan dasar jagung manis yang direbus dan dicampur dengan labu, kemangi, bayam, dan berbagai topping lainnya. 

Itulah berbagai jenis bubur khas Tanah Air dari berbagai daerah yang punya cita rasa berbeda-beda. Jadi sekarang kamu sudah tahu kan, kalo bubur tuh nggak cuma satu jenis aja, tetapi ada banyak jenisnya. Nah, di antara bubur di atas, mana yang paling terlihat menggiurkan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
SHARES